RANCANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SITE SEBAGAI WUJUD APRESIASI SASTRA

Authors

  • Try Hariadi Universitas PGRI Pontianak
  • Herlina Universitas PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v22i2.7388

Keywords:

apresiasi sastra, google site, interaktif, multimedia pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan rancangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis google site. Metode yang digunakan secara kualitatif deskriptif melalui teknik observasi nonpartisipan terstruktur dan wawancara terstruktur dengan tempat penelitian di Universitas PGRI Pontianak. Teknik pengumpulan data dilakukan untuk studi kebutuhan dengan merancang prototype. Hasil penelitian berupa rancangan multimedia berbasis google site pada pembelajaran Sastra Klasik Kalimantan Barat diawali dengan (1) halaman muka berupa identitas perancang, identitas mata kuliah: ragam sastra lisan, dan kontak. (2) menu/teori terdapat isi menu: konten materi unsur intrinsik karya sastra, legenda, mantra, syair, mite, fabel, dan cerita jenaka yang terdapat di Kalimantan barat. (3) pengujian rancangan multimedia melalui media, materi, dan bahasa dikategorikan diterima/sesuai. Dapat disimpulkan bahwa kemudahan dan tepat guna dalam penggunaan multimedia interaktif berbasis google site oleh dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adzkya, D. S., & Suryaman, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD. Educate Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 20-31.

Afrianto., Parjito., & Kasih, E. N. E. W. (2022). Alternatif Pengelolaan Pembelajaran Dalam Jaringan: Google Sites. Madaniya, 3(4), 776-783.

Batubara, S M. (2017). Kearifan Lokal dalam Budaya Daerah Kalimantan Barat (Etnis Melayu dan Dayak). Jurnal Penelitian IPTEKS, 2(1), 91-104.

Dariyadi, M. W., Mahliatussikah, H., & Fauzan, M. (2021). Pemanfaatan Google Site sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Tifani, 1(1), 65-74.

Dwipayana, I. K. A. (2020). Inovasi Pembelajaran Apresiasi Sastra Lisan dalam Konteks Pandemi. Stilistika, 9(1), 107-121.

Gasong, D. (2019). Apresiasi Sastra Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.

Haerul & Yusrina. (2021). Analisis Problematika Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia berbasis Digital dimasa Pandemi Covid 19. Semantik, 10(1), 25-32.

Ilham, M., Murniviyanti, L., & Prasrihamni, M. (2022). Pengembangan Media Permainan Monopoli Pada Pembelajaran Apresiasi Sastra Pantun Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(5), 5054-5062.

Novelia, L. A., & Dheni, D. R. (2021). Desain Media Pembelajaran Berbasis Google Site pada Materi Ikatan Ion. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia 2022 “Desain Merdeka Belajar Dalam Pendidikan Kimia dan Inovasi Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19 Tahun 2021“.

Nur’aini, A. (2021). Apresiasi Sastra dan Persepsi Mahasiswa Pascasarjana Linguistik Terapan Universitas Negeri Yogyakarta terhadap Pentingnya Sastra dalam Kehidupan Bermasyarakat. PENAOQ: Jurnal Sastra, Budaya dan Pariwisata, 2(1), 31-44.

Samsu. (2017). Metode Penelitian: (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development). Jambi: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (Pusaka).

Sugiharni. (2018). Pengujian Validitas Konten Media Pembelajaran Interaktif Berorientasi Model Creative Problem Solving. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 88-95.

Suhendi, D. (2017). Menggagas Pembelajaran Sastra yang Kreatif dan Inovatif di Perguruan Tinggi: Sejarah Sastra Sebagai Model. Seminar Nasional dalam Rangka Bulan Bahasa Tahun 2017.

Purwaningsih, L., Sudibyo, A., & Isnaini, H. (2023). Problematika pada Pembelajaran Apresiasi Sastra. Metonimia: Jurnal Sastra dan Pendidikan Kesusastraan, 1(2), 69-73.

Putra, L. D., Arlinsyah, N. D., Ridho, F. R., Syafiqa, A. N., & Annisa, K. (2024). Pemanfaatan Wordwall pada Model Game Based Learning terhadap Digitalisasi Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 81-95.

Putri, M. F., & Wirawati, D. (2022). Penerapan Teknologi Digital sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 5 Banguntapan. Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia, 7 (2), 285-300.

Raco. J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif; Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: PT Grasindo.

Ramadhanti, D. (2018). Apresiasi Prosa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.

Syahrul, N. (2017). Pembelajaran Sastra Indonesia dalam Konteks Konteks Global: Problematika dan Solusi. Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra dalam Konteks Global Tahun 2017.

Umaya, N. M, & Harjito. (2017). Penelitian Pembelajaran Sastra. Semarang: Universitas PGRI Semarang Press.

Yuhdi, A., & Amalia, N. (2018). Desain Media Pembelajaran Berbasis Daring Memanfaatkan Portal Schoology pada Pembelajaran Apresiasi Sastra. Basastra, 7(1), 14-22.

Yuniar, A. R., Subandowo, M., dan Karyono. H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Informatika Berbasis Google Site Custom Domain. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika, 6(2), 360–368.

Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan (Edisi Pertama). Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Hariadi, T., & Herlina. (2024). RANCANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SITE SEBAGAI WUJUD APRESIASI SASTRA. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 22(2), 194–209. https://doi.org/10.31571/edukasi.v22i2.7388

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)