IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MIN SAIGON KOTA PONTIANAK

Authors

  • Citra Dewi Universitas Tanjungpura
  • Aunurrahman Aunurrahman Universitas Tanjungpura
  • Luhur Wicaksono Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v22i1.7150

Keywords:

supervisi klinis, kepala madrasah, kinerja guru

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mengkarakterisasi penerapan supervisi klinis kepala madrasah di MIN Saigon Kota Pontianak dalam rangka meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metodologi studi kasus, pendekatan kualitatif, dan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Model Miles dan Huberman digunakan dalam proses analisis data yang mengharuskan dilakukannya reduksi data, pemaparan data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan secara berurutan. Berdasarkan hasil penelitian, (1) kepala madrasah menetapkan rencana dengan menggunakan program kerja yang diawasinya di madrasah; dan (2) Supervisi klinis kepala madrasah untuk meningkatkan kinerja guru di MIN Saigon sesuai dengan tahapan pelaksanaan klinis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif, S. (2008). Implementasi Supervisi Klinis Dalam Pendidikan Agama Islam. Tradis, 3(2), 166–182.

Awalyatun., R. (2016). “Implementasi supervisi klinis oleh pengawas sekolah di kota takengon". ” Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia".

Babuta, A. I., & Rahmat, A. (2019). Peningkatan Kompetensi Pedagodik Guru Melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis Dengan Teknik Kelompok. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1–28.

Damsik, M. G. (2017). Penerapan Supervisi Klinis untuk Perbaikan Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Aliyah Paradigma Palembang. Conciencia, 17(2), 46–57.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Hakim, L. dan M. (2018). Dasar-dasar manajemen pendidikan. Timur Laut Aksara.

Humairoh, F., Supriyanto, A., & Burhanuddin, B. (2016). Implementasi Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan : Teori,Penelitian Dan Pengembangan, 1(12), 2277–2280.

Indonesia., P. R. (2005). Undang-Undang nomor 14 tahun 200 tentang Guru dan Dosen.

Marini, A. (2016). Manajemen Pendidikan. Ombak.

Mena, Y., Supriyanto, A., & Burhhanudin, B. (2016). Pelaksanaan Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Mutu Kinerja Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan -Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(11), 2194–2199.

Mujahid, A. (2017). Pelaksanaan Supervisi Klinis dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Pada Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 119 Solo Kecamatan Bola Kabupaten Wajo. [UIN Alauddin]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5110/

Mulyasa, H. E. (2018). Menjadi kepala sekolah prifesional. Remaja Rosadakarya.

Pemerintah. (2013). Permendikbud no 65 tahun 2013. Pemerintah.

Purwanto, M. N. (2019). Administrasi dan supervisi pendidikan. Cet. ke-25. Remaja Rosdakarya.

Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep Dan Prosedurnya.

Rostiana, N., Hanafi, M. S., & S. (2022). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(2), 468–477.

Safinatun Najah, Y. M. S. (2021). Supervisi Pendidikan Pada Lembaga PAUD. Pendidikan Anak, 7(2).

Sewang, A. (2020). “Peningkatan Teacher Skills Melalui Supervisi Klinis Dengan Pendekatan Kooperatif Learning.” Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 3.

Soejipto. (2011). Profesi keguruan. Rineka Cipta.

Sudiyono., P. dan. (2011). Supervisi Pendidikan. Gaya Media.

Sugiyono. (2017). Metodelogi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R&D. Alfabeta.

Supardi. (2013). Kinerja Guru. PT Raja Grafindo Persada.

Wahyudi. (2015). Kepemimpinan kepala sekolah dalam organisasi pembelajar (Learning organization). Alfabeta.

Winoto, S. (2020). Dasar-dasar manajemen pendidikan. Bildung.

Wiyono, H. (2023). Sistem Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Di SMP Negeri 21 Pontianak. Sustainable, 6(1), 85–94.

Downloads

Published

2024-07-15

How to Cite

Dewi, C., Aunurrahman, A., & Wicaksono, L. (2024). IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MIN SAIGON KOTA PONTIANAK. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 22(1), 102–116. https://doi.org/10.31571/edukasi.v22i1.7150

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)