Peningkatan Menulis Karya Ilmiah Berbahasa Inggris dengan Metode Task Based Language Teaching Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

Dian Shinta Sari, Hamid Asman, Rodhi Rodhi

Abstract


Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris melalui penggunaan metode Task Based Language Teaching (TBLT) dalam menulis karya ilmiah. Desain penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian adalah 30 mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Introduction to Thesis Writing. Teknik pengumpul data menggunakan pengukuran dan pengamatan langsung. Alat pengumpul data menggunakan tes dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode TBLT terbukti meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa, interaksi dalam pembelajaran, dan kemandirian mahasiswa; (2) Peningkatan rerata kemampuan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah yang pada siklus I hasilnya 5,21 meningkat menjadi 7,1 pada siklus II; dan (3) Proses belajar mengajar penulisan karya ilmiah lebih berbobot, menarik, dan menyenangkan.                                                                                                                                    


Keywords


Task Based Language Teaching; keterampilan menulis; peningkatan

Full Text:

DOWNLOAD PDF


DOI: https://doi.org/10.31571/edukasi.v16i1.841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Dian Shinta Sari, Hamid Asman, Rodhi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING AND ARCHIVING

 JournalStories Main Logo



PUBLISHED BY

Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM)
Unit Penelitian dan Publikasi Ilmiah
IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2, Jl. Ampera No. 88, Pontianak, Kalimantan Barat - 78116
e-mail: edukasi.ikippgriptk@gmail.com



e-ISSN 2407-1803 (electronic)

p-ISSN 1829-8702 (print)

 

Edukasi: Jurnal Pendidikan is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License