Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament Berbantuan Media Teka-Teki Silang terhadap Motivasi Siswa pada Materi Koloid
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament berbantuan media teka-teki silang terhadap motivasi belajar siswa pada materi Koloid. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA yang berjumlah 120 siswa. Sampel penelitian yaitu siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3 yang berjumlah 80 siswa menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan komunikasi langsung dan observasi langsung. Alat pengumpul data menggunakan panduan wawancara dan pedoman observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament berpengaruh terhadap motivasi siswa sebesar 96,64%; (2) Terdapat perbedaan motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan teams game tournament berbantuan media teka-teki silang dan metode ceramah pada materi Koloid; dan (3) Nilai effect size motivasi siswa sebesar 1,83.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD PDFDOI: https://doi.org/10.31571/edukasi.v16i1.779
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Selviana Safitri, Rizmahardian A Kurniawan, Raudhatul Fadhilah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXING AND ARCHIVING



































PUBLISHED BY
Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM)
Unit Penelitian dan Publikasi Ilmiah
IKIP PGRI Pontianak
Gedung Rektorat Lt. 2, Jl. Ampera No. 88, Pontianak, Kalimantan Barat - 78116
e-mail: edukasi.ikippgriptk@gmail.com
e-ISSN 2407-1803 (electronic)
p-ISSN 1829-8702 (print)
Edukasi: Jurnal Pendidikan is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License