Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran IPS Berbasis Literasi Bencana pada Guru MGMP
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.4863Keywords:
literasi bencana, guru IPS, perangkat pembelajaran, kurikulum IPSAbstract
Pendidikan memiliki sumbangan yang penting dalam membentuk masyarakat untuk memiliki literasi bencana. Jumlah korban bencana yang paling banyak adalah anak-anak dan belum terintegrasinya literasi bencana dalam bidang pendidikan di sekolah. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah turut berkontribusi dalam memberikan edukasi kepada masyarakat sekolah yang rawan terhadap bencana alam gempa bumi atau longsor khususnya wilayah Kabupaten Bandung Barat. Penggunaan metode informatif partisipatif diharapkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, guru IPS dibekali pengetahuan tentang bagaimana mengintegrasikan literasi bencana ke dalam pembelajaran melalui perangkat pembelajaran IPS. Lokasi pengabdian ini dipusatkan pada salah satu SMPN di Kabupaten Bandung Barat yang mudah dijangkau oleh peserta MGMP IPS dengan jumlah peserta yang hadir 30 orang. Pelaksanaan dimulai pada 31 Agustus 2022 sampai 2 September 2022. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian ini guru IPS di SMP Kabupaten Bandung Barat dapat menyusun perangkat pembelajaran IPS berbasis literasi bencana dengan baik.
Downloads
References
Creswell, J. (2014). John creswell research design qual and quant approaches. In Research Design Qual and Quant Approaches (3rd ed.). United Kingdom: Sage.
Desfandi, M. (2014). Urgensi kurikulum pendidikan kebencanaan berbasis kearifan lokal di indonesia [the urgency of disaster education curriculum based on local wisdom in indonesia}. Sosio Didaktika Sosial Science Education Journal, 1(2), 191–198.
Kimura, R., Hayashi, H., Kobayashi, K., Nishino, T., Urabe, K., & Inoue, S. (2017). Development of a “disaster management literacy hub†for collecting, creating, and transmitting disaster management content to increase disaster management literacy. Journal of Disaster Research, 12(1), 42–56.
Labudasari, E. dan R. E. (2020). Literasi Bencana Di Sekolah: Sebagai Edukasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Kebencanaan. Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 16(1), 41–48.
Maryani, E. (2021). The role of education and geography on disaster preparedness. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 683(1).
Maryani, E. (2010). Model Pembelajaran mitigasi bencana dalam ilmu pengetahuan sosial di sekolah menengah pertama. Jurnal Geografi Gea, 10(1), 42-58.
Minanto, A., & Ningsih, I. N. D. K. (2018). Literasi bencana di sekolah gunung merapi tentang mitigasi bencana dan kewarganegaraan transformatif. Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 17(2), 207-216.
Mohd. Robi Amri, D. (2016). Risiko bencana Indonesia. In Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Jakarta-Indonesia: Direktorat Pengurangan Risiko Bencana.
Purnama, E. P., Savitri, D. A., Pebriana, Y. R., & Purwasih, J. H. G. (2022). Edukasi kesiapsiagaan bencana gunung meletus melalui pembelajaran mosaik. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(3), 845–857.
Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., Sutisyana, A., & Prabowo, A. (2021). Workshop pembuatan bahan ajar kesiapsiagaan bencana alam dalam bentuk multimedia interaktif bagi guru pendidikan jasmani. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 217–229.
Shaw, R., Mallick, F., Takeuchi, Y., Essentials, B., & Tinggi, P. (2016). Pendidikan bencana tentang emerald, (Online), (www.emeraldinsight.com. Emerald Insight).
Supriatna, N. (2016). Ecopedagogy. Bandung: ROSDA.
Yanuarto, T. (2019). Buku saku tanggap tangkas tanguh menghadapi bencana, (Online), (www.bnpb.go.id).
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.