PELAKSANAAN BLENDED LAERNING PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMAN 1 PEMENANG
DOI:
https://doi.org/10.31571/pkn.v6i2.4522Keywords:
Blended learing, Pembelajaran PPKNAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mendeskrifsikan persiapan/perencanaan blended leaerning pada mata pelajaran PPKn, 2) pelaksanaan blended learning pada mata pelajaran PPKn, 3) penilaian/evaluasi selama pelaksanaan blended learning pada pelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran PPKn kelas XI IPA, siswa kelas XI IPA, dan pimpinan sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa pada saat mempersiapkan atau perencanaan blended learning pada mata pelajaran PPKn di SMAN 1 Pemenang, guru mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan dalam pelaksanaan pembelajaran seperti RPP, media, dan strategi pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan guru dan siswa melaksanakan blended learning disekolah dan dirumah, dan pada tahap penilaian evaluasi guru memberikan penilaian/evaluasi dengan menggunakan aspek apektif, kognitif, dan psikomotorik.
Downloads
References
Akbar, W., & Aritonang, I. B. (2022). Strategi pembelajaran blended learning dalam masa pandemi covid-19 terhadap hasil belajar PPKn di kelas V SDN percontohan pematang siantar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2022, 184–191.
Amanto, A. Q. A., & Khasanah, N. (2021). Blended Learning: Solusi Model Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, 1(1), 1–14.
Ansori, M. (2018). Desain dan Evaluasi Pembelajaran Blended Learning Berbasis Whatsapp Group (WAG). Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 120–134. https://doi.org/10.29062/dirasah.v1i1.56
Aritonang, I. B., Martin, R., & Akbar, W. (2021). Peran Model Pembelajaran Blanded Learning Dalam Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar PPKN di Kelas V UPTD SPF SDN Teluk Rumbia. Jurnal Kependidikan, 1(1), 1–14.
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, Pp. 586-595)., 2(1), 586–595.
Buchari, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106. https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.897
Dwiyogo, W. D. (2018). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: Rajawali Pers, 1–12.
Farozi, A. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 Di Kelas Iii B Mi Ma’Arif Mangunsari Salatiga …. In Skripsi. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/10385/
Fatimah, D. (2022). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. In Skripsi (Vol. 8, Issue 1). https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1888
Hasan, A. M. (2022). Penerapan Blended Learning Berbasis Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 50–58.
Idris, H. (2011). Pembelajaran Model Blended Learning. Jurnal Ilmiah Iqra’, 5(1), 61–73. https://doi.org/10.30984/jii.v5i1.562
Krissantono, W. (2013). Pemanfaatan Media Pembelajaran Meningkatkan Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas Vi Sdn 03 Kelampai. 1–14.
Noviansyah, A. (2020). Objek Assesment, Pengetahuan, Sikap, dan Keterampilan. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam Volume, 1(2), 136–149. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/3832/2780
Nurhadi, N. (2020). Blended Learning dan Aplikasinya di Era New Normal Pandemi Covid-19. Agriekstensia, 19(2), 121–128.
Rahayu, H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme peserta didik di era society 5.0 (studi kasus di SMP Negeri 36 Bandung). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2012, 1–7. http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/550%0Ahttp://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/download/550/439
Rohana, S., & Syahputra, A. (2021). Model Pembelajaran Blended Learning Pasca New Normal Covid-19. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 13(1), 48–59. https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.488
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan).
Suryana. (2010). Metodologi Penelitian Model Prakatis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Universitas Pendidikan Indonesia, 1–58. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2
Tanjung, R. D. A., Marnita, M., & Malik, A. (2020). Efektifitas Pengunaan Media/Alat Peraga Sederhana di Tengah Pandemi Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA di Desa Kubu Raya. JEMAS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(1), 48–51.
Widiasih, R., Widodo, J., & Kartini, T. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Bervariasi Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 103–107. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6454
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mujihad Akbar Tanganam, Edy Herianto, Basariah Basariah, Muhammad Ismail
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.