PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PADA METODE PjBL UNTUK BELAJAR MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA SMA PADANG

Authors

  • Yetty Morelent Universitas Bung Hatta
  • Syofiani Universitas Bung Hatta
  • Risa Yulisna Universitas Bung Hatta
  • Fhazilla Fathi Nissa Universitas Bung Hatta

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v22i2.7799

Keywords:

Pengembangan Modul, PjBL, Menulis Cerpen

Abstract

Penelitian ini merupakan pengembangan produk modul berbasis PjBL terhadap materi pembelajaran menulis teks cerpen siswa SMA di Padang. Jenis penelitian pada artikel ini menggunakan model 4D yang memiliki 4 tahap. Hasil dari penelitian ini adalah validitas Modul Berbasis Metode PjBL untuk pembelajaran menulis cerpen sebesar 85,69 (valid). Praktikalitas modul oleh guru 94,11 (sangat praktis). Uji coba pertama menunjukkan tingkat praktisi siswa 90,41 (sangat praktis), sedangkan uji coba kedua menunjukkan tingkat praktisi 92,46 (sangat praktis). Efektivitas modul berasal dari nilai hasil belajar pretes siswa dengan nilai 66,4 (cukup) dan postes dengan rata-rata 78,0 (baik), serta aktivitas dengan ketercapaian 85,6 (baik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan modul berbasis PjBL memiliki tiga tahap, yaitu pendefinisian dan perancangan juga pengembangan. Selain itu, modul berbasis metode PjBL valid, praktis, dan juga efektif dalam mengajarkan menulis teks cerpen kepada siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, E. S., & Lestari, R. D. (2018). Penerapan Metode Mengikat Makna dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Mahasiswa IKIP Siliwangi Bandung. Sematik, 7(1), 1–13.

Berti, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Cerpen Dengan Metode P2R dan Berpikir-Berpasangan-Berbagi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6), 1234–1242.

Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta : Rajawali Pers

Damayanti, et all. (2023). Strategi Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl). Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 706–719.

Diamar, P., Kuswanto, J., & Okta, J. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Interaktif Pada Mata Pelajaran PKn Kelas VIII. Baturaja Journal of Educational Technology, 3(2), 200–206.

Fitriawati Musyafa, N. (2020). Penggunaan Model Picture and Picture dalam Pembelajaran Menulis Cerpen. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 9(1), 37.

Florentina Turnip, R., & Karyono, H. (2021). Pengembangan E-modul Matematika Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 9(2), 485–498.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

K.N. Widyatnyana. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Pada Materi Teks Cerpen Dengan Menggunakan Media Canva for Education. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(2), 229–236.

Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Dengan Media Storyboard Pada Siswa Kelas X Sma. DIGLOSIA : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 1–12.

Kiki Fatmawati, M. Syahran Jailani, Jum’atun Hasanah, & Rinja Efendi. (2023). Validitas, Praktikalitas, Dan Efektivitas Modul Ajar Berbasis Kontekstual. Primary Education Journal (Pej), 7(1), 20–28.

Lestari, L., Alberida, H., & Rahmi, Y. L. (2018). Validitas dan Praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Kingdom Plantae Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(2), 170.

Magdalena, I., Ramadanti, F., Az-Zahra, R., Kunci, K., Belajar, :, & Ajar, B. (2021). Analisis Bahan Ajar Dalam Kegiatan Belajar Dan Mengajar Di Sdn Karawaci 20. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(3), 434–459.

Mailina, S., & Hafrison, M. (2022). Karakteristik Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Kota Solok. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 10516–10522.

Maulina, H., Hariana Intiana, S. R., & Safruddin, S. (2021). Analisis Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 482–486.

Nurhadi. (2016). Teknik Membaca. Jakarta: Bumi Aksara

Novita, I. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerpen Berdasarkan Teknik Storyboard pada Siswa Kelas XI SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(1), 46–52.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Rohman, P. N., Na’im, M., & Sumardi, S. (2021). Pengembangan media berbasis prezi pada mata pelajaran sejarah kelas X SMA dengan model 4d. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 1–9.

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83.

Trianto. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2025-01-10

How to Cite

Morelent, Y., Syofiani, Yulisna, R., & Nissa, F. F. (2025). PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PADA METODE PjBL UNTUK BELAJAR MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA SMA PADANG. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 22(2), 363–378. https://doi.org/10.31571/edukasi.v22i2.7799

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)