Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Visualisasi Berbantu Macromedia Flash pada Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v16i1.842Keywords:
LKS, macromedia flash, visualisasiAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan media LKS digital dengan visualisasi berbantuan macromedia flash dalam pembelajaran Matematika. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 40 Semarang pada semester genap. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII D dan VIII E. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian R&D. Penelitian dilakukan dengan dua tahap. Tahap pertama untuk pengembangan produk menggunakan model ADDIE dan tahap kedua untuk menguji keefektifan produk melalui tes uji coba. Uji keefektifan dapat dilihat dengan uji-t pihak kanan. Teknik pengumpulan data menggunakan pengukuran dan komunikasi tidak langsung. Alat pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Hasil penelitian yaitu pembelajaran menggunakan LKS digital dengan visualisasi berbantu macromedia flash lebih efektif daripada pembelajaran konvensional.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.