Edukasi Mewarnai Pola dalam Rangka Melatih Kreativitas Siswa Taman Kanak-Kanak

Authors

  • Gusi Putu Lestara Permana Universitas Pendidikan Nasional
  • Anggit Septio Budi Universitas Pendidikan Nasional
  • I Gusti Ngurah Darma Paramartha Universitas Pendidikan Nasional
  • I Made Sindhu Yoga Universitas Pendidikan Nasional
  • Putu Purnama Dewi Universitas Pendidikan Nasional
  • Kadek Adyatna Wedananta Universitas Pendidikan Nasional
  • Gede Humaswara Prathama Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5370

Keywords:

mewarnai, pola, taman kanak-kanak, edukasi

Abstract

Pendidikan usia dini adalah salah satu fase fundamental untuk kehidupan manusia khususnya anak-anak, fungsi dari pendidikan ini adalah untuk mengasah intuisi pengetahuan dan juga pembentukan karakter untuk kelanjutan pendidikan di jenjang berikutnya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) dilakukan di Taman Kanak-kanak (TK) Handayani bertujuan untuk memberikan edukasi kepada anak-anak TK dalam mewarnai dengan pola. Pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan PkM ini adalah penyampaian materi dan pendampingan kepada 36 anak-anak TK. Hasil PkM menunjukkan bahwa anak-anak telah mampu untuk menggambar mengikuti pola, memilih dan membedakan warna yang digunakan untuk mewarnai pola. PkM ini juga memberikan dampak dalam pengembangan imajinasi dan kemampuan motorik anak-anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aninditto, Widdiyanti, Yulimarni, Kabar, T., & Sundari, S. (2023). Pengenalan dan edukasi batik bagi anak usia dini di taman kanak-kanak pembina padangpanjang. Urnal Abdidas, 4(3), 257–264.

Aprianto, D., Rusandi, H., Hidayah, N., & Arfa, M. (2022). Mengembangkan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan pelatihan dengan media mewarnai. GHIRAH: Jurnal Pengabdian Dan Pengembangan Komunitas, 1(1).

Asmoro, P. D., Sujarwo, S., & Purnamasari, S. D. (2022). Meningkatkan motorik halus dengan metode mewarnai pada anak usia 4-6 tahun di paud as-syifa desa surabaya timur. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1111-1116.

Fitria, T. N. (2022). Coloring assistance for increased creativity of tpq nurul qoryah’s children. Jurnal BUDIMAS, 4(2).

Kusumaningtyas, K. (2016). Faktor pendapatan dan pendidikan keluarga terhadap perkembangan motorik halus anak usia 3-4 tahun. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 7(1), 52–59.

Linawati, N. (2021). Edukasi hidup hemat kepada siswa taman kanak-kanak melalui program pengabdian masyarakat. SHARE (Journal of Service Learning), 7(1), 38–45.

Lubis, H. Z., Fadila, R., Mastina, M., Daulay, F., & Fadhillah, N. (2022). Stimulasi kegiatan mewarnai untuk perkembangan anak usia dini. Jurnal PEMA Tarbiyah, 11(1).

Nurhayati. (2020). Pengaruh kegiatan mewarnai gambar terhadap kemampuan motorik halus anak tk kelompok b (effects of image coloring activities on the fine motor capabilities of kindergarten children group b). Atfaluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2), 65–73.

Rachmanto, F., Ashari, E. P., Baharudin, F. A., Nugroho, H. A., Putri, A. R., Wulandari, A., Faramida, H. N., Salsabilla, H., Niawati, P. O., Puspitasari, T. D., & Mujiyo, M. (2022). Upaya peningkatan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan menggambar dan mewarnai tote bag di dusun ngadirejo wetan, desa pondok, kecamatan ngadirojo, kabupaten wonogiri. AgriHealth: Journal of Agri-Food, Nutrition and Public Health, 3(1), 19. https://doi.org/10.20961/agrihealth.v3i1.57306

Subrata, N. K. A. S., Permana, G. P. L., Darma, I. M. W., & Sutama, I. W. (2023). Edukasi pembelajaran matematika kepada siswa kelas 1 sekolah dasar negeri nomor 4 desa tiga, kecamatan susut, kabupaten bangli. Jurnal Pengabdi, 6(1).

Sudono, A. (2010). Sumber belajar dan alat permainan untuk pendidikan anak usia dini. Grasindo.

Wardiningsih, S., Sujatini, S., & Dewi, E. P. (2019). Mewarnai Gambar Sebagai Salah satu upaya untuk menanamkan cinta alam dan lingkungan pada usia dini, di paud bahagia rw-02-kelurahan paseban. Jurnal Comunita Servizio, 1(1), 37–49.

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Lestara Permana, G. P., Budi, A. S., Ngurah Darma Paramartha, I. G., Sindhu Yoga, I. M., Dewi, P. P., Adyatna Wedananta, K., & Humaswara Prathama, G. (2023). Edukasi Mewarnai Pola dalam Rangka Melatih Kreativitas Siswa Taman Kanak-Kanak. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 942–949. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5370