EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMP KOTA PONTIANAK MELALUI PENDEKATAN PROVUS’ DISCREPANCY
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v22i1.7419Abstract
Program yang disusun dalam memajukan pendidikan terus mengalami kemajuan dan berkembang secara dinamis. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengevaluasi implementasi kurikulum merdeka di SMP Kota Pontianak melalui pendekatan Provus' Discrepancy, kesenjangan antara prisip-prisip kurikulum merdeka dengan penerapannya. Penelitian ini dilaksanakan di dua SMP di Kota Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif dan pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen. Untuk analisis data dilakukan menggunakan model analisis Miles dan Huberman, terdapat tiga jalur analisis data kualitatif yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil evaluasi implementasi Kurikulum Merdeka ini memungkinkan evaluasi pada setiap tahap untuk mengidentifikasi kesenjangan antara kondisi yang diharapkan dan kenyataan di lapangan, sehingga memberikan petunjuk untuk pengambilan keputusan dalam penyempurnaan dan pengembangan program.
Downloads
References
Alkin, M. C., and C. A. & Christie. (2003). “Evaluation Roots: Tracing Theorists’ Views and Influences. .” Sage Publications.
Andriyani, P. E. A., Marhaeni, A. A. I. N., and Mertasari, N. M. S. (2017). “Analisis Diskrepansi Tentang Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Kelas IV SD Negeri Di Kecamatan Denpasar Barat.” Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia 7(2).
Ansari, Akhmad Hapis, Alpisah, and Muhammad Yusuf. (2022). “Konsep Dan Rancangan Manajemen Kurikulum Merdeka Di Tingkat Sekolah Menengah Pertama.” Tugas Mata Kuliah Mahasiswa.
Arifa, and Nurul, F. (2022). “‘Implementasi Kurikulum Merdeka Dan Tantangannya.’ Bidang Kesejahteraan Rakyat: Info Singkat.” 14(9):25–30.
Arviansyah, Reza, M., and Shagena, A. (2022). “Tantangan Dan Peran Dari Guru Dalam Kurikulum Merdeka Belajar.” Jurnal Ilmiah Kependidikan 15(1).
Efyanto, D. (2021). “Analisis Penerapan Kebijakan Merdeka Belajar Pada Kurikulum SMK.” Universitas Muhammadiyah, Malang.
Ekawati, E. Y., and Iriani, A. (2021). “Evaluasi Discrepancy Program Parenting Class Dalam Rangka Meningkatkan Hubungan Masyarakat.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1).
Ferdaus, and Novita. (2023). “The Implementation of The Merdeka Curriculum in English Subject at A Vocational High School in Indonesia.” Jurnal Riset Dan Konseptual 8.
Fitria, F. W.,., and Triana, D. D. (2017). “Evaluasi Implementasi Standar Penilaian Pada Sekolah Alam Bogor Berdasarkan Model Evaluasi Provus.” Jurnal Evaluasi Pendidikan 8(1).
Guskey, T. R. (2000). Evaluating Professional Development. Thousand Oaks: CA: Corwin Press.
Hamdi, Cepi Triatna, and Nurdin. (2022). “Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Pedagogik.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 7(1):10–17.
Hidayati, Naning, Saputro, and Lestari. (2023). “Implementasi Pembelajaran Projek Pada Sekolah Penggerak Di Era Digital.” Journal of Education and Teaching (JET) 4(1):69–82.
Indrawati, B. (2020). “Tantangan Dan Peluang Pendidikan Tinggi Dalam Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19.” Jurnal Kajian Ilmiah 1(1):39–48.
Kirkpatrick, D. L. (1994). Evaluating Training Program—The Four Levels. San Francisco: CA: Berret-Koehler Publishers, Inc.
Patton, M. Q. (2008). “Utilization-Focused Evaluation (4th Ed.).” Sage Publications.
Rossi, P. H., M. W. Lipsey, and H. E. Freeman. (2004). “Evaluation: A Systematic Approach (7th Ed.).” Sage Publications.
Scriven, M. (1991). “Evaluation Thesaurus (4th Ed.). .” Sage Publications.
Sesfao, M. (2020). “Perbandingan Pemikiran Pendidikan Paulo Freire Dengan Ajaran Tamansiswa Dalam Implementasi Merdeka Belajar Pendahuluan Hal Pertama Yang Muncul Dalam Pikiran Saya Ketika Membaca Tema Umum.” Pp. 261–72 in Prosiding Seminar Nasional “Implementasi Merdeka Belajar Berdasarkan Ajaran Tamansiswa.
Stufflebeam, D. L. (2003). “The CIPP Model for Evaluation.” in Annual Conference on the Oregon Program Evaluators Network (OPEN). Portland, Oregon: Annual Conference on the Oregon Program Evaluators Network (OPEN).
Sumarsih, Marliyani, Hadiyansah, Hernawan, and Prihantini. (2022). “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(5):8248–58.
Weiss, C. H. (1998). Evaluation: Methods for Studying Programs and Policies. .
Wiyono, H. (2023). “Sistem Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Di SMP Negeri 21 Pontianak.” Sustainable 6(1):85–94.
Zakiyatul, N. (2022). “Implementasi Keterampilan Pembelajaran Abad 21 Berorientasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SMP Al-Falah DeltasariSidoarjo.” Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhamad Firdaus, Sitti Mania, Muhammad Nur Akbar Rasyid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.