PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MODUL BERBASIS POTENSI LOKAL PADA CALON GURU BIOLOGI

Yokhebed Yokhebed

Abstract


Kemampuan dalam memecahkan masalah merupakan kemampuan yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari atau dalam pekerjaan. Pembelajaran semestinya memberikan akses kepada peserta didik untuk memiliki pengalaman-pengalaman belajar yang memberikan kesempatan pada proses pemecahan masalah.  Penelitian bertujuan untuk mengetahui keterampilan pemecahan masalah melalui pembelajaran berbasis potensi lokal pada calon guru Biologi.  Metode penelitian  yang digunakan yaitu  penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Masing- masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data berupa lembar observasi keterampilan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan rata-rata keterampilan pemecahan masalah dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 3,13. Peningkatan keterampilan pemecahan masalah pada kelima aspek, yaitu: aspek keterampilan mengevaluasi masalah sebesar 0,37; mengelola masalah  0,32; mengambil keputusan 1,00; pemecahan masalah 0,76; dan mengevaluasi kesimpulan  0,67. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran berbasis potensi lokal meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada calon guru Biologi.

 

Kata Kunci: keterampilan pemecahan masalah, potensi lokal, calon guru biologi.

Full Text:

Download PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v16i2.966

Article Metrics

Abstract view : 216 times
Download PDF - 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Yokhebed



INDEXING AND ARCHIVING



PUBLISHED BY

Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM)
Unit Penelitian dan Publikasi Ilmiah
IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2, Jl. Ampera No. 88, Pontianak, Kalimantan Barat - 78116
e-mail: edukasi.ikippgriptk@gmail.com



e-ISSN 2407-1803 (electronic)

p-ISSN 1829-8702 (print)

 

Edukasi: Jurnal Pendidikan is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License