Sosialisasi Penggunaan Quizlet dalam Belajar Kosa Kata Bahasa Inggris pada Siswa SMKN 1 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.3934Keywords:
Quizlet, kosa kata, bahasa inggris, sosialisasiAbstract
Penggunaan aplikasi digital dalam bidang pendidikan dapat memberikan kemudahan dalam proses belajar mengajar. Salah satu aplikasi yang digunakan dalam belajar bahasa adalah aplikasi Quizlet. Pengenalan aplikasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan perbendaharaan kata (vocabulary) siswa dalam bahasa Inggris sekaligus diharapkan dapat meningkatkan keahlian berbahasa siswa dalam membaca, menulis, mendengar dan berbicara. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur menarik untuk dipelajari namun siswa belum pernah mendengar adanya aplikasi Quizlet apalagi menggunakannya sebagai media belajar. Oleh karena hal tersebut, maka dilakukan kegiatan sosialisasi pengenalan dan penggunaan Quizlet dalam pemerolehan kosa kata bahasa Inggris bagi siswa-siswa SMKN 1 Pekanbaru. Kegiatan sosialisasi ini berupa seminar dengan penjelasan materi secara deskriptif yang disampaikan dalam bentuk presentasi powerpoint dengan menggunakan laptop dan proyektor. Peserta pengabdian yaitu siswa-siswi SMKN 1 Pekanbaru. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa siswa tertarik untuk menggunakan aplikasi ini dengan menggunakan smartphone dan mampu melakukan ujicoba penggunaan Quizlet dengan baik. Belajar dengan Quizlet melalui perangkat ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, sehingga memberikan dorongan atau motivasi bagi siswa untuk belajar secara mandiri.
Downloads
References
Abdillah, D., & Thoririyah. (2018). Promoting students autonomy through Quizlet. English Language and Literature International Conference, 2, 211–215.
Anjaniputra, A. G., & Salsabila, V. A. (2018). the Merits of Quizlet for Vocabulary Learning At Tertiary Level. Indonesian EFL Journal, 4(2), 1. https://doi.org/10.25134/ieflj.v4i2.1370
Barella, Y., Rustiyarso, R., Bahari, Y., Zakso, A., Supriyadi, S., & Al Hidayah, R. (2021). Sosialisasi pemanfaatan e-book creator berbasis internet pada guru SMA Negeri 2 Sambas. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(3), 488-497.
Cinar, Ismail; Ari, A. (2019). The effects of quizlet on secondary school students’ vocabulary learning and attitudes towards english. Asian Journal of Instruction, 7(2), 60–73.
Fromkin, Victoria; Blair, David; Collins, P. C. (2000). An Introduction to Languange (4th ed.). Marrickville. N.S.W: Harcourt Australia Pty Limited.
Ghalebi, R., Sadighi, F., & Bagheri, M. S. (2020). Vocabulary learning strategies: A comparative study of EFL learners. Cogent Psychology, 7(1). https://doi.org/10.1080/23311908.2020.1824306
Khan, R. M. I., Radzuan, N. R. M., Shahbaz, M., Ibrahim, A. H., & Mustafa, G. (2018). The role of vocabulary knowledge in speaking development of Saudi EFL learners. Arab World English Journal (AWEJ), 9(1), 406–418.
Pan, Q., & Xu, R. (2011). Vocabulary teaching in English language teaching. Theory and Practice in Language Studies, 1(11), 1586–1589. https://doi.org/10.4304/tpls.1.11.1586-1589
Quizlet. (2019). Quizlet Impact Report. (Online), (https://quizlet.com/blog/2019-impact-report).
Richards, J. C., Richards, J. C., & Renandya, W. A. (Eds.). (2002). Methodology in language teaching: An anthology of current practice. Cambridge university press.
Sutherland, A. (2005). Quizlet. (Online), (https://quizlet.com).
Unicef. (2020). Menguatkan Pemblajaran Digital di Seluruh Indonesia: Rangkuman Penelitian. (Online), (https://www.unicef.org/indonesia/media/10536/file/Menguatkan Pembelajaran Digital di Seluruh Indonesia.pdf).
Wang, Han-Chung; Huang, Hung-Tzu; Hsu, C.-C. (2015). The Impact of Chooice of EFL Students Motivations and Engangement With L2 Vocabulary Learning. Taiwan Journal of Tesol, 12(2), 1–40.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.