IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP DEMOKRASI DALAM PEMILIHAN REKTOR IKIP PGRI PONTIANAK

Authors

  • Fety Novianty IKIP PGRI Pontianak
  • Sulha Sulha IKIP PGRI Pontianak
  • Lisa Angraini Febriyanti Prodi PPKN IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v3i1.1096

Keywords:

Prinsip-prinsip demokrasi, pemilihan rektor

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan memperoleh informasi serta kejelasan tentangimplementasi prinsip-prinsip demokrasidalam pemilihan rektor IKIP PGRI Pontianak. Secara khusus dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui secara rinci mengenai Bentuk prinsip-prinsip demokrasi dalam pemilihan rektor IKIP PGRI Pontianak, Pelaksanaan demokrasi di IKIP PGRIPontianak., dan Faktor yang mempengaruhi implementasi prinsip-prinsip demokrasidalam pemilihan rektor IKIP PGRI Pontianak. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dengan bentuk penelitian terapan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah komunikasi langsung, observasi langsung dan studi documenter dengan alat pengumpul datanya adalah pedoman wawancara, pedoman observasi dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah secara kualitatif yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian secara umum pelaksanaan pemilihan Rektor di Kampus IKIP PGRI Pontianak sudah dapat berjalan dengan baik. Bentuk demokrasi yang dilaksanakan dalam pemilihan ini adalah bentuk demokrasi perwakilan,. Faktor Yang Mempengaruhi Implementasi Prinsip-Prinsip Demokrasi dalam Pemilihan Rektor IKIP PGRI Pontianak dapat di kondisikan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari: a) pelaksanaan pemilihan rektor dilakukan dengan asas keterbukaan karena semuanya kita sampaikan lewat rapat maupun dalam pemilihan dan diikuti oleh anggota senat, b) ada mekanisme pemilihan jadi tidak semua dosen ikut dalam pemilihan. c) semua pemilih memiliki persamaan dan kesetaraan tidak ada yang kita beda-bedakan dalam pemilihan rektor. d) Kebebasan menjadi landasan dalam pemilihan rektordengan mengikuti STATUTA IKIP PGRI Pontianak, contohnya saja kebebasan dalam menentukan calon rektor yang mereka pilih. e) Prinsip kontrol terus dilakukan pada tugas dan kinerja rektor terpilih supaya tidak ada hal yang tidak di inginkan terjadi di lembaga.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fety Novianty, IKIP PGRI Pontianak

Dosen Program Studi PPKN Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak

Sulha Sulha, IKIP PGRI Pontianak

Dosen Program Studi PPKN Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak

Lisa Angraini Febriyanti, Prodi PPKN IKIP PGRI Pontianak

Program Studi PPKN Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak

References

Anis Ibrahim(2012). Faktor-Faktor Yang Menghambat Implementasi Prinsip Dasar Demokrasi dalam Proses Pembentukan Peraturan Daerah (Studi Di Kabupaten Lumajang). Diakses Selasa, 03 April 2012.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiyanto. (2007). Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA Kelas XI. Jakarta: PT. Erlangga

Darmadi, H. (2007). Pendidikan Pancasila dan Konsep Dasar dan Implementasi Bandung : Alfabeta

Darmadi, H. (2010). Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung : Alfabeta

Fuadi, M (2010). Konsep Negara Demokrasi. Bandung: PT. Refika Aditama

Rianto, H., & Moad, N. (2016). PERSEPSI MAHASISWA TENTANG DEMOKRASI DI KALIMANTAN BARAT. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 2(2), 158-172.

http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/sosial/article/view/102.

Philip B Kurland dan Ralph Lerner (eds.) jurnal bahasa asing The Founders’ Constitution(Chicago: University of ChicagoPress, 1987), atau http://press-ubs.uchicago.edu/ founders/ (diakses tanggal 27 Juni 2006)

Downloads

Published

2019-06-17

How to Cite

Novianty, F., Sulha, S., & Febriyanti, L. A. (2019). IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP DEMOKRASI DALAM PEMILIHAN REKTOR IKIP PGRI PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(1), 43–54. https://doi.org/10.31571/pkn.v3i1.1096

Issue

Section

Artikel Penelitian