KELAYAKAN BUKU AJAR MATA KULIAH PEMBELAJARAN IPA SD BAGI MAHASISWA PGSD

Nelly Wedyawati, Yasinta Lisa

Abstract


Penelitian bertujuan mengetahui kelayakan dan efektivitas buku ajar pembelajaran IPA SD untuk mahasiswa PGSD. Indikator kelayakan pakar Pembelajaran; isi, penyajian, dan kebahasaan. Indikator kelayakan pakar media; ukuran buku ajar, desain cover, dan desain isi. Indikator kelayakan dosen adalah kejelasan, kesesuaian dengan kurikulum, keutuhan penerimaan, pengaruh produk, ketepatan waktu dan kepraktisan. Tahapan penelitian R&D; studi pendahuluan, perancangan produk, validasi pakar, implementasi produk dan sosialisasi. Alat pengumpul data; angket, soal tes, dan dokumentasi. Data kualitatif dianalisis dengan hitungan persentase. Data kuantitatif diujiprasyaratkan dan uji hipotesis. Hasil menunjukkan produk sangat baik (96,1), penilaian dari pengguna buku sangat baik (90,1). Hasil implementasi menunjukkan sebaran data normal dan tidak homogen. Sehingga uji hipotesis menggunakan uji non parametrik diperoleh nilai p-level (0.000) < alpha artinya ada pengaruh penggunaan produk terhadap hasil belajar. Rata-rata hasil belajar sangat baik (95,31).  Kesimpulannya bahwa buku ajar mata kuliah pembelajaran IPA di SD sudah layak dan efektif untuk diimplementasikan.

 

Kata Kunci: buku ajar, pembelajaran IPA, mahasiswa, PGSD.

Full Text:

Download PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v16i2.943

Article Metrics

Abstract view : 388 times
Download PDF - 153 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nelly Wedyawati, Yasinta Lisa



INDEXING AND ARCHIVING



PUBLISHED BY

Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM)
Unit Penelitian dan Publikasi Ilmiah
IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2, Jl. Ampera No. 88, Pontianak, Kalimantan Barat - 78116
e-mail: edukasi.ikippgriptk@gmail.com



e-ISSN 2407-1803 (electronic)

p-ISSN 1829-8702 (print)

 

Edukasi: Jurnal Pendidikan is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License