UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA PAPAN PINTAR PERKALIAN

Authors

  • Oza Aurinta Sandra Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana
  • Herry Sanoto Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v22i1.7327

Keywords:

hasil belajar, model Teams Games Tournament, papan pintar perkalian

Abstract

Tujuan utama pada penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar matematika dengan menerapkan model Teams Games Tournamnet dengan berbantuan media papan pintar perkalian siswa kelas II SD Negeri Asinan 01 Bawen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui dua tindakan dengan jumlah siswa 20 orang, yang setiap siklusnya terdiri dari tiga tahap, yaitu melihat, berpikir, dan bertindak. Pada hasil belajar matematika peserta didik kelas II pada prasiklus diperoleh skor rata-rata 53,5 dengan presentase 25%. Hasil tindakan pada siklus I diperoleh skor rata-rata 67,5 dengan presentase 35%. Setelah dilakukan tindakan siklus II hasil belajar meningkat dengan rata-rata 86 dengan tingkat ketuntasan 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan model Teams Games Tournament berbantuan media papan pintar perkalian dapat meningkatan hasil belajar matematika peserta didik kelas II SD Negeri Asinan 01 Bawen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, V., Baiq, M., & Dewi, N. K. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Perkalian Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Media Papan Pintar di Kelas II SDN 15 Mataram. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 96–100.

Apriyanto, E. H. (2023). Matematika Pada Materi Perkalian Siswa Kelas 2 Sd Negeri Purwodadi 02 Dengan Media Papan. JGURUKU:Jurnal Penelitian Guru, 1, 176–183.

Faisal, B. M., & Setyawan, A. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model TGT (Teams Games Tournament) Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di SDN Dinoyo. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(4), 246–258.

Felianti, E. S., & Sanoto, H. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 7404–7413.

Gusti, A. R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Peredaran Darah Untuk Siswa Kelas VIII Di SMPN 18 Kota Bengkulu. Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Hikmah, M., Anwar, Y., & Riyanto. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Dunia Hewan Kelas X di SMA Unggul Negeri 8 Palembang. Jurnal Pembelajaran Biologi, 5(1), 56–73.

Lailatur, R. I., Husni, W., Nuroso, H., & Tri, H. E. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle Pecahan Pada Siswa Kelas Iic Di Sdn Sarirejo. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4257–4265.

Miranti, I. S., & Sanoto, H. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Pulutan 02 Salatiga. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(4), 2647-2657.

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1).

Naufal, F. I., Nurhidayah, I., Hepta, S. N., Jamaludin, U., Setiawan, S., & Sultan, A. T. U. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Papan Perkalian Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 2 Sdn Taktakan 2. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(18), 348–352.

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276.

Shobirin, M., & Rochmana, S. (2017). Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (Tgt) Pada Materi Benda Dan Sifatnya. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 91.

Sigit, P. D. (2020). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pendidikan Anak Usia Dini.

Suryani, A., Suarjana, I. M., & Artini, H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Berbantuan Cara Sengkedan dan Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Faktor dan Kelipatan. Indonesian Gender and Society Journal, 1(1), 29–34.

Teresia, W. (2021). Asesmen Nasional 2021. Depok: Guepedia.

Wahyuningsih, E. S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Downloads

Published

2024-07-05

How to Cite

Sandra, O. A., & Sanoto, H. (2024). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA PAPAN PINTAR PERKALIAN. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 22(1), 60–72. https://doi.org/10.31571/edukasi.v22i1.7327

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)