Need Assessment Penerapan Media Pembelajaran Pengenalan Hardware Jaringan Komputer Berbasis Augmented Reality

Authors

  • Muhamad Arpan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat http://orcid.org/0000-0003-4905-0116
  • Ridho Dedy Arief Budiman Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Unung Verawardina Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v16i1.834

Keywords:

analisis kebutuhan, media pembelajaran, augmented reality

Abstract

Tujuan penelitian untuk menganalisis kebutuhan dalam penerapan media pembelajaran Pengenalan Hardware Jaringan Komputer berbasis augmented reality. Metode penelitian menggunakan survei. Subjek penelitian mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer IKIP PGRI Pontianak. Teknik pengumpul data menggunakan komunikasi tidak langsung. Alat pengumpul data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian adalah: (1) Dari 65 responden, hanya 1 (satu) orang yang tidak memiliki smartphone dengan sistem operasi Android; (2) Sebanyak 65 responden (100%) setuju apabila materi Pengenalan Hardware Jaringan Komputer menggunakan media pembelajaran berbasis augmented reality dengan berbagai alasan. Alasan yang paling banyak adalah karena tampilan 2-dimensi atau 3-dimensi dari media augmented reality sebesar 23,1%; dan (3) Kendala yang mungkin dihadapi jika media pembelajaran berbasis augmented reality diterapkan adalah responden belum memahami penggunaan media berbasis augmented reality sebesar 69,2% dan responden memiliki spesifikasi smartphone yang tidak mendukung sebesar 24,6%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-06-30

How to Cite

Arpan, M., Budiman, R. D. A., & Verawardina, U. (2018). Need Assessment Penerapan Media Pembelajaran Pengenalan Hardware Jaringan Komputer Berbasis Augmented Reality. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(1), 48–56. https://doi.org/10.31571/edukasi.v16i1.834

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)