Pemberdayaan Guru dalam Pemanfaatan Sumber Belajar Online Matematika dan Sains dengan Pendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge

Penulis

  • Heni Safitri Universitas Terbuka
  • Dyah Aniza Kismiati
  • Sugilar Sugilar
  • Idha Novianti
  • Hartinawati Hartinawati
  • Sandra Sukmaning Adji

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3397

Kata Kunci:

pemberdayaan, sumber belajar, matematika, sains

Abstrak

Pendidik sudah semestinya dapat beradaptasi dalam menghadapi perkembangan dan perubahan teknologi saat ini. Namun perkembangan teknologi berkaitan dengan sumber belajar online belum dioptimalkan secara maksimal dalam proses pembelajaran yang efektif pada guru sekolah dasar. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan kemampuan kepada guru Sekolah Dasar dalam memanfaatkan sumber belajar online dengan pendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) sehingga dapat mengenali, memahami dan menggunakannya dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan. Kegiatan dilakukan secara daring dan mandiri. Kegiatan secara daring dilakukan dengan metode ekspositori, tanya jawab, praktik dan presentasi hasil. Kemudian kegiatan secara mandiri dilakukan dengan merancang perencanaan pembelajaran menggunakan sumber belajar online. Hasil menunjukkan bahwa guru terbantu dengan adanya pemberdayaan, guru sangat antusias mengikuti materi pemberdayaan dan tertarik untuk mengembangkan materi pembelajaran dengan memanfaatkan sumber belajar online berbasis pendekatan TPACK serta adanya program lanjutan yang memberikan informasi dan pemanfaatan sumber belajar online yang mudah dipraktikkan di kelas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-01

Cara Mengutip

Safitri, H., Kismiati, D. A., Sugilar, S., Novianti, I., Hartinawati, H., & Adji, S. S. (2022). Pemberdayaan Guru dalam Pemanfaatan Sumber Belajar Online Matematika dan Sains dengan Pendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 349–359. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3397