PENERAPAN METODE PRAKTIKUM UNTUK MENGETAHUI RESPONS SISWA PADA SUBMATERI PERAN TUMBUHAN DI BIDANG EKONOMI

Endi Nursapikka, Entin Daningsih, Yokhebed Yokhebed

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui respons siswa terhadap praktikum pembuatan permen nanas (Ananas comosus (L.) Merr.). Implementasi metode praktikum memberikan contoh nyata penggunaan bahan tumbuhan untuk meningkatkan ekonomi. Pengukuran respons siswa terhadap praktikum pembuatan permen nanas menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dan pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket respons serta penilaian sikap, keterampilan, dan pengetahuan siswa saat melakukan praktikum. Pernyataan pada angket repons siswa terdiri dari pernyataan positif dan negatif berjumlah 12 pernyataan. Hasil respons siswa terhadap praktikum pembuatan permen nanas pada submateri peran tumbuhan di bidang ekonomi memperoleh persentase rata-rata 83,33% dan termasuk kategori sangat tinggi. Respons didukung oleh nilai sikap siswa dengan nilai rata-rata 92,06 termasuk kategori sangat tinggi, sedangkan nilai keterampilan siswa dengan nilai rata-rata 88,27 dan termasuk kategori sangat tinggi.

 

Kata Kunci: praktikum, permen nanas, respons siswa.

Full Text:

Download PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v16i2.944

Article Metrics

Abstract view : 72 times
Download PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Endi Nursapikka, Entin Daningsih, Yokhebed



INDEXED BY



MAPS



ISSN 1829-8702 (print)

ISSN 2407-1803 (electronic)

 

Published by

Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Unit Penelitian dan Publikasi Ilmiah
IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2, Jl. Ampera No. 88, Pontianak, Kalimantan Barat - 78116



Edukasi: Jurnal Pendidikan is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License