IMPLEMENTASI SUPERVISI KOLABORATIF DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v22i1.7511Keywords:
implementasi, pendekatan supervisi kolaboratif, kompetensi profesional guruAbstract
Fokus tujuan penelitian yaitu menyelidiki bagaimana pendekatan supervisi kolaboratif dapat diterapkan untuk peningkatan kemahiran profesional guru di Sekolah Dasar Negeri 1 Margajaya. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan model Mc. Taggart, dengan teknik kuantitataif deskriptif melibatkan partisipasi 22 pendidik (guru). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan supervisi kolaboratif efektif dalam meningkatkan kemahiran profesional guru. Pada tahap pra-siklus, kompetensi profesional guru berada pada tingkat 60,2 (kurang), meningkat menjadi 73,6 (cukup) pada siklus 1. Selanjutnya, kemampuan profesional guru meningkat sebesar 11,9 poin dari siklus 1 ke siklus 2, dengan nilai rata-rata mencapai 85,5 yang dianggap baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan supervisi kolaboratif berhasil meningkatkan kompetensi profesional guru di SDN 1 Margajaya.
Downloads
References
Alamdhani, C. A. A. D. C., & Hariyati, N. (2020). Implementasi Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8(4), 506–516.
Bunga, R. S. (2022). Efektivitas Supervisi Edukatif Kolaboratif Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Di Kelas Secara Periodik Di Sdn 002 Tana Tidung Kalimantan Utara. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 651–660. https://doi.org/10.47492/eamal.v2i1.1197
Busahri, B. (2023). Penerapan Pendekatan Supervisi Kolaboratif Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di SDN Majungan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2019/2020. Journal on Education, 5(2), 5362–5375. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1281
Dince, A. (2019). Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pendekatan Supervisi Akademik Kolaboratif di Sekolah Dasar. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 146–161.
Farid, A. (2023). Penerapan Pendekatan Supervisi Kolaboratif untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di SDN 11 Dusun Besar. Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan Karakter Volume, 2(2), 95–103.
Hajar, S. (2018). Upaya Meningkatan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Di Kelas melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif secara Periodik. Indonesian Journal of Basic Education, 1(3), 381–391.
Irianti, N. (2022). Penerapan Supervisi Kolaboratif untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di SD Negeri 3 Sedayu Kecamatan Turen Kabupaten Malang Semester I Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2(1), 23–29. https://doi.org/10.28926/jtpdm.v2i1.308
Jokomarsono, W. (2019). Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 4(1), 42. https://doi.org/10.26740/jdmp.v4n1.p42-59
Lalupanda, M. E. (2019). Implementasi Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Mutu Guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 62–72.
Maisaroh, S. (2020). Penerapan Pendekatan Supervisi Kolaboratif Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru SDN Brudu Jombang. Jurnal Simki Pedagogia, 3(6), 51–60. https://doi.org/10.54543/fusion.v1i03.58
Muizzuddin, M. (2019). Pengembangan Profesionalisme Guru dan Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 7(1), 127–140. https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2957
Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosadakarya.
Mustikeni. (2019). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif di SDN 2 Setanggor. EDISI: Jurnal Edukasi Dan Sains, 1(2), 310–321.
Mutahajar, M. (2019). Penerapan Supervisi Kolaboratif untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru SDN 6 Jurit Kecamatan Pringgasela. Bintang, 1, 282–303.
Purwanto, M. . (2007). Administrasi dan Supervisi Pendidikan.
Sahertian, P. A. (2008). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan.
Shaifudin, A. (2020). SUPERVISI PENDIDIKAN Arif Shaifudin. El-Wahda: Jurnal Pendidikan, 1(2), 36–37.
Sirojuddin, A., Aprilianto, A., & Zahari, E. N. (2022). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Chalim Journal of Teaching and Learning, 1(2), 730–743. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v8i1.415
Solehudin, U. (2020). Supervisi Kolaboratif dapat Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 364. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.29090
Suchyadi, Y., Mirawati, M., Anjaswuri, F., & Destiana, D. (2022). Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 67–71. https://doi.org/10.33751/jmp.v10i1.6155
Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258–264. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.30
Yulmasita Bagou, D., & Suking, A. (2020). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Jambura Journal of Educational Management, 1(September), 122–130. https://doi.org/10.37411/jjem.v1i2.522
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhamad Darif, Sudadio Sudadio, Yuyu Yuhana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.