UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA PAPAN PINTAR PERKALIAN
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v22i1.7327Keywords:
hasil belajar, model Teams Games Tournament, papan pintar perkalianAbstract
Tujuan utama pada penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar matematika dengan menerapkan model Teams Games Tournamnet dengan berbantuan media papan pintar perkalian siswa kelas II SD Negeri Asinan 01 Bawen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui dua tindakan dengan jumlah siswa 20 orang, yang setiap siklusnya terdiri dari tiga tahap, yaitu melihat, berpikir, dan bertindak. Pada hasil belajar matematika peserta didik kelas II pada prasiklus diperoleh skor rata-rata 53,5 dengan presentase 25%. Hasil tindakan pada siklus I diperoleh skor rata-rata 67,5 dengan presentase 35%. Setelah dilakukan tindakan siklus II hasil belajar meningkat dengan rata-rata 86 dengan tingkat ketuntasan 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan model Teams Games Tournament berbantuan media papan pintar perkalian dapat meningkatan hasil belajar matematika peserta didik kelas II SD Negeri Asinan 01 Bawen.
Downloads
References
Ananda, V., Baiq, M., & Dewi, N. K. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Perkalian Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Media Papan Pintar di Kelas II SDN 15 Mataram. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 96–100.
Apriyanto, E. H. (2023). Matematika Pada Materi Perkalian Siswa Kelas 2 Sd Negeri Purwodadi 02 Dengan Media Papan. JGURUKU:Jurnal Penelitian Guru, 1, 176–183.
Faisal, B. M., & Setyawan, A. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model TGT (Teams Games Tournament) Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di SDN Dinoyo. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(4), 246–258.
Felianti, E. S., & Sanoto, H. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 7404–7413.
Gusti, A. R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Peredaran Darah Untuk Siswa Kelas VIII Di SMPN 18 Kota Bengkulu. Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Hikmah, M., Anwar, Y., & Riyanto. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Dunia Hewan Kelas X di SMA Unggul Negeri 8 Palembang. Jurnal Pembelajaran Biologi, 5(1), 56–73.
Lailatur, R. I., Husni, W., Nuroso, H., & Tri, H. E. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle Pecahan Pada Siswa Kelas Iic Di Sdn Sarirejo. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4257–4265.
Miranti, I. S., & Sanoto, H. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Pulutan 02 Salatiga. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(4), 2647-2657.
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1).
Naufal, F. I., Nurhidayah, I., Hepta, S. N., Jamaludin, U., Setiawan, S., & Sultan, A. T. U. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Papan Perkalian Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 2 Sdn Taktakan 2. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(18), 348–352.
Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276.
Shobirin, M., & Rochmana, S. (2017). Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (Tgt) Pada Materi Benda Dan Sifatnya. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 91.
Sigit, P. D. (2020). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pendidikan Anak Usia Dini.
Suryani, A., Suarjana, I. M., & Artini, H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Berbantuan Cara Sengkedan dan Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Faktor dan Kelipatan. Indonesian Gender and Society Journal, 1(1), 29–34.
Teresia, W. (2021). Asesmen Nasional 2021. Depok: Guepedia.
Wahyuningsih, E. S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Oza Aurinta Sandra, Herry Sanoto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.