KAJIAN PELAKSANAAN MATA KULIAH PRAKTIK STUDIO DI UNIVERSITAS TERBUKA, MASA SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID-19

Authors

  • Ulul Hidayah Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v22i2.7242

Keywords:

Bentuk Praktik, Covid 19, Layanan Pembelajaran, Praktik Studio

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi perbedaan bentuk dan layanan pada kegiatan pembelajaran praktik studio pada masa sebelum dan saat pandemi Covid 2019, mengidentifikasi kebutuhan infrastruktur penunjang kegiatan praktik studio, serta menyusun rekomendasi model pembelajaran praktik studio di Prodi PWK UT. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dari hasil wawancara mendalam dengan 21 responden yang meliputi mahasiswa, pembimbing, penanggungjawab mata kuliah praktik, serta pakar. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Isi. Hasil analisis menunjukkan terjadi perubahan bentuk pembelajaran praktik, pada masa sebelum pandemi pembelajaran synchornus melalui tutorial tatap muka, namun pada masa pandemi diubah menjadi tutorial webinar. Infrastruktur yang dibutuhkan meliputi penyediaan ruang studio sebagai ruang praktik di UT Daerah, pengembangan repository digital hasil studio, pembaharuan bahan ajar, serta pelatihan basic keterampilan analisis perencanaan dan pemetaan. PWK perlu mengembangkan model pembelajaran praktik studio pasca pandemi dengan sistem hybrid, kombinasi pembelajaran synchronus dengan tutorial tatap muka dan tutorial webinar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, S., & Enceng, E. (2018). Analisis Pengembangan Model Matakuliah Praktik Pada Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 19(2), 87–98.

Alami, Y. (2020). Media Pembelajaran Daring pada Masa Covid-19. Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam (JPAI), 2(1), 49–56.

Armstrong, M. (2014). Nstitutional repository management models that support faculty research dissemination. OCLC Systems & Services: International Digital Library Perspectives, 30(1), 43–51.

Asyrofi, M., & Junaedi, I. (2016). Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau Dari Multiple Intellingence Pada Pembelajaran Hybrid Learning Berbasis Konstruktivisme. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 32.

Bafadal, I. (2004). Pengelolaan Perlengkapan Pendidikan di Sekolah. Bumi Aksara.

Bainamus, P. M., Hartanto, & Abdullah, M. I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Hibrid Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Curup Tengah. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 16–23.

Darwanto, D., & Meilasari, V. (2022). Bahan Ajar Digital Sebagai Alternatif Pembelajaran Jarak Jauh dan Mandiri (Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Teori Graf). Jurnal Basicedu, 6(1), 1055–1063.

Dharmawan, M. A., Wiyanti, I. P. E., & Permana, D. P. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Pembelajaran Pendidikan Tinggi Di Indonesia Institut Teknologi Bandung. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(2), 144–148.

Gultom, J. R., Sundara, D., & Fatwara, M. D. (2022). Pembelajaran Hybrid Learning Model Sebagai Strategi Optimalisasi Sistem Pembelajaran Di Era Pandemi Covid-19 Pada Perguruan Tinggi Di Jakarta. Mediastima, 28(1), 11–22.

Hann, M., Hayes, C. V., Hugues, V. L., Lundgren, P. T., McNulty, C., Syeda, R., Eley, C., Teixeira, P., Gennimata, D., Truninger, M., Knøchel, S., Münter, L., Allison, R., Fehér, Á., Izsó, T., Kunszabó, A., Kasza, G., & Demirjian, A. (2023). Evidence-based health interventions for the educational sector: Application and lessons learned from developing European food hygiene and safety teaching resources. Food Control, 143.

Irwan, Ichsan, F. N., Gistituati, N., & Marsidi, S. (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Pada Masa Darurat Covid 19. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 27(2), 45.

Isroqmi, A. (2020). Pentingnya Penguasaan Beberapa Aplikasi Komputer Bagi Dosen Di Pembelajaran Daring Berbasis Moodle. 2020, 62–71.

Jaaska, E., & Aaltonen, K. (n.d.). Teachers’ experiences of using game-based learning methods in project management higher education. Project Leadership and Society, 3, 2022.

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39.

Lubis, W. (2020). Analisis Efektivitas Belajar Pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Di Masa Pandemi Covid-19. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 132–141.

Mexda, J. A. P., & Mukhaiyar, R. (2021). Evaluasi Pembelajaran Daring pada Perkuliahan di Laboratorium Dasar dan Pengukuran UNP. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(1), 1–11.

Ningsih, W., Asmidaryani, & Elmirawati. (2022). Tantangan Dan Kesulitan Guru, Orang Tua Dan Siswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka pada Era New Normal Pandemi Covid-19: Indonesia. Al-Mafahim: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 1–7.

Priambodo, A., Nur, A. A., Sandri, D., Ahmada, N. H., & Septiandiani, F. (2023). Pelatihan Penggunaan Software Arcgis Dan Avenza Maps Dalam Pengelolaan Data Spasial Dan Peta Digital Bagi Perangkat Desa Di Kabupaten Purbalingga. Abdimas Galuh, 5(1), 497.

Ramli, H., Murniati, Idil, N. I., Ain, N., & Sari, P. N. (2023). Persepsi Mahasiswa Terhadap Learning Management System Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar di Universitas Negeri Makassar. Indonesian Technology and Education Journal, 1(1), 11–20.

Rizani, A., Norrahman, R. A., Harsono, I., Yahya, A. S., & Syifa, D. M. (2023). Efek Inflasi terhadap Daya Beli Masyarakat pada Tinjauan Ekonomi Makro. Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(2), 344–358.

Rozali, Y. A. (2022). Penggunaan Analisis Konten dan Analisis Tematik. Forum Ilmiah Indonusa, 19(1), 68–76.

Sahidi. (2021). Peran Institutional Repository Sebagai Media Diseminasi Local Content Perguruan Tinggi. IQRA`: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi (e-Journal), 15(2), 137.

Setiaji, B., & Dinata, P. A. C. (2020). Analisis kesiapan mahasiswa jurusan pendidikan fisika menggunakan e-learning dalam situasi pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1).

Shew, T., Smith, C., Greg, C., & McLachlan, C. S. (2022). Evaluation of home-based naturopathic telehealth clinic: An innovative COVID-19 pandemic response. BMC Res Notes, 15(1), 269.

Shoeb, Md. Z. H. (2009). Access Management for Digital Repository. DESIDOC Journal of Library & Information Technology, 29(4), 21–27.

Turgut, O. E., & Coban, M. T. (2016). Optimal proton exchange membrane fuel cell modelling based on hybrid Teaching Learning Based Optimization – Differential Evolution algorithm. Ain Shams Engineering Journal, 7(1), 347–360.

Vera, N. (2020). Strategi Komunikasi Dosen Dan Mahasiswa Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. AVANT GARDE, 08(02), 165–177.

Wartono, T. (2023). Tantangan Manajemen SDM Dalam Pendidikan Jarak Jauh Di Perguruan Tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 4052–4060.

Zakiyawati, S. W., & Trihantoyo, S. (2021). Urgensi Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Jenjang Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(01), 200–214.

Zeptiani, N. W., & Sunarno. (2021). Pengaruh Tingkat Kehadiran Siswa Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Pendidikan Dewantara, 7(1), 62–70.

Downloads

Published

2025-01-13

How to Cite

Hidayah, U. (2025). KAJIAN PELAKSANAAN MATA KULIAH PRAKTIK STUDIO DI UNIVERSITAS TERBUKA, MASA SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID-19. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 22(2), 379–393. https://doi.org/10.31571/edukasi.v22i2.7242

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)