Edukasi Mewarnai Pola dalam Rangka Melatih Kreativitas Siswa Taman Kanak-Kanak
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5370Keywords:
mewarnai, pola, taman kanak-kanak, edukasiAbstract
Pendidikan usia dini adalah salah satu fase fundamental untuk kehidupan manusia khususnya anak-anak, fungsi dari pendidikan ini adalah untuk mengasah intuisi pengetahuan dan juga pembentukan karakter untuk kelanjutan pendidikan di jenjang berikutnya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) dilakukan di Taman Kanak-kanak (TK) Handayani bertujuan untuk memberikan edukasi kepada anak-anak TK dalam mewarnai dengan pola. Pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan PkM ini adalah penyampaian materi dan pendampingan kepada 36 anak-anak TK. Hasil PkM menunjukkan bahwa anak-anak telah mampu untuk menggambar mengikuti pola, memilih dan membedakan warna yang digunakan untuk mewarnai pola. PkM ini juga memberikan dampak dalam pengembangan imajinasi dan kemampuan motorik anak-anak.
Downloads
References
Aninditto, Widdiyanti, Yulimarni, Kabar, T., & Sundari, S. (2023). Pengenalan dan edukasi batik bagi anak usia dini di taman kanak-kanak pembina padangpanjang. Urnal Abdidas, 4(3), 257–264.
Aprianto, D., Rusandi, H., Hidayah, N., & Arfa, M. (2022). Mengembangkan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan pelatihan dengan media mewarnai. GHIRAH: Jurnal Pengabdian Dan Pengembangan Komunitas, 1(1).
Asmoro, P. D., Sujarwo, S., & Purnamasari, S. D. (2022). Meningkatkan motorik halus dengan metode mewarnai pada anak usia 4-6 tahun di paud as-syifa desa surabaya timur. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1111-1116.
Fitria, T. N. (2022). Coloring assistance for increased creativity of tpq nurul qoryah’s children. Jurnal BUDIMAS, 4(2).
Kusumaningtyas, K. (2016). Faktor pendapatan dan pendidikan keluarga terhadap perkembangan motorik halus anak usia 3-4 tahun. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 7(1), 52–59.
Linawati, N. (2021). Edukasi hidup hemat kepada siswa taman kanak-kanak melalui program pengabdian masyarakat. SHARE (Journal of Service Learning), 7(1), 38–45.
Lubis, H. Z., Fadila, R., Mastina, M., Daulay, F., & Fadhillah, N. (2022). Stimulasi kegiatan mewarnai untuk perkembangan anak usia dini. Jurnal PEMA Tarbiyah, 11(1).
Nurhayati. (2020). Pengaruh kegiatan mewarnai gambar terhadap kemampuan motorik halus anak tk kelompok b (effects of image coloring activities on the fine motor capabilities of kindergarten children group b). Atfaluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2), 65–73.
Rachmanto, F., Ashari, E. P., Baharudin, F. A., Nugroho, H. A., Putri, A. R., Wulandari, A., Faramida, H. N., Salsabilla, H., Niawati, P. O., Puspitasari, T. D., & Mujiyo, M. (2022). Upaya peningkatan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan menggambar dan mewarnai tote bag di dusun ngadirejo wetan, desa pondok, kecamatan ngadirojo, kabupaten wonogiri. AgriHealth: Journal of Agri-Food, Nutrition and Public Health, 3(1), 19. https://doi.org/10.20961/agrihealth.v3i1.57306
Subrata, N. K. A. S., Permana, G. P. L., Darma, I. M. W., & Sutama, I. W. (2023). Edukasi pembelajaran matematika kepada siswa kelas 1 sekolah dasar negeri nomor 4 desa tiga, kecamatan susut, kabupaten bangli. Jurnal Pengabdi, 6(1).
Sudono, A. (2010). Sumber belajar dan alat permainan untuk pendidikan anak usia dini. Grasindo.
Wardiningsih, S., Sujatini, S., & Dewi, E. P. (2019). Mewarnai Gambar Sebagai Salah satu upaya untuk menanamkan cinta alam dan lingkungan pada usia dini, di paud bahagia rw-02-kelurahan paseban. Jurnal Comunita Servizio, 1(1), 37–49.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.