PENGEMBANGAN ASSESSMENT PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA BIDIKMISI

Zainal Arifin, Awang Roni Effendi

Abstract


Prokrastinasi akademik merupakan perilaku menunda-nunda mengerjakan ataupun menyelesaikan tugas-tugas akademik. Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran mengenai prokrastinasi akademik yang dialami oleh mahasiswa bidikmisi program studi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi IKIP PGRI Pontianak yakni sejumlah 26 orang. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yakni melakukan pengembangan assesment prokastinasi akademik mahasiswa. Penelitian ini menggunakan alat pengumpul data berupa angket validasi kelayakan para ahli serta angket prokastinasi akademik mahasiswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik persentase. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini berupa validasi assessment prokrastinasi akademik mahasiswa dengan kategori layak serta menggambarkan kondisi prokrastinasi akademik mahasiswa pada kategori sangat tinggi terjadi pada aspek kemalasan dengan kontribusi sebesar 46,12% sebanyak 12 orang mahasiswa. Dalam penelitian ini prokrastinasi akademik yang dialami oleh mahasiswa dikategorikan dalam beberapa aspek antara lain keyakinan akan kemampuan, gangguan perhatian, faktor sosial, manajemen waktu, inisiatif, pribadi, dan kemalasan. 


Keywords


pprokrastinasi akademik, behaviour, tugas akademik

Full Text:

PDF

References


Burka, J., B., & Lenora, M. Yuen. (2008). Procrastination: why you do it, what to do about it now. America: Da Capo Press.

Ferrari, J. R. Judith L, Johnson, William, G. McCown. (1995). Procrastination and task avoidance, theory, research and treathment. New York: Plenum Press.

Ghufron, M.N., & Rini, R. (2010). Teori-teori psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hurlock, E. B. (1980). Psikologi perkembangan: suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Terjemahan oleh Soedjarwo. Jakarta: Erlangga.

Kemenristekdikti. (2019). Panduan Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi. Ditjen Belmawa Kemenristekdikti.

Muyana, S. 2018. Prokrastinasi akademik dikalangan mahasiswa program studi bimbingan konseling. jurnal bimbingan dan konseling, 8 (1), 45-52.

Ngoc, H. Bui. (2007). Effect of evaluation threat on procrastination behavior. the journal of social psychology, 147 (3).

Ridwan. (2014). Dasar-dasar statistika. Bandung: Alfabeta Press.

Romiszowski, A. J. (1996). System approach to design and development. in plomp, t. & ely, d.p. (editor in chiefs). International Encyclopedia of Educational Technology. Oxford: Pergamon Press.

Rosario, Pedro, Costa, M., dkk. (2009). Academic procrastination: Associations with personal, school, and family variables. Journal Of Psychology, 12, (1), 118-127.

Seung & Rayne, A., Park, W., Sperling. (2012). Academic Procrastinators and Their Self-Regulation. Journal Psychology, 3 (1).

Sugiyono. (2016). Metode penelitian dan pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, S., N. (2006). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tegeh, dkk. 2014. Model penelitian dan pengembangan. Bali: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/jpo.v9i1.1459

Article Metrics

Abstract view : 52 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Zainal Arifin, Awang Roni Effendi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Olah Raga

LPPM IKIP PGRI Pontianak, Gedung Rektorat Lt. 2
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat - 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: olahraga.ikippgriptk@gmail.com 


p-ISSN: 2089-2829 | e-ISSN: 2407-1528


View Stats