EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMP KOTA PONTIANAK MELALUI PENDEKATAN PROVUS’ DISCREPANCY

Authors

  • Muhamad Firdaus UIN Alauddin Makassar
  • Sitti Mania Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Muhammad Nur Akbar Rasyid Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v22i1.7419

Abstract

Program yang disusun dalam memajukan pendidikan terus mengalami kemajuan dan berkembang secara dinamis. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengevaluasi implementasi kurikulum merdeka di SMP Kota Pontianak melalui pendekatan Provus' Discrepancy, kesenjangan antara prisip-prisip kurikulum merdeka dengan penerapannya. Penelitian ini dilaksanakan di dua SMP di Kota Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif dan pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen. Untuk analisis data dilakukan menggunakan model analisis Miles dan Huberman, terdapat tiga jalur analisis data kualitatif yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil evaluasi implementasi Kurikulum Merdeka ini memungkinkan evaluasi pada setiap tahap untuk mengidentifikasi kesenjangan antara kondisi yang diharapkan dan kenyataan di lapangan, sehingga memberikan petunjuk untuk pengambilan keputusan dalam penyempurnaan dan pengembangan program.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alkin, M. C., and C. A. & Christie. (2003). “Evaluation Roots: Tracing Theorists’ Views and Influences. .” Sage Publications.

Andriyani, P. E. A., Marhaeni, A. A. I. N., and Mertasari, N. M. S. (2017). “Analisis Diskrepansi Tentang Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Kelas IV SD Negeri Di Kecamatan Denpasar Barat.” Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia 7(2).

Ansari, Akhmad Hapis, Alpisah, and Muhammad Yusuf. (2022). “Konsep Dan Rancangan Manajemen Kurikulum Merdeka Di Tingkat Sekolah Menengah Pertama.” Tugas Mata Kuliah Mahasiswa.

Arifa, and Nurul, F. (2022). “‘Implementasi Kurikulum Merdeka Dan Tantangannya.’ Bidang Kesejahteraan Rakyat: Info Singkat.” 14(9):25–30.

Arviansyah, Reza, M., and Shagena, A. (2022). “Tantangan Dan Peran Dari Guru Dalam Kurikulum Merdeka Belajar.” Jurnal Ilmiah Kependidikan 15(1).

Efyanto, D. (2021). “Analisis Penerapan Kebijakan Merdeka Belajar Pada Kurikulum SMK.” Universitas Muhammadiyah, Malang.

Ekawati, E. Y., and Iriani, A. (2021). “Evaluasi Discrepancy Program Parenting Class Dalam Rangka Meningkatkan Hubungan Masyarakat.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1).

Ferdaus, and Novita. (2023). “The Implementation of The Merdeka Curriculum in English Subject at A Vocational High School in Indonesia.” Jurnal Riset Dan Konseptual 8.

Fitria, F. W.,., and Triana, D. D. (2017). “Evaluasi Implementasi Standar Penilaian Pada Sekolah Alam Bogor Berdasarkan Model Evaluasi Provus.” Jurnal Evaluasi Pendidikan 8(1).

Guskey, T. R. (2000). Evaluating Professional Development. Thousand Oaks: CA: Corwin Press.

Hamdi, Cepi Triatna, and Nurdin. (2022). “Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Pedagogik.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 7(1):10–17.

Hidayati, Naning, Saputro, and Lestari. (2023). “Implementasi Pembelajaran Projek Pada Sekolah Penggerak Di Era Digital.” Journal of Education and Teaching (JET) 4(1):69–82.

Indrawati, B. (2020). “Tantangan Dan Peluang Pendidikan Tinggi Dalam Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19.” Jurnal Kajian Ilmiah 1(1):39–48.

Kirkpatrick, D. L. (1994). Evaluating Training Program—The Four Levels. San Francisco: CA: Berret-Koehler Publishers, Inc.

Patton, M. Q. (2008). “Utilization-Focused Evaluation (4th Ed.).” Sage Publications.

Rossi, P. H., M. W. Lipsey, and H. E. Freeman. (2004). “Evaluation: A Systematic Approach (7th Ed.).” Sage Publications.

Scriven, M. (1991). “Evaluation Thesaurus (4th Ed.). .” Sage Publications.

Sesfao, M. (2020). “Perbandingan Pemikiran Pendidikan Paulo Freire Dengan Ajaran Tamansiswa Dalam Implementasi Merdeka Belajar Pendahuluan Hal Pertama Yang Muncul Dalam Pikiran Saya Ketika Membaca Tema Umum.” Pp. 261–72 in Prosiding Seminar Nasional “Implementasi Merdeka Belajar Berdasarkan Ajaran Tamansiswa.

Stufflebeam, D. L. (2003). “The CIPP Model for Evaluation.” in Annual Conference on the Oregon Program Evaluators Network (OPEN). Portland, Oregon: Annual Conference on the Oregon Program Evaluators Network (OPEN).

Sumarsih, Marliyani, Hadiyansah, Hernawan, and Prihantini. (2022). “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(5):8248–58.

Weiss, C. H. (1998). Evaluation: Methods for Studying Programs and Policies. .

Wiyono, H. (2023). “Sistem Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Di SMP Negeri 21 Pontianak.” Sustainable 6(1):85–94.

Zakiyatul, N. (2022). “Implementasi Keterampilan Pembelajaran Abad 21 Berorientasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SMP Al-Falah DeltasariSidoarjo.” Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Downloads

Published

2024-07-15

How to Cite

Firdaus, M., Sitti Mania, & Muhammad Nur Akbar Rasyid. (2024). EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMP KOTA PONTIANAK MELALUI PENDEKATAN PROVUS’ DISCREPANCY. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 22(1), 117–131. https://doi.org/10.31571/edukasi.v22i1.7419

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)