Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Visualisasi Berbantu Macromedia Flash pada Pembelajaran Matematika
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan media LKS digital dengan visualisasi berbantuan macromedia flash dalam pembelajaran Matematika. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 40 Semarang pada semester genap. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII D dan VIII E. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian R&D. Penelitian dilakukan dengan dua tahap. Tahap pertama untuk pengembangan produk menggunakan model ADDIE dan tahap kedua untuk menguji keefektifan produk melalui tes uji coba. Uji keefektifan dapat dilihat dengan uji-t pihak kanan. Teknik pengumpulan data menggunakan pengukuran dan komunikasi tidak langsung. Alat pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Hasil penelitian yaitu pembelajaran menggunakan LKS digital dengan visualisasi berbantu macromedia flash lebih efektif daripada pembelajaran konvensional.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD PDFDOI: https://doi.org/10.31571/edukasi.v16i1.842
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Indry Anggraeni Arahim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXING AND ARCHIVING



































PUBLISHED BY
Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM)
Unit Penelitian dan Publikasi Ilmiah
IKIP PGRI Pontianak
Gedung Rektorat Lt. 2, Jl. Ampera No. 88, Pontianak, Kalimantan Barat - 78116
e-mail: edukasi.ikippgriptk@gmail.com
e-ISSN 2407-1803 (electronic)
p-ISSN 1829-8702 (print)
Edukasi: Jurnal Pendidikan is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License