PENANAMAN NILAI KARAKTER DISIPLIN MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SMA NEGERI 8 PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i1.4862Keywords:
Ekstrakurikuler Pramuka, Karakter DisiplinAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penanaman karakter disiplin melalui pramuka di SMAN 8 Pontianak. Menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Proses pelaksanaan program sesuai dengan rancangan waktu dan tempat yang sudah dilakukan yaitu program mingguan, bulanan, tahunan, yaitu latihan wajib mingguan, pembekalan dasar, pengambilan badge bantara. Faktor pendukung, pengurus yang selalu datang lebih awal sehingga memberi contoh yang baik bagi anggota yang lain, jam kedatangan yang tidak terlalu awal seperti jam sekolah sehingga para anggota dapat hadir tepat waktu, semua anggota baik itu anggota baru dan pengurus memiliki tanggung jawab yang sama. Faktor penghambat, cuaca hujan dengan kondisi rumah anggota pramuka yang jaraknya cukup jauh dari tempat pelaksanaan kegiatan. Gambaran karakter disiplin dapat terlihat dari cara berpakaian yang rapi, mematuhi peratuan yang berlaku, mengerjakan tugas sekolah dengan baik, bersikap yang sopan, perkataan yang santun saat berada di pramuka, sekolah maupun di rumah.
Downloads
References
Ahid, A. S. (2017). Hubungan Kontrol Diri Dan Interaksi Edukatif Guru-Murid Terhadap
Kedisiplinan Belajar Siswa [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. In Core.Ac.Uk.
https://core.ac.uk/download/pdf/148618686.pdf
Ardiansyah, M., Tamyiz, & Sarpendi. (2021). Pengelolaan Ekstrakurikuler dalam Pembinaan
Prestasi Non Akademik Siswa di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin Sidoharjo Jati
Agung Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2021/2022. Ar Royhan: Jurnal Pemikiran
Islam, 1(2), 167–177.
Cresswell, J.. (2014). Research Design (4th ed.). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Daryanto. (2013). Administrasi dan Manajemen Sekolah (1st ed.). Jakarta: Rineka Cipta.
Fiana, F. J., & Ridha, M. (2013). Konsoler | Jurnal Ilmiah Konseling Disiplin Siswa di Sekolah
dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Ilmiah Konseling, 2(April),
–33.
Fitri, A. Z. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Yogyakarta: ArRuzz
Media
Mustari, M. (2015). Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013
tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler.
Rizqi, A. I. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di SMA
Negeri 1 Pasuruan. Kongres Pancasila, 1(1).
Robbins SP, at al. 2005. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D (16th ed.). Bandung:
Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D (23rd ed.). Bandung: Alfabeta.
Tu’u, T. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa, (Jakarta: Grasindo, 2004), 33
Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.
Wahyuni, D., Wati, M., & Ely, R. (2016). Hubungan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar
Siswa Kelas V Di Sd Negeri 10 Banda Aceh. Pesona Dasar (Jurnal Pendidikan Dasar
Dan Humaniora), 3(4), 43–53.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Kurita Ayunina, Mashudi Mashudi, Thomy Sastra Atmaja, Bistari Bistari, Jagad Aditya Dewantara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.