Pendampingan Literasi Dasar Santri Taman Pendidikan Qur’an Nurul Huda Melalui Pojok Baca di Kota Malang

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3886

Kata Kunci:

literasi dasar, budaya baca, pojok baca

Abstrak

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) Nurul Huda yakni mengembangkan literasi dasar santri melalui pojok baca. Kegiatan pengabdian dilakukan melalui metode pendampingan literasi kepada 115 siswa berusia 6-12 tahun jenjang sekolah dasar. Kegiatan tersebut dilakukan melalui ceramah, bercerita, dan pembiasaan membaca. TPQ hanya memiliki koleksi buku bacaan yang terbatas, serta belum ada kegiatan rutin untuk literasi. Hal ini merupakan tantangan untuk dibenahi sehingga harapannya dapat membantu meningkatkan motivasi belajar anak di masa pandemi Covid-19. Kegiatan membaca bersama di pojok baca dilakukan 30 menit sampai 1  jam diharapkan akan berdampak bagi perkembangan karakter dan pembiasaan literasi dasar siswa. Kegiatan “Ayo Membaca dan Berceritaâ€, berjalan dengan baik dan dilanjutkan oleh pengelola TPQ sebagai kegiatan rutin mingguan. Selain itu dengan kegiatan kerjasama bersama masyarakat di sekitar TPQ diharapkan menjadi keberlanjutan program yang semakin mendukung pembelajaran literasi dasar anak.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-01

Cara Mengutip

Istikomayanti, Y., Mitasari, Z., Trianawati, A., & Emqi, M. F. (2022). Pendampingan Literasi Dasar Santri Taman Pendidikan Qur’an Nurul Huda Melalui Pojok Baca di Kota Malang. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 452–463. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3886