SURVEI PENGELOLAAN SARPRAS PENDIDIKAN JASMANI IKIP PGRI PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v22i1.7444Keywords:
sarpras, pengelolaan, pendidikan jasmani, websiteAbstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui sejauh mana manajemen pengelolaan sarpras Pendidikan Jasmani IKIP PGRI Pontianak. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di Program Studi Pendidikan Jasmani IKIP PGRI Pontianak dengan subjek penelitian ketua program studi pendidikan jasmani, kepala laboratorium pendidikan jasmani, staf pengelola sarpras pendidikan jasmani, dosen pengampu sarpras pendidikan jasmani dan dosen pengajar pendidikan jasmani IKIP PGRI Pontianak. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengelolaan sarpras saat ini manual; (2) Jadwal penggunaan sarpras belum diatur dengan baik dan rinci; (3) Belum ada pembaharuan buku panduan Standar Operasional Prosedur (SOP); (4) Sebesar 84,61 % subjek penelitian mengharapkan perubahan sistem pengelolaan sarpras manual menjadi sistem pengelolaan berbasis website sehingga 88,46% subjek penelitian merasakan efetifitas dan efisiensi dari sistem pengelolaan berbasis website.
Downloads
References
Akib &, & Haderawi. (2022). Management of Infrastructure in Improving the Quality of Learning (Manajemen Sarana Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran).
Budiman, R. D. A., Ramadhani, D., Liwayanti, U., & Albab, U. (2020). Analisis Sistem Informasi Jadwal Terpadu Berbasis Website. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 252.
Chawla, N. (2016). A Study of Sports Infrastructure & Facilities in Schools of Rohtak District (Haryana) Neeraj Chawla. International Journal of All Research Education and Scientific Methods (IJARESM), 4(8), 2455–6211.
Fitrandi, Y. I., & Kristiyandaru, A. (2020). Survei Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Madrasahtsanawiyah Se-Kota Kediri.
Gunawan, I., & Benty, D. D. N. (2017). Manajemen pendidikan: suatu pengantar praktik. Bandung: Alfabeta.
Hadi, S. S., Jasmani, P., Rekreasi, dan, & Dwi Khory, F. S. (2013). Survei Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Pada Satuan Pendidikan Sd, Smp, Sma Negeri Se-Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 01(01), 64–69.
Hamzah, M. L., Rusilawati, E., & Purwati, A. A. (2018). Sistem Aplikasi Sarana Prasarana Perguruan Tinggi Menggunakan Teknologi Near Field Communication Berbasis Android. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 1(2), 251–261.
Herman & Riady, A. (2018). Survey Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Di SMP/ MTS Swasta Kabupaten Pangkep. SPORTIVE: Journal of Physical Education, Sport and Recreation.
Imron, M., Sutikno, G. R., & Dazki, I. N. (2020). Implementasi Push Notification Pada Sistem Peminjaman Sarana dan Prasarana Berbasis Website. Jurnal Informatika, 7(2), 174–182.
Izzati, A. W., Maharani, Y., & Wiyancoko, D. (2017). Relasi Desain dan Tata Letak Sarana Duduk Terhadap Kenyamanan Pengunjung Kafe, 2(1).
Lubis, A., Hanafi, M., & Rabiyatul Adawiyah Siregar, Ms. (2019). Sistem Pengelolaan Microteaching Dengan Siklus Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, Peningkatan (Ppepp) Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Mahasiswa Calon Guru.
Matin, F. N. 2016. Manajemen Sarpras Pendidikan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Moleong, L. J. (2019). “Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi”. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Mustari, M. 2014. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Natal, Y. R., & Bate, N. (2020). Manajemen pengelolaan sarpras PJOK. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan, 9(2), 70-82
Nugroho, A., Lubis, A. E., Sipayung, D. K., & Lowry, H. L. S. (2022). Manajemen Pengelolaan Sarana dan Prasarana Keolahragaan. JSH: Journal of Sport and Health, 40–53.
Pahlevi, R., Desi, A. I., & Kusumaningrum, E. (2016). Manajemen Sarana Dan Prasarana Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran.
Pramono, H. (2012). Pengaruh Sistem Pembinaan, Sarana Prasarana Dan Pendidikan Latihan Terhadap Kompetensi Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Di Kota Semarang. In Jurnal Penelitian Pendidikan (Vol. 29).
Prastyawan, P. (2016). Manajemen sarpras pendidikan. Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 6 (1), 33-46.
Pratomo, A. T. (2013). Survei Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-Kota Purbalingga Tahun 2012. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations.
Rahayu, S. M. (2015). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Sekolah Menengah Pertama
Rahman, R., Erliana, M., & Amirudin, A. (2023). Manajemen Pendayagunaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sma Negeri 2 Amuntai. Jurnal Pendidikam Jasmani Dan Olahraga, 4(1).
Rahmayani, R. (2020). Manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan produktivitas di sekolah dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 240.
Saputri, V. I. (2014). Survei Sarana Dan Prasarana Olahraga Penunjang Proses Pembelajaran Penjasorkes Dan Pemanfaatannya Di Sekolah Luar Biasa Kabupaten Temanggung Tahun 2013. In Journal of Physical Education, 3(11).
Soro, S. H., Budiman, K., Suprihadi, D., & Ainiyah, N. (2023). Implementasi Pengelolaan Sarana Prasarana Dalam Pemenuhan Standar Mutu Pendidikan Di Institut Perguruan Tinggi (IPI) Garut", al-Afkar. Journal For Islamic Studies, 6(2), 291–303.
Stevenson, A. (Ed.). (2010). Kamus Bahasa Inggris Oxford. Oxford University Press, AS.
Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Cv alfabeta
Sukiyandari, L. (2016). Keadaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Di Sd Se Uptd Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang Tahun 2015. Jurnal Ilmiah Spirit, 16(2), 1-12.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Basep, Ashadi Cahyadi, Zusyah Porja Daryanto, Suriani Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.