Sosialisasi Penggunaan Quizlet dalam Belajar Kosa Kata Bahasa Inggris pada Siswa SMKN 1 Pekanbaru
Abstract
Penggunaan aplikasi digital dalam bidang pendidikan dapat memberikan kemudahan dalam proses belajar mengajar. Salah satu aplikasi yang digunakan dalam belajar bahasa adalah aplikasi Quizlet. Pengenalan aplikasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan perbendaharaan kata (vocabulary) siswa dalam bahasa Inggris sekaligus diharapkan dapat meningkatkan keahlian berbahasa siswa dalam membaca, menulis, mendengar dan berbicara. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur menarik untuk dipelajari namun siswa belum pernah mendengar adanya aplikasi Quizlet apalagi menggunakannya sebagai media belajar. Oleh karena hal tersebut, maka dilakukan kegiatan sosialisasi pengenalan dan penggunaan Quizlet dalam pemerolehan kosa kata bahasa Inggris bagi siswa-siswa SMKN 1 Pekanbaru. Kegiatan sosialisasi ini berupa seminar dengan penjelasan materi secara deskriptif yang disampaikan dalam bentuk presentasi powerpoint dengan menggunakan laptop dan proyektor. Peserta pengabdian yaitu siswa-siswi SMKN 1 Pekanbaru. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa siswa tertarik untuk menggunakan aplikasi ini dengan menggunakan smartphone dan mampu melakukan ujicoba penggunaan Quizlet dengan baik. Belajar dengan Quizlet melalui perangkat ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, sehingga memberikan dorongan atau motivasi bagi siswa untuk belajar secara mandiri.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, D., & Thoririyah. (2018). Promoting students autonomy through Quizlet. English Language and Literature International Conference, 2, 211–215.
Anjaniputra, A. G., & Salsabila, V. A. (2018). the Merits of Quizlet for Vocabulary Learning At Tertiary Level. Indonesian EFL Journal, 4(2), 1. https://doi.org/10.25134/ieflj.v4i2.1370
Barella, Y., Rustiyarso, R., Bahari, Y., Zakso, A., Supriyadi, S., & Al Hidayah, R. (2021). Sosialisasi pemanfaatan e-book creator berbasis internet pada guru SMA Negeri 2 Sambas. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(3), 488-497.
Cinar, Ismail; Ari, A. (2019). The effects of quizlet on secondary school students’ vocabulary learning and attitudes towards english. Asian Journal of Instruction, 7(2), 60–73.
Fromkin, Victoria; Blair, David; Collins, P. C. (2000). An Introduction to Languange (4th ed.). Marrickville. N.S.W: Harcourt Australia Pty Limited.
Ghalebi, R., Sadighi, F., & Bagheri, M. S. (2020). Vocabulary learning strategies: A comparative study of EFL learners. Cogent Psychology, 7(1). https://doi.org/10.1080/23311908.2020.1824306
Khan, R. M. I., Radzuan, N. R. M., Shahbaz, M., Ibrahim, A. H., & Mustafa, G. (2018). The role of vocabulary knowledge in speaking development of Saudi EFL learners. Arab World English Journal (AWEJ), 9(1), 406–418.
Pan, Q., & Xu, R. (2011). Vocabulary teaching in English language teaching. Theory and Practice in Language Studies, 1(11), 1586–1589. https://doi.org/10.4304/tpls.1.11.1586-1589
Quizlet. (2019). Quizlet Impact Report. (Online), (https://quizlet.com/blog/2019-impact-report).
Richards, J. C., Richards, J. C., & Renandya, W. A. (Eds.). (2002). Methodology in language teaching: An anthology of current practice. Cambridge university press.
Sutherland, A. (2005). Quizlet. (Online), (https://quizlet.com).
Unicef. (2020). Menguatkan Pemblajaran Digital di Seluruh Indonesia: Rangkuman Penelitian. (Online), (https://www.unicef.org/indonesia/media/10536/file/Menguatkan Pembelajaran Digital di Seluruh Indonesia.pdf).
Wang, Han-Chung; Huang, Hung-Tzu; Hsu, C.-C. (2015). The Impact of Chooice of EFL Students Motivations and Engangement With L2 Vocabulary Learning. Taiwan Journal of Tesol, 12(2), 1–40.
DOI: https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.3934
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
LPPM IKIP PGRI Pontianak, Gedung Rektorat Lt. 2
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat - 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: gervasi.ikippgriptk@gmail.com
p-ISSN: 2598-6147 | e-ISSN: 2598-6155
VISITOR STATS: