KELAYAKAN VIDEO ORGAN TUMBUHAN DI KELAS XI SMA

Mustika S, Entin Daningsih, Reni Marlina

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menguji kelayakan video organ tumbuhan sebagai media pembelajaran pada submateri organ tumbuhan di kelas XI. Penelitian menggunakan metode deskriptif. Pembuatan video organ tumbuhan dilakukan dengan memasukkan gambar, teks, animasi, narasi, dan audio menggunakan aplikasi software Wondershare Filmora Video Editor. Validasi media dilakukan oleh enam validator yang terdiri dari tiga ahli materi dan tiga ahli media. Ahli materi terdiri dari satu orang dosen Pendidikan Biologi dan dua orang guru Biologi yang menggunakan KTSP. Ahli media terdiri dari dua orang dosen ahli media dan guru Teknologi Informasi dan Komunikasi. Instrumen materi dan media mempunyai tiga dan empat aspek masing-masing. Validasi oleh ahli materi memperoleh RTVtk sebesar 3,67 sedangkan oleh ahli media memperoleh RTVtk sebesar 3,54. Hasil validasi menyatakan bahwa media video organ tumbuhan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada submateri organ tumbuhan.

 

Kata Kunci: kelayakan, video organ tumbuhan, validasi.


Full Text:

Download PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v16i2.964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edukasi: Jurnal Pendidikan



INDEXED BY



MAPS



ISSN 1829-8702 (print)

ISSN 2407-1803 (online)

 

Diterbitkan oleh

Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM)
Unit Penelitian dan Publikasi Ilmiah

IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2, Jl. Ampera No. 88, Pontianak
Kalimantan Barat - 78116



Edukasi: Jurnal Pendidikan is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License