Peningkatan Menulis Karya Ilmiah Berbahasa Inggris dengan Metode Task Based Language Teaching Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

Authors

  • Dian Shinta Sari Pendidikan Bahasa Inggris, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Hamid Asman Pendidikan Bahasa Inggris, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Rodhi Rodhi Pendidikan Bahasa Inggris, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v16i1.841

Keywords:

Task Based Language Teaching, keterampilan menulis, peningkatan

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris melalui penggunaan metode Task Based Language Teaching (TBLT) dalam menulis karya ilmiah. Desain penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian adalah 30 mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Introduction to Thesis Writing. Teknik pengumpul data menggunakan pengukuran dan pengamatan langsung. Alat pengumpul data menggunakan tes dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode TBLT terbukti meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa, interaksi dalam pembelajaran, dan kemandirian mahasiswa; (2) Peningkatan rerata kemampuan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah yang pada siklus I hasilnya 5,21 meningkat menjadi 7,1 pada siklus II; dan (3) Proses belajar mengajar penulisan karya ilmiah lebih berbobot, menarik, dan menyenangkan.                                                                                                                                    

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-06-19

How to Cite

Sari, D. S., Asman, H., & Rodhi, R. (2018). Peningkatan Menulis Karya Ilmiah Berbahasa Inggris dengan Metode Task Based Language Teaching Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(1), 104–115. https://doi.org/10.31571/edukasi.v16i1.841

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)