Peningkatan layanan informasi untuk ibu hamil di puskesmas berbasis short message service

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v5i3.2410

Kata Kunci:

aplikasi SMS, ibu hamil, layanan informasi, puskesmas

Abstrak

Puskesmas sebagai tempat pelayanan kesehatan tingkat pertama, pemberdayaan masyarakat, keluarga, dan pusat penggerak pembangunan berwawasan kesehatan bertanggung jawab meningkatkan kualitas pelayanannya melalui menyampaikan informasi yang tepat, cepat dan relevan dengan pasien, dalam upaya mencapai visi dan misinya. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan informasi dengan cara menerapkan otomatisasi layanan pengiriman notifikasi yang berkaitan dengan layanan kehamilan dan keluarga berencana serta layanan pengingat untuk ibu hamil ketika waktu pemberian imunisasi yang terjadwal telah tiba sehingga persentase kunjungan ibu hamil ke Puskesmas Talang Ratu dapat meningkat. Tahapan pelaksanaan pengabdian ini terdiri dari pengumpulan dan digitalisasi data, desain dan pengembangan aplikasi, implementasi dan pelatihan penggunaan aplikasi serta evaluasi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kunjungan ibu hamil ke puskesmas setelah diterapkan aplikasi. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi ini memiliki dampak positif terhadap peningkatan kualitas layanan puskesmas sehingga sangat relevan untuk diterapkan pada puskesmas lain di Kota Palembang

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Fery Antony, Universitas Indo Global Mandiri

Faculty of Computer Science

Rendra Gustriansyah, Universitas Indo Global Mandiri

Faculty of Computer Science

Nazori Suhandi, Universitas Indo Global Mandiri

Faculty of Computer Science

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-31

Cara Mengutip

Antony, F., Gustriansyah, R., & Suhandi, N. (2021). Peningkatan layanan informasi untuk ibu hamil di puskesmas berbasis short message service. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 439–450. https://doi.org/10.31571/gervasi.v5i3.2410