PELAKSANAAN BLENDED LAERNING PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMAN 1 PEMENANG

Authors

  • Mujihad Akbar Tanganam Universitas Mataram
  • Edy Herianto Universitas Mataram
  • Basariah Basariah Universitas Mataram
  • Muhammad Ismail Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v6i2.4522

Keywords:

Blended learing, Pembelajaran PPKN

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mendeskrifsikan persiapan/perencanaan blended leaerning pada mata pelajaran PPKn, 2) pelaksanaan blended learning pada mata pelajaran PPKn, 3) penilaian/evaluasi selama pelaksanaan blended learning pada pelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran PPKn kelas XI IPA, siswa kelas XI IPA, dan pimpinan sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa pada saat mempersiapkan atau perencanaan blended learning pada mata pelajaran PPKn di SMAN 1 Pemenang, guru mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan dalam pelaksanaan pembelajaran seperti RPP, media, dan strategi pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan guru dan siswa melaksanakan blended learning disekolah dan dirumah, dan pada tahap penilaian evaluasi guru memberikan penilaian/evaluasi dengan menggunakan aspek apektif, kognitif, dan psikomotorik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, W., & Aritonang, I. B. (2022). Strategi pembelajaran blended learning dalam masa pandemi covid-19 terhadap hasil belajar PPKn di kelas V SDN percontohan pematang siantar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2022, 184–191.

Amanto, A. Q. A., & Khasanah, N. (2021). Blended Learning: Solusi Model Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, 1(1), 1–14.

Ansori, M. (2018). Desain dan Evaluasi Pembelajaran Blended Learning Berbasis Whatsapp Group (WAG). Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 120–134. https://doi.org/10.29062/dirasah.v1i1.56

Aritonang, I. B., Martin, R., & Akbar, W. (2021). Peran Model Pembelajaran Blanded Learning Dalam Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar PPKN di Kelas V UPTD SPF SDN Teluk Rumbia. Jurnal Kependidikan, 1(1), 1–14.

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, Pp. 586-595)., 2(1), 586–595.

Buchari, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106. https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.897

Dwiyogo, W. D. (2018). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: Rajawali Pers, 1–12.

Farozi, A. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 Di Kelas Iii B Mi Ma’Arif Mangunsari Salatiga …. In Skripsi. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/10385/

Fatimah, D. (2022). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. In Skripsi (Vol. 8, Issue 1). https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1888

Hasan, A. M. (2022). Penerapan Blended Learning Berbasis Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 50–58.

Idris, H. (2011). Pembelajaran Model Blended Learning. Jurnal Ilmiah Iqra’, 5(1), 61–73. https://doi.org/10.30984/jii.v5i1.562

Krissantono, W. (2013). Pemanfaatan Media Pembelajaran Meningkatkan Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas Vi Sdn 03 Kelampai. 1–14.

Noviansyah, A. (2020). Objek Assesment, Pengetahuan, Sikap, dan Keterampilan. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam Volume, 1(2), 136–149. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/3832/2780

Nurhadi, N. (2020). Blended Learning dan Aplikasinya di Era New Normal Pandemi Covid-19. Agriekstensia, 19(2), 121–128.

Rahayu, H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme peserta didik di era society 5.0 (studi kasus di SMP Negeri 36 Bandung). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2012, 1–7. http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/550%0Ahttp://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/download/550/439

Rohana, S., & Syahputra, A. (2021). Model Pembelajaran Blended Learning Pasca New Normal Covid-19. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 13(1), 48–59. https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.488

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan).

Suryana. (2010). Metodologi Penelitian Model Prakatis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Universitas Pendidikan Indonesia, 1–58. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Tanjung, R. D. A., Marnita, M., & Malik, A. (2020). Efektifitas Pengunaan Media/Alat Peraga Sederhana di Tengah Pandemi Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA di Desa Kubu Raya. JEMAS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(1), 48–51.

Widiasih, R., Widodo, J., & Kartini, T. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Bervariasi Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 103–107. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6454

Downloads

Additional Files

Published

2022-12-01

How to Cite

Tanganam, M. A., Herianto, E., Basariah, B., & Ismail, M. (2022). PELAKSANAAN BLENDED LAERNING PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMAN 1 PEMENANG. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 218–228. https://doi.org/10.31571/pkn.v6i2.4522

Issue

Section

Artikel Penelitian