EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA “ALIRAN DARAHKU” TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v22i1.7315Keywords:
media alat peraga, kemampuan berpikir kritis, sistem peredaran darahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas dari penggunaan alat peraga “äliran darahku” terhadap kemampuan berfikir kritis siswa. Metode penelitian ini berupa kuantitatif jenis eksperimen dengan sampel penelitian yaitu dua kelompok yang diberikan perlakuan berbeda dengan prosedur eksperimen semu. Satu kelompok adalah kelompok eksperimen, sedangkan kelompok lainnya adalah kelompok kontrol. Alat peraga "aliran darah saya" digunakan oleh kelas eksperimen, sementara kelompok kontrol menggunakan taktik yang lebih tradisional. Adapun hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa tentang informasi sistem peredaran darah terbukti sangat meningkat dengan penggunaan alat bantu pengajaran ini, berdasarkan hasil dari post-test menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mempunyai keunggulan yang signifikan secara statistik dibandingkan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil ini, memasukkan alat pengajaran ke dalam pelajaran ilmiah adalah cara yang bagus untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis mereka. Oleh karena itu, alat bantu pengajaran dan bentuk media pembelajaran lainnya diharapkan dapat berperan penting dalam memfasilitasi pencapaian tujuan pendidikan.
Downloads
References
Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, N., Masita, Ardiawan, K. N., & Sari, M. E. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In PT Rajagrafindo Persada (Vol. 3, Issue 2).
Ahmad, D. N. (2018). Pengaruh Gaya Belajar Peserta Didik Terhadap Pemahaman Konsep Sistem Peredaran Darah Pada Manusia di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Depok. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(1), 1.
Akmalia, R. (2021). Intensitas Motivasi Berprestasi Melalui Pembelajaran Daring. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(3), 1–11.
Anggraini, T., & Rora, S. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Meningkatan Kemampuan Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika di SD PAB 10 Sampali Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah , Universitas Islam Negeri. 7, 31917–31924.
Anjarwati, A., Afifa, A., Ilmia, I., Putri, D. S., & Bayu, M. S. (2022). Penerapan Dan Pengaruh Penggunaan Media Alat Peraga Sepeda (Sistem Peredaran Darah) Dalam Pembelajaran IPA Kelas V Di Sdn Kerpangan I. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 5(2), 199–204.
Ansori. (2015). Pembelajaran Matematika berbasis pengajuan dan pemecahan masalah. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(April), 49–58.
Ardhia, W. P., Prasetiyawati, D., & Baedowi, S. (2019). Pengaruh Media Dakota Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Kpk Fpb Kelas Iv. Jurnal Sinektik, 2, 150–157.
FAJAR, N. (2016). Proses Pembelajaran Biologi Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Di Kelas Viii Smp Negeri 3 Rambatan. Ta’dib, 19(2), 103.
Hasbi, S. (2022). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung
Hasibuan, L. K., Rambe, R. N., & Nasution, S. (2023). Pengaruh Alat Peraga Kotak Belajar Ajaib ( Kobela ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Negeri 1505 Pasir Julu Kab . Padang Lawas. Jurnal Inspirasi Pendidikan (ALFIHRIS), 1(4).
Hati, S. T. (n.d.). Model Pendidikan Karakter yang Baik di Sekolah Alam. 7823–7830.
Hatmoko, J. H. (2015). Survei Minat Dan Motivasi Siswa Putri Terhadap Mata Pelajaran Penjasorkes Di Smk Se-Kota Salatiga Tahun 2013. E-Jurnal Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(4), 1729–1736.
Kartika, I. M., Angga Mahendra, P. R., & Awa, V. (2020). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Locus Delicti, 1(1), 1–10.
Keterampilan, P., & Kritis, B. (2011). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Pada Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar Rahmanto Dwi Saputro. Jurnal Unesa.
Khasanah, B. A., & Ayu, I. D. (2018). Kemampuan Berpikir kritis siswa melalui Penerapan model Pembelajaran brain based learning. Eksponen, 7(2), 46–53.
Landina, I. A. P. L., & Agustiana, I. G. A. T. (2022). Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa melalui Media Pembelajaran Flipbook berbasis Kasus pada Muatan IPA Kelas V SD. Mimbar Ilmu, 27(3), 443–452.
Made, N., Tarini, W. S., Ketut, I., Putra, A., Tirtayani, L. A., Pendidikan, J., Anak, P., Dini, U., Pendidikan Guru, J., & Dasar, S. (2018). Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Cerita Rakyat Terhadap Perilaku Empati Anak Kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(1), 1–10.
Na, D. E. C., & Hipertensiva, C. (n.d.). Metodologi Penelitian.
Ningrum, A. S., Salminawati, S., & Rambe, R. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV MIN 4 Medan. Jurnal Nizhamiyah, 10(2), 31–38.
Nurhalizah, N., Damayanti, A., Fikri, F., & ... (2022). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaranbiologi Pada Materi Sistem Pernapasan. Martabe: Jurnal …, 5, 2234–2242.
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP (Doctoral dissertation, State University of Malang).
Nurzakiah. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Engaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mata Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mata Mampuan Berpikir S Siswa P Elajaran Ipa D. Repository UIN Sumatera Utara, 1–118.
Pandjaitan, R. A. N. (2019). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Di Smps Al-Ulum Medan (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Medan).
Prasasti, R. D., & Anas, N. (2023). Pengembangan Media Digital Berbasis Flipbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Peserta Didik. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(3), 694–705.
Qomariyah, E. N. (2017). Pengaruh problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis IPS. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 23(2), 132–141.
Rambe, A. H., Studi, P., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Ilmu, F., Dan, T., Islam, U., & Sumatera, N. (2021). Diktat Edukatif Andina Halimsyah Rambe.docx. Journal Article, 1–10.
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Siahaan, A., Syukri, M., & Akmalia, R. (2022). Educational Supervision In The Implementation Of Graduate Quality-Based Management In The Era Of The Covid-19 Pandemic. Journal of Positive School Psychology, 6(6), 1204–1212.
Sungkono. (2008). Pemilihan dan penggunaan media dalam proses pembelajaran. In Majalah Ilmiah Pembelajaran (Vol. 4, Issue 1, p. hal 71-79).
Syahrum, & Salim. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif (p. Bandung : Cipustaka Media).
Ulva, M. M., & Hidayati, S. N. (2022). Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains Circulatory Bottle. 10(3), 374–381.
Wijaya, S., Nursehah, U., & Dewi, F. S. (2021). Belajar IPA Di Sekolah Dasar The Use Of Human Blood Circulation Media To Improve Cognitive Learning Outcomes In Science in Elementary School. 8(1), 1–10.
Yulianti, Y., Lestari, H., & Rahmawati, I. (2022). Penerapan model pembelajaran RADEC terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 47-56.
Yuliastrin, A., Fazila, A., Damanik, S., & Vebrianto, R. (2023). Pengembangan Instrumen Berpikir Kritis : Tutor Identifikasi Berpikir Kritis Development of Critical Thinking Instruments: Critical Thinking Identification Tutor. Jurnal Sainsmart, XII(1), 1–12.
Yusnaldi, E., Zam, A., Hariro, Z., Abdullah, B. M., & Safitri, F. (2024). Pengaruh Interaksi Sosial dalam Proses Pembelajaran IPS di SD / MI. 8, 2715–2721.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rizki Akmalia, Nirwana Anas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.