IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MIN SAIGON KOTA PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v22i1.7150Keywords:
supervisi klinis, kepala madrasah, kinerja guruAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mengkarakterisasi penerapan supervisi klinis kepala madrasah di MIN Saigon Kota Pontianak dalam rangka meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metodologi studi kasus, pendekatan kualitatif, dan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Model Miles dan Huberman digunakan dalam proses analisis data yang mengharuskan dilakukannya reduksi data, pemaparan data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan secara berurutan. Berdasarkan hasil penelitian, (1) kepala madrasah menetapkan rencana dengan menggunakan program kerja yang diawasinya di madrasah; dan (2) Supervisi klinis kepala madrasah untuk meningkatkan kinerja guru di MIN Saigon sesuai dengan tahapan pelaksanaan klinis.
Downloads
References
Arif, S. (2008). Implementasi Supervisi Klinis Dalam Pendidikan Agama Islam. Tradis, 3(2), 166–182.
Awalyatun., R. (2016). “Implementasi supervisi klinis oleh pengawas sekolah di kota takengon". ” Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia".
Babuta, A. I., & Rahmat, A. (2019). Peningkatan Kompetensi Pedagodik Guru Melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis Dengan Teknik Kelompok. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1–28.
Damsik, M. G. (2017). Penerapan Supervisi Klinis untuk Perbaikan Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Aliyah Paradigma Palembang. Conciencia, 17(2), 46–57.
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Hakim, L. dan M. (2018). Dasar-dasar manajemen pendidikan. Timur Laut Aksara.
Humairoh, F., Supriyanto, A., & Burhanuddin, B. (2016). Implementasi Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan : Teori,Penelitian Dan Pengembangan, 1(12), 2277–2280.
Indonesia., P. R. (2005). Undang-Undang nomor 14 tahun 200 tentang Guru dan Dosen.
Marini, A. (2016). Manajemen Pendidikan. Ombak.
Mena, Y., Supriyanto, A., & Burhhanudin, B. (2016). Pelaksanaan Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Mutu Kinerja Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan -Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(11), 2194–2199.
Mujahid, A. (2017). Pelaksanaan Supervisi Klinis dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Pada Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 119 Solo Kecamatan Bola Kabupaten Wajo. [UIN Alauddin]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5110/
Mulyasa, H. E. (2018). Menjadi kepala sekolah prifesional. Remaja Rosadakarya.
Pemerintah. (2013). Permendikbud no 65 tahun 2013. Pemerintah.
Purwanto, M. N. (2019). Administrasi dan supervisi pendidikan. Cet. ke-25. Remaja Rosdakarya.
Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep Dan Prosedurnya.
Rostiana, N., Hanafi, M. S., & S. (2022). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(2), 468–477.
Safinatun Najah, Y. M. S. (2021). Supervisi Pendidikan Pada Lembaga PAUD. Pendidikan Anak, 7(2).
Sewang, A. (2020). “Peningkatan Teacher Skills Melalui Supervisi Klinis Dengan Pendekatan Kooperatif Learning.” Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 3.
Soejipto. (2011). Profesi keguruan. Rineka Cipta.
Sudiyono., P. dan. (2011). Supervisi Pendidikan. Gaya Media.
Sugiyono. (2017). Metodelogi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R&D. Alfabeta.
Supardi. (2013). Kinerja Guru. PT Raja Grafindo Persada.
Wahyudi. (2015). Kepemimpinan kepala sekolah dalam organisasi pembelajar (Learning organization). Alfabeta.
Winoto, S. (2020). Dasar-dasar manajemen pendidikan. Bildung.
Wiyono, H. (2023). Sistem Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Di SMP Negeri 21 Pontianak. Sustainable, 6(1), 85–94.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Citra Dewi, Aunurrahman Aunurrahman, Luhur Wicaksono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.