INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA PADA SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS FLIPBOOK MAKER

Authors

  • Sugeng Triyanto IKIP PGRI Pontianak
  • Muhammad Suhairi IKIP PGRI Pontianak
  • Suriani Sari

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v22i2.7626

Keywords:

media pembelajaran, kurikulum merdeka, bahaya narkoba, flipbook maker

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis flipbook maker yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka untuk siswa sekolah dasar, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani. Metode penelitian menggunakan Research and Development dengan model ADDIE. Subjek uji coba terdiri dari 3 guru dan 71 siswa sekolah dasar, yang mengikuti skala uji coba kecil dan besar. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket untuk mendapatkan umpan balik dari guru dan siswa, serta tes untuk mengukur efektivitas pembelajaran melalui pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Kurikulum Merdeka berbasis flipbook maker sangat layak, dengan persentase kelayakan materi Kesehatan 85%, materi pendidikan 96%, dan media 91,1%. Respon guru dan siswa pada skala kecil dan besar juga menunjukkan tingkat penerimaan yang tinggi. Media pembelajaran ini terbukti lebih efektif dari pada modul cetak, dengan nilai t hitung sebesar 21,205 yang menunjukkan efektivitas media ini dalam meningkatkan pemahaman siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z. (2007). Analisis Kebutuhan Pembelajaran dan Analisis Pembelajaran dalam Desain Sistem Pembelajaran. Jurnal Suhuf, 19(1), 60–69.

Agus Irianto, dkk. (2021). Survei Nasional Penyalah Gunaan Narkoba Tahun 2021. Jakarta: Pusat Penelitian, Data, dan Informasi Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia.

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.

Alfian, A. N., Putra, M. Y., Arifin, R. W., Barokah, A., Safei, A., & Julian, N. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(1), 75–84.

Asmi, A. R., Dhita Surbakti, A. N., & C., H. (2018). E-Module Development Based Flip Book Maker for Character Building in Pancasila Coursework Sriwijaya University. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(1), 1.

Astuti, A., Panjaitan, R. G. P., & Titin, T. (2021). Kelayakan Media Video Pembelajaran pada Submateri Sistem Endokrin. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(2), 290.

Erawati, N. K., Purwati, N. K. R., & Saraswati, I. D. A. P. D. (2022). Pengembangan E-Modul Logika Matematika Dengan Heyzine untuk Menunjang Pembelajaran di SMK. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 8(2), 71–80.

Fitri, A. Z., & Haryanti, N. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan.

Hadi, H., & Agustina, S. (2016). Pengembangan Buku Ajak Geografi Desa-Kota Menggunakan Model ADDIE. Jurnal Educatio, 11(1), 90–105.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hidayatullah, M. S., & Rakhmawati, L. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flip Book Maker pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar di SMK Negeri 1 Sampang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1), 83–88.

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27.

Kurniawan, F. Y., Siahaan, S. M., & Hartono, H. (2020). Pengembangan multimedia interaktif berbasis adventure game pada materi prinsip animasi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 183–195.

Made Intan Asri Devi, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 417–428.

Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86.

Manzil, E. F., & Thohir, M. A. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Heyzine Flipbook Berbasis Scientific. Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 31(2), 112–126.

Minarta, S. M., & Pamungkas, H. P. (2022). Efektivitas Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Man 1 Lamongan. OIKOS Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, VI(Vol 6 No 2), 189–199.

Mulyaningsih, N. N., & Saraswati, D. L. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Dengan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 25.

Noor Mayaminiy Maulidah, Achmad Dhany Fachrudin, & Lailatul Mubarokah. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Aplikasi Android Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 7(1), 75–84.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru (2007).

Putra, A. D., Yulianti, D., & Fitriawan, H. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Flipbook Digital untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2173–2177.

Rahmayanty, D., Addinda, D., Oktrianda, A., & Ananda, S. (2023). Pemahaman Tentang Bahaya Narkoba Terhadap Pendidikan Karakter Anak. Jurnal Basicedu, 7(6), 3441–3449.

Ritonga, A. P., Andini, N. P., & Iklmah, L. (2022). Pengembangan Bahan Ajaran Media. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 343–348.

Rozi, B. (2020). Problematika Pendidikan Islam di Era Revolusi Industri 5.0. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 33–47.

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147.

Yang, L., Susanti, W., Hajjah, A., Marlim, Y. N., & Tendra, G. (2022). Perancangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(1), 122–136.

Zahir, A., Nasser, R., Supriadi, S., & Jusrianto, J. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang SD Kabupaten Luwu Timur. Jurnal IPMAS, 2(2), 55–62.

Downloads

Published

2025-01-06

How to Cite

Triyanto, S., Suhairi, M., & Sari, S. (2025). INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA PADA SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS FLIPBOOK MAKER. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 22(2), 332–345. https://doi.org/10.31571/edukasi.v22i2.7626

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)