PSIKOEDUKASI DAN FGD DALAM MEMBANGUN KOLABORASI ORANG TUA DAN GURU DI SDIT DARUL IHSAN PONTIANAK

Penulis

  • Ema Zati Baroroh IAIN PONTIANAK
  • Rizka Amalia Putri IAIN PONTIANAK
  • Amalia Andria Putri IAIN PONTIANAK

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i1.6978

Abstrak

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman orang tua dan guru terkait kolaborasi dan membantu keduanya untuk mencapai kesepakatan dalam kolaborasi. Lokasi pengabdian dilaksanakan di SDIT Darul Ihsan. Peserta pengabdian berjumlah 22 orang yang terdiri dari orang tua dan guru. Kegiatan pengabdian ini memiliki 2 tahap yaitu Psikoedukasi dan FGD. Psikoedukasi bertujuan untuk menambah pengetahuan peserta terkait kolaborasi. FGD bertujuan untuk menghasilkan kesepakatan kolaborasi antara orang tua dan guru. Pengabdian ini dilaksanakan pada Sabtu, 04 November 2023. Kuisioner yang terdiri dari 20 soal terkait kolaborasi orang tua dan guru digunakan sebagai instrumen untuk mengukur tingkat pemahaman peserta. Hasil kegiatan yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa ada perubahan tingkat pengetahuan peserta terkait kolaborasi orang tua dan guru. Selain itu pada kegiatan ini terciptanya 5 butir bentuk kolaborasi yang telah disepakati orang tua dan guru. Dengan adanya kegiatan ini, kolaborasi antara orang tua dan guru menjadi lebih optimal dengan kesepakatan yang telah tercapai.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Rizka Amalia Putri, IAIN PONTIANAK

iain

Amalia Andria Putri, IAIN PONTIANAK

iain

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-03

Cara Mengutip

Baroroh, E. Z., Amalia Putri, R., & Amalia Andria Putri. (2024). PSIKOEDUKASI DAN FGD DALAM MEMBANGUN KOLABORASI ORANG TUA DAN GURU DI SDIT DARUL IHSAN PONTIANAK. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 118–133. https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i1.6978