PENDIDIKAN NILAI KARAKTER BIMBINGAN DAN KONSELING DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK PONTIANAK

Penulis

  • Riki Maulana
  • Eli Trisnowati
  • Rustam Rustam
  • Novi Andriati

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v3i2.1576

Kata Kunci:

Pendidikan, Nilai Karakter, Bimbingan dan Konseling

Abstrak

Tujuan dari pengabdian ini adalah: 1) Memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada anak tentang pentingnya nilai karakter, 2) Menerapkan kepada anak nilai-nilai pendidikan karakter yang mencakup religius, nasionalis, integritas, mandiri dan gotong royong. Metode kegiatan menggunakan langkah-langkah: 1) Pesiapan, yaitu dengan cara survey di lapangan, 2) Kegiatan, dengan cara penanyangan slide materi dalam bentuk power point, 3) Pemutaran video tentang karakter, 4) Tanya jawab. Hasil kegiatan: 1) Seluruh anak mampu memahami materi yang diberikan dalam layanan klasikal, 2) Seluruh anak secara antusias dalam mengikuti kegiatan, kondisi ini dapat dilihat dari ketepatan waktu kehadiran hingga selesai kegiatan, dan banyaknya peserta yang bertanya serta terharu karena pemutaran video, 3) Masing-masing anak aktif dalam memberikan saran pada saat memberikan kesimpulan diakhir kegiatan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2020-01-21

Cara Mengutip

Maulana, R., Trisnowati, E., Rustam, R., & Andriati, N. (2020). PENDIDIKAN NILAI KARAKTER BIMBINGAN DAN KONSELING DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK PONTIANAK. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 254–263. https://doi.org/10.31571/gervasi.v3i2.1576