IMPLEMENTASI SUPERVISI KOLABORATIF DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU

Authors

  • Muhamad Darif Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Sudadio Sudadio Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Yuyu Yuhana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v22i1.7511

Keywords:

implementasi, pendekatan supervisi kolaboratif, kompetensi profesional guru

Abstract

Fokus tujuan penelitian yaitu menyelidiki bagaimana pendekatan supervisi kolaboratif dapat diterapkan untuk peningkatan kemahiran profesional guru di Sekolah Dasar Negeri 1 Margajaya. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan model Mc. Taggart, dengan teknik kuantitataif deskriptif melibatkan partisipasi 22 pendidik (guru). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan supervisi kolaboratif efektif dalam meningkatkan kemahiran profesional guru. Pada tahap pra-siklus, kompetensi profesional guru berada pada tingkat 60,2 (kurang), meningkat menjadi 73,6 (cukup) pada siklus 1. Selanjutnya, kemampuan profesional guru meningkat sebesar 11,9 poin dari siklus 1 ke siklus 2, dengan nilai rata-rata mencapai 85,5 yang dianggap baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan supervisi kolaboratif berhasil meningkatkan kompetensi profesional guru di SDN 1 Margajaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alamdhani, C. A. A. D. C., & Hariyati, N. (2020). Implementasi Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8(4), 506–516.

Bunga, R. S. (2022). Efektivitas Supervisi Edukatif Kolaboratif Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Di Kelas Secara Periodik Di Sdn 002 Tana Tidung Kalimantan Utara. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 651–660. https://doi.org/10.47492/eamal.v2i1.1197

Busahri, B. (2023). Penerapan Pendekatan Supervisi Kolaboratif Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di SDN Majungan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2019/2020. Journal on Education, 5(2), 5362–5375. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1281

Dince, A. (2019). Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pendekatan Supervisi Akademik Kolaboratif di Sekolah Dasar. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 146–161.

Farid, A. (2023). Penerapan Pendekatan Supervisi Kolaboratif untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di SDN 11 Dusun Besar. Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan Karakter Volume, 2(2), 95–103.

Hajar, S. (2018). Upaya Meningkatan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Di Kelas melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif secara Periodik. Indonesian Journal of Basic Education, 1(3), 381–391.

Irianti, N. (2022). Penerapan Supervisi Kolaboratif untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di SD Negeri 3 Sedayu Kecamatan Turen Kabupaten Malang Semester I Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2(1), 23–29. https://doi.org/10.28926/jtpdm.v2i1.308

Jokomarsono, W. (2019). Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 4(1), 42. https://doi.org/10.26740/jdmp.v4n1.p42-59

Lalupanda, M. E. (2019). Implementasi Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Mutu Guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 62–72.

Maisaroh, S. (2020). Penerapan Pendekatan Supervisi Kolaboratif Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru SDN Brudu Jombang. Jurnal Simki Pedagogia, 3(6), 51–60. https://doi.org/10.54543/fusion.v1i03.58

Muizzuddin, M. (2019). Pengembangan Profesionalisme Guru dan Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 7(1), 127–140. https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2957

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Mustikeni. (2019). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif di SDN 2 Setanggor. EDISI: Jurnal Edukasi Dan Sains, 1(2), 310–321.

Mutahajar, M. (2019). Penerapan Supervisi Kolaboratif untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru SDN 6 Jurit Kecamatan Pringgasela. Bintang, 1, 282–303.

Purwanto, M. . (2007). Administrasi dan Supervisi Pendidikan.

Sahertian, P. A. (2008). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan.

Shaifudin, A. (2020). SUPERVISI PENDIDIKAN Arif Shaifudin. El-Wahda: Jurnal Pendidikan, 1(2), 36–37.

Sirojuddin, A., Aprilianto, A., & Zahari, E. N. (2022). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Chalim Journal of Teaching and Learning, 1(2), 730–743. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v8i1.415

Solehudin, U. (2020). Supervisi Kolaboratif dapat Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 364. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.29090

Suchyadi, Y., Mirawati, M., Anjaswuri, F., & Destiana, D. (2022). Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 67–71. https://doi.org/10.33751/jmp.v10i1.6155

Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258–264. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.30

Yulmasita Bagou, D., & Suking, A. (2020). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Jambura Journal of Educational Management, 1(September), 122–130. https://doi.org/10.37411/jjem.v1i2.522

Downloads

Published

2024-11-20

How to Cite

Muhamad Darif, Sudadio, S., & Yuhana, Y. (2024). IMPLEMENTASI SUPERVISI KOLABORATIF DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 22(1), 163–176. https://doi.org/10.31571/edukasi.v22i1.7511

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)