Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Visualisasi Berbantu Macromedia Flash pada Pembelajaran Matematika

Authors

  • Indry Anggraeni Arahim Magister Pendidikan Matematika, Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v16i1.842

Keywords:

LKS, macromedia flash, visualisasi

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan media LKS digital dengan visualisasi berbantuan macromedia flash dalam pembelajaran Matematika. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 40 Semarang pada semester genap. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII D dan VIII E. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian R&D. Penelitian dilakukan dengan dua tahap. Tahap pertama untuk pengembangan produk menggunakan model ADDIE dan tahap kedua untuk menguji keefektifan produk melalui tes uji coba. Uji keefektifan dapat dilihat dengan uji-t pihak kanan. Teknik pengumpulan data menggunakan pengukuran dan komunikasi tidak langsung. Alat pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Hasil penelitian yaitu pembelajaran menggunakan LKS digital dengan visualisasi berbantu macromedia flash lebih efektif daripada pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-06-19

How to Cite

Arahim, I. A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Visualisasi Berbantu Macromedia Flash pada Pembelajaran Matematika. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(1), 116–123. https://doi.org/10.31571/edukasi.v16i1.842

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)