PENERAPAN ALAT PERAGA PAPAN AJAIB UNTUK MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN

Penulis

  • Arfatin Nurrahmah Universitas Indraprasta PGRI
  • Nurul Hikmah 3Universitas Indraprasta PGRI
  • Rita Kusumawardani 3Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v2i2.970

Abstrak

Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan di SMP Al-Nur Cibinong. Pengabdian masyarakat dilaksanakan dengan tujuan membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami dan mengerjakan soal-soal materi Operasi Hitung Pecahan. Dalam pembelajaran Matematika, suatu konsep mudah dipahami dan diingat oleh siswa jika konsep tersebut disajikan melalui prosedur dan langkah-langkah yang didesain secara tepat, jelas, dan menarik. Salah satu cara adalah dengan menggunakan media belajar, yaitu alat peraga. Alat peraga diharapkan dapat membantu memahami konsep Matematika dengan lebih mudah dan menyenangkan sehingga pengalaman belajar akan tertanam dengan baik. Guru dapat merangsang siswa untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran Matematika dengan menggunakan alat peraga Papan Ajaib untuk materi Operasi Hitung Pecahan. Alat peraga dapat digunakan dengan mudah hanya dengan meletakkan angka-angka di sebuah papan. Di dalam papan sudah terdapat alur untuk menghitungnya. Dengan begitu diharapkan penggunaan alat peraga dapat membantu mengatasi kesulitan belajar Matematika siswa  terutama dalam materi Operasi Hitung Pecahan.

 

Kata Kunci: penerapan, alat peraga, Papan Ajaib

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2018-12-31

Cara Mengutip

Nurrahmah, A., Hikmah, N., & Kusumawardani, R. (2018). PENERAPAN ALAT PERAGA PAPAN AJAIB UNTUK MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 124–134. https://doi.org/10.31571/gervasi.v2i2.970