INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA PADA SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS FLIPBOOK MAKER
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v22i2.7626Keywords:
media pembelajaran, kurikulum merdeka, bahaya narkoba, flipbook makerAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis flipbook maker yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka untuk siswa sekolah dasar, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani. Metode penelitian menggunakan Research and Development dengan model ADDIE. Subjek uji coba terdiri dari 3 guru dan 71 siswa sekolah dasar, yang mengikuti skala uji coba kecil dan besar. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket untuk mendapatkan umpan balik dari guru dan siswa, serta tes untuk mengukur efektivitas pembelajaran melalui pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Kurikulum Merdeka berbasis flipbook maker sangat layak, dengan persentase kelayakan materi Kesehatan 85%, materi pendidikan 96%, dan media 91,1%. Respon guru dan siswa pada skala kecil dan besar juga menunjukkan tingkat penerimaan yang tinggi. Media pembelajaran ini terbukti lebih efektif dari pada modul cetak, dengan nilai t hitung sebesar 21,205 yang menunjukkan efektivitas media ini dalam meningkatkan pemahaman siswa.
Downloads
References
Abidin, Z. (2007). Analisis Kebutuhan Pembelajaran dan Analisis Pembelajaran dalam Desain Sistem Pembelajaran. Jurnal Suhuf, 19(1), 60–69.
Agus Irianto, dkk. (2021). Survei Nasional Penyalah Gunaan Narkoba Tahun 2021. Jakarta: Pusat Penelitian, Data, dan Informasi Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia.
Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.
Alfian, A. N., Putra, M. Y., Arifin, R. W., Barokah, A., Safei, A., & Julian, N. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(1), 75–84.
Asmi, A. R., Dhita Surbakti, A. N., & C., H. (2018). E-Module Development Based Flip Book Maker for Character Building in Pancasila Coursework Sriwijaya University. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(1), 1.
Astuti, A., Panjaitan, R. G. P., & Titin, T. (2021). Kelayakan Media Video Pembelajaran pada Submateri Sistem Endokrin. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(2), 290.
Erawati, N. K., Purwati, N. K. R., & Saraswati, I. D. A. P. D. (2022). Pengembangan E-Modul Logika Matematika Dengan Heyzine untuk Menunjang Pembelajaran di SMK. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 8(2), 71–80.
Fitri, A. Z., & Haryanti, N. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan.
Hadi, H., & Agustina, S. (2016). Pengembangan Buku Ajak Geografi Desa-Kota Menggunakan Model ADDIE. Jurnal Educatio, 11(1), 90–105.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hidayatullah, M. S., & Rakhmawati, L. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flip Book Maker pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar di SMK Negeri 1 Sampang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1), 83–88.
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27.
Kurniawan, F. Y., Siahaan, S. M., & Hartono, H. (2020). Pengembangan multimedia interaktif berbasis adventure game pada materi prinsip animasi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 183–195.
Made Intan Asri Devi, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 417–428.
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86.
Manzil, E. F., & Thohir, M. A. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Heyzine Flipbook Berbasis Scientific. Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 31(2), 112–126.
Minarta, S. M., & Pamungkas, H. P. (2022). Efektivitas Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Man 1 Lamongan. OIKOS Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, VI(Vol 6 No 2), 189–199.
Mulyaningsih, N. N., & Saraswati, D. L. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Dengan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 25.
Noor Mayaminiy Maulidah, Achmad Dhany Fachrudin, & Lailatul Mubarokah. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Aplikasi Android Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 7(1), 75–84.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru (2007).
Putra, A. D., Yulianti, D., & Fitriawan, H. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Flipbook Digital untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2173–2177.
Rahmayanty, D., Addinda, D., Oktrianda, A., & Ananda, S. (2023). Pemahaman Tentang Bahaya Narkoba Terhadap Pendidikan Karakter Anak. Jurnal Basicedu, 7(6), 3441–3449.
Ritonga, A. P., Andini, N. P., & Iklmah, L. (2022). Pengembangan Bahan Ajaran Media. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 343–348.
Rozi, B. (2020). Problematika Pendidikan Islam di Era Revolusi Industri 5.0. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 33–47.
Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147.
Yang, L., Susanti, W., Hajjah, A., Marlim, Y. N., & Tendra, G. (2022). Perancangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(1), 122–136.
Zahir, A., Nasser, R., Supriadi, S., & Jusrianto, J. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang SD Kabupaten Luwu Timur. Jurnal IPMAS, 2(2), 55–62.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sugeng Triyanto, Muhammad Suhairi, Suriani Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.