PENGEMBANGAN ASSESSMENT PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA BIDIKMISI
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpo.v9i1.1459Keywords:
pprokrastinasi akademik, behaviour, tugas akademikAbstract
Prokrastinasi akademik merupakan perilaku menunda-nunda mengerjakan ataupun menyelesaikan tugas-tugas akademik. Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran mengenai prokrastinasi akademik yang dialami oleh mahasiswa bidikmisi program studi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi IKIP PGRI Pontianak yakni sejumlah 26 orang. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yakni melakukan pengembangan assesment prokastinasi akademik mahasiswa. Penelitian ini menggunakan alat pengumpul data berupa angket validasi kelayakan para ahli serta angket prokastinasi akademik mahasiswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik persentase. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini berupa validasi assessment prokrastinasi akademik mahasiswa dengan kategori layak serta menggambarkan kondisi prokrastinasi akademik mahasiswa pada kategori sangat tinggi terjadi pada aspek kemalasan dengan kontribusi sebesar 46,12% sebanyak 12 orang mahasiswa. Dalam penelitian ini prokrastinasi akademik yang dialami oleh mahasiswa dikategorikan dalam beberapa aspek antara lain keyakinan akan kemampuan, gangguan perhatian, faktor sosial, manajemen waktu, inisiatif, pribadi, dan kemalasan.Â
Downloads
References
Burka, J., B., & Lenora, M. Yuen. (2008). Procrastination: why you do it, what to do about it now. America: Da Capo Press.
Ferrari, J. R. Judith L, Johnson, William, G. McCown. (1995). Procrastination and task avoidance, theory, research and treathment. New York: Plenum Press.
Ghufron, M.N., & Rini, R. (2010). Teori-teori psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hurlock, E. B. (1980). Psikologi perkembangan: suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Terjemahan oleh Soedjarwo. Jakarta: Erlangga.
Kemenristekdikti. (2019). Panduan Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi. Ditjen Belmawa Kemenristekdikti.
Muyana, S. 2018. Prokrastinasi akademik dikalangan mahasiswa program studi bimbingan konseling. jurnal bimbingan dan konseling, 8 (1), 45-52.
Ngoc, H. Bui. (2007). Effect of evaluation threat on procrastination behavior. the journal of social psychology, 147 (3).
Ridwan. (2014). Dasar-dasar statistika. Bandung: Alfabeta Press.
Romiszowski, A. J. (1996). System approach to design and development. in plomp, t. & ely, d.p. (editor in chiefs). International Encyclopedia of Educational Technology. Oxford: Pergamon Press.
Rosario, Pedro, Costa, M., dkk. (2009). Academic procrastination: Associations with personal, school, and family variables. Journal Of Psychology, 12, (1), 118-127.
Seung & Rayne, A., Park, W., Sperling. (2012). Academic Procrastinators and Their Self-Regulation. Journal Psychology, 3 (1).
Sugiyono. (2016). Metode penelitian dan pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, S., N. (2006). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tegeh, dkk. 2014. Model penelitian dan pengembangan. Bali: Graha Ilmu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by JPO prior to the publication.