Sosialisasi Penggunaan Quizlet dalam Belajar Kosa Kata Bahasa Inggris pada Siswa SMKN 1 Pekanbaru

Authors

  • Hafni Hafsah AMIK Tri Dharma Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.3934

Keywords:

Quizlet, kosa kata, bahasa inggris, sosialisasi

Abstract

Penggunaan aplikasi digital dalam bidang pendidikan dapat memberikan kemudahan  dalam proses belajar mengajar.  Salah satu aplikasi yang digunakan dalam belajar bahasa adalah aplikasi Quizlet. Pengenalan aplikasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan perbendaharaan kata (vocabulary) siswa dalam bahasa Inggris sekaligus diharapkan dapat meningkatkan keahlian berbahasa siswa dalam membaca, menulis, mendengar dan berbicara.  Aplikasi ini  memiliki beberapa fitur menarik untuk dipelajari namun siswa belum pernah mendengar adanya aplikasi Quizlet apalagi menggunakannya sebagai media belajar. Oleh karena hal tersebut, maka dilakukan kegiatan sosialisasi pengenalan dan penggunaan Quizlet dalam pemerolehan kosa kata bahasa Inggris bagi siswa-siswa SMKN 1 Pekanbaru.  Kegiatan sosialisasi ini berupa seminar dengan penjelasan materi secara deskriptif yang disampaikan dalam bentuk presentasi powerpoint dengan menggunakan laptop dan proyektor. Peserta pengabdian yaitu siswa-siswi SMKN 1 Pekanbaru. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa siswa tertarik untuk menggunakan aplikasi ini dengan menggunakan smartphone dan mampu melakukan ujicoba penggunaan Quizlet dengan baik. Belajar dengan Quizlet melalui perangkat ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, sehingga memberikan dorongan atau motivasi bagi siswa untuk belajar secara mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Hafni Hafsah, AMIK Tri Dharma Pekanbaru

I work as a lecturer at AMIK Tri Dharma Pekanbaru, Riau Povince.  major in English Education.  Currently work at computer engenering study program in field of english informatics.

References

Abdillah, D., & Thoririyah. (2018). Promoting students autonomy through Quizlet. English Language and Literature International Conference, 2, 211–215.

Anjaniputra, A. G., & Salsabila, V. A. (2018). the Merits of Quizlet for Vocabulary Learning At Tertiary Level. Indonesian EFL Journal, 4(2), 1. https://doi.org/10.25134/ieflj.v4i2.1370

Barella, Y., Rustiyarso, R., Bahari, Y., Zakso, A., Supriyadi, S., & Al Hidayah, R. (2021). Sosialisasi pemanfaatan e-book creator berbasis internet pada guru SMA Negeri 2 Sambas. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(3), 488-497.

Cinar, Ismail; Ari, A. (2019). The effects of quizlet on secondary school students’ vocabulary learning and attitudes towards english. Asian Journal of Instruction, 7(2), 60–73.

Fromkin, Victoria; Blair, David; Collins, P. C. (2000). An Introduction to Languange (4th ed.). Marrickville. N.S.W: Harcourt Australia Pty Limited.

Ghalebi, R., Sadighi, F., & Bagheri, M. S. (2020). Vocabulary learning strategies: A comparative study of EFL learners. Cogent Psychology, 7(1). https://doi.org/10.1080/23311908.2020.1824306

Khan, R. M. I., Radzuan, N. R. M., Shahbaz, M., Ibrahim, A. H., & Mustafa, G. (2018). The role of vocabulary knowledge in speaking development of Saudi EFL learners. Arab World English Journal (AWEJ), 9(1), 406–418.

Pan, Q., & Xu, R. (2011). Vocabulary teaching in English language teaching. Theory and Practice in Language Studies, 1(11), 1586–1589. https://doi.org/10.4304/tpls.1.11.1586-1589

Quizlet. (2019). Quizlet Impact Report. (Online), (https://quizlet.com/blog/2019-impact-report).

Richards, J. C., Richards, J. C., & Renandya, W. A. (Eds.). (2002). Methodology in language teaching: An anthology of current practice. Cambridge university press.

Sutherland, A. (2005). Quizlet. (Online), (https://quizlet.com).

Unicef. (2020). Menguatkan Pemblajaran Digital di Seluruh Indonesia: Rangkuman Penelitian. (Online), (https://www.unicef.org/indonesia/media/10536/file/Menguatkan Pembelajaran Digital di Seluruh Indonesia.pdf).

Wang, Han-Chung; Huang, Hung-Tzu; Hsu, C.-C. (2015). The Impact of Chooice of EFL Students Motivations and Engangement With L2 Vocabulary Learning. Taiwan Journal of Tesol, 12(2), 1–40.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Hafsah, H. (2022). Sosialisasi Penggunaan Quizlet dalam Belajar Kosa Kata Bahasa Inggris pada Siswa SMKN 1 Pekanbaru. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 674–687. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.3934