IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IV DI SD ISLAM AT-TAUBAH
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v22i2.7460Keywords:
Implementasi, Pendidikan Karakter, Pendidikan KewarganegaraanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter dalam Pendidikan Kewarganegaraan kelas IV di SD Islam At-Taubah, mengidentifikasi faktor-faktor penghambatnya dan mencari solusi untuk mengatasi hambatan yang muncul dalam penerapan pendidikan karakter. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan melibatkan kepala sekolah, guru, dan siswa sebagai informan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru menerapkan pendidikan karakter melalui tiga tahap: perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian; (2) Faktor penghambat yang dialami guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter meliputi faktor naluri(insting), kurangnya disiplin siswa, pengaruh lingkungan teman sebaya, faktor lingkungan, dan rendahnya motivasi belajar siswa; (3) Upaya untuk mengatasinya termasuk memahami latar belakang siswa, memberikan perhatian ekstra, dan meningkatkan motivasi. Kepala sekolah juga berperan dalam menemukan solusi melalui evaluasi rutin dan meningkatkan kepatuhan terhadap aturan sekolah.
Downloads
References
Annur, Y. F., Yuriska, R., & Arditasari, S. T. (2021). Pendidikan Karakter dan Etika dalam pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 15-16 Januari 2021, 330.
Dwijendra, U. (2022). Problematika Kompetensi Kepribadian Guru Yang Memengaruhi Karakter Peserta Didik. 11(1).
Fitriani, N. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Pentingnya Pembelajaran Pkn dalam Membentuk Nilai Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9098–9102.
Fitriya, A., & Indriani, I. (2022). Konsep Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di RA Tarbiyatussibyan Ploso Karangtengah Demak. 10(1).
Hendro, W. (2018). Evaluasi pendidikan. In Jakarta: Rineka Cipta.
Juliwansyah, J., AM, R., & Charles, C. (2022). Dasar Memilih Metode Pendidikan Dalam Perspektif Al Quran Dan Hadis. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(2), 172–181.
Lestari, I., & Handayani, N. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Khususnya Sma/Smk Di Zaman Serba Digital. Guru Pencerah Semesta, 1(2), 101–109.
Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(3), 418–430.
Nurmalisa, Y., Mentari, A., & Rohman, R. (2020). Peranan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Civic Conscience. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 7(1), 34–46.
Prasetiyo, E., Suyatno, S., & Baswedan, A. R. (2021). Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter Bebasis Siswa Di Sd Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta. Jurnal RASI, 2(1), 1–17.
Ramli, N. (2022). Pendidikan Karakter Implementasi Pembelajaran IPS Menengah Pertama. In Mau’izhah (Vol. 11, Issue 1).
Rizqi, P., Tanzilla, A., & Anggraeni, D. (2021). Konstruksi Sosial : Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Upaya Membangun Karakter. 1(6), 176–181.
Salabi, A. S. (2020). Efektivitas Dalam Implementasi Kurikulum Sekolah. Education Achievment: Journal of Science and Research, 1(1), 1–13.
Sutia, N., & Santoso, G. (2022). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 01(02), 1–10.
Telaumbanua, F. (2019). Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Berbasis E-Learning. Jurnal Warta Edisi :62, 13(4), 14–23.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Shinta Puspita Dewi, Kasriman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.