ANALISIS KETERAMPILAN MOTORIK SISWA PASCA PANDEMIC COVID-19

Authors

  • Nuryadi Nuryadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Jajat Darajat Kusumah Negara Universitas Pendidikan Indonesia
  • Agus Gumilar Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tri Martini Universitas Pendidikan Indonesia
  • Burhan Hambali Universitas Pendidikan Indonesia
  • Eric Muhammad Ginanjar Sekolah Dasar Negeri 225 Mekargalih Kota Bandung
  • Sinta Tiara Yuniar Universitas Pendidikan Indonesia
  • Betrisya Irwandi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpo.v13i1.6307

Keywords:

Keterampilan Motorik, Pandemic Covid-19, Pendidikan Jasmani

Abstract

Tujuan dari penelian ini adalah untuk membuat analisis dari keterampilan motorik siswa sekolah dasar pasca pandemi COVID-19, keterampilan gerak ini meliputi gerak lokomotor, non-lokomototor, dan manipulative.  Survey dilakukan terhadap siswa sekolah dasar di sekolah percontohan labolatorium di lingkungan Universitas Pendidikan Indonesia, jumlah responden yang terlibat dalam penelitian ini yaitu 144 siswa kelas 4 dan 5 sekloah dasar yang terdiri dari 66 siswa putri dan 78 siswa putra. Instrumen yang akan digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes keterampilan yang di kembangkan oleh (Gallahue, 1996), yaitu terkait keterampilan gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulative. Hasil analisis menunjukan bahwa keterampilan gerak dasar siswa berada dalam tahap transisi, artinya memerlukan perhatian khusus dalam pembelajaran gerak di sekolah untuk dapat meningkatkan keterampilan motorik siswa. Melihat hasil analisis terkait keterampilan motorik siswa sekolah dasar pasca pandemi COVID-19 secara keseluruhan berada dalam tahap transisi, melihat nilai rata-rata setiap komponen yaitu keterampilan gerak lokomotor, non lokomotor, serta manipulative juga terdapat perbedaan yang signifikan. Artinya perlu perhatian khusus bagi para praktisi olahraga khususnya guru penjas sebagai tindak lanjut dalam mengembangkan dan meningkatkan keterampilan gerak dasar dari siswa. 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nuryadi Nuryadi, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Olahraga

Jajat Darajat Kusumah Negara, Universitas Pendidikan Indonesia

Departemen Pendidikan Olahraga

Agus Gumilar, Universitas Pendidikan Indonesia

Departemen Pendidikan Olahraga

Tri Martini, Universitas Pendidikan Indonesia

Departemen Pendidikan Olahraga

Burhan Hambali, Universitas Pendidikan Indonesia

Departemen Pendidikan Olahraga

Eric Muhammad Ginanjar, Sekolah Dasar Negeri 225 Mekargalih Kota Bandung

Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Sinta Tiara Yuniar, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Betrisya Irwandi, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Jasmani Keseharan dan Rekreasi

References

Abduljabar, B. (2011). Pengertian pendidikan jasmani. Ilmu Pendidikan, 1991, 36. http://file.upi.edu/Direktori/FPOK/JUR._PEND._OLAHRAGA/196509091991021-BAMBANG_ABDULJABAR/Pengertian_Penjas.pdf

Adolph, K. E., & Hoch, J. E. (2019). Motor Development: Embodied, Embedded, Enculturated, and Enabling. Annual Review of Psychology, 70, 141–164. https://doi.org/10.1146/annurev-psych-010418-102836

Adolph, K. E., & Robinson, S. R. (2015). Motor Development. In Handbook of Child Psychology and Developmental Science (Issue April). https://doi.org/10.1002/9781118963418.childpsy204

Adolph, K. E., Robinson, S. R., Young, J. W., & Gill-Alvarez, F. (2008). What Is the Shape of Developmental Change? Psychological Review, 115(3), 527–543. https://doi.org/10.1037/0033-295X.115.3.527

Agust, K., Suherman, A., & Nuryadi, N. (2019). Effectiveness of Teaching Physical Education on Junior High School in Indonesia. 11(Icsshpe 2018), 123–124. https://doi.org/10.2991/icsshpe-18.2019.35

Arif, A. Z., & Nurrochmah, S. (2021). Study of Locomotor Movement Ability. Seminar Nasional Pendidikan Jasmani Dan KesehatanProsiding Seminar Nasinoal “Peran Sport Science Pada Masa Pandemi Covid-19,†27–40.

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

Daniel, S. J. (2020). Education and the COVID-19 pandemic. Prospects, 49(1–2), 91–96. https://doi.org/10.1007/s11125-020-09464-3

Darrah, J., & Kembhavi, G. (2021). Chapter 01 - Theories of Motor Development. Motor Assessment of the Developing Infant, 1–8.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Farepsi, N., & Suryana, D. (2021). Perkembangan Gerak Dasar Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Di Tk Negeri Pembina Lengayang. JCE (Journal of Childhood Education), 5(2), 352. https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.584

Gabbard, C. (2009). A Developmental Systems Approach To The Study Of Motor Development. Handbook of Motor Skills, 979, 319–322.

Gallahue, D. L. (1995). Developmental Physical Education for Today’s Children.

Gallahue, D. L. (1996). Developmental physical education for todays school children. Brown & Benchmark Publishers.

Gallahue, D. L. (2012). David L. Gallahue - Developmental Physical Education for Today’s School Children-Brown & Benchmark Pub (1995).pdf (p. 48).

Gallahue, D. L., Ozmun, J. C., & Goodway, J. D. (2011). David Gallahue, John Ozmun, Jacqueline Goodway - Understanding Motor Development_ Infants, Children, Adolescents, Adults-McGraw-Hill Education (2011).

Gimazutdinov, R. G. (2020). Theoretical Basis Of Physical Education Of Children Of Preschool Age. Academic Research in Educational Sciences, 1(4), 2181–1385. www.ares.uz

Hadders-Algra, M., & Heineman, K. R. (2021). The Infant Motor Profile. The Infant Motor Profile, 1–159. https://doi.org/10.4324/9780429341915

Hendra, J., & Putra, G. I. (2019). Mengembangkan Keterampilan Gerak Dasar Manipulatif bagi Anak Melalui Permainan Olahraga di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 438–444.

Irvin, D. W., Crutchfield, S. A., Greenwood, C. R., Kearns, W. D., & Buzhardt, J. (2018). An automated approach to measuring child movement and location in the early childhood classroom. Behavior Research Methods, 50(3), 890–901. https://doi.org/10.3758/s13428-017-0912-8

Juliati Br Sinuraya. (2020). Jurnal Dunia Pendidikan. Upaya, 2(2), 1–9.

Karomatovich, I. A. (2022). Methods of Teaching Children for Movement Activities in the Process of Physical Education. International Scientific Research Journal, 3(1), 2776–0979.

Melyza, A., & Aguss, R. M. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Proses Penerapan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Pandemi Covid-19. Journal Of Physical Education, 2(1), 8–16. https://doi.org/10.33365/joupe.v2i1.950

Mendrofa, F. (2021). Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2125–2131. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1124

Metcalfe, J., & Clark, J. E. (2015). The mountain of motor development: A metaphor. Motor Development: Research and Reviews, 2, 163–190.

Nafrin, I. A. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19 Abstrak. 3(2), 456–462.

Nazario, P. F. (2013). Sport context and the motor development of children. March, 86–95.

Oktaria, A. D., & Andika, W. D. (2022). Identifikasi Keterampilan Gerak Manipulatif Anak Usia 6-7 Tahun Selama Masa Pandemi Covid- 19. Journal of Early Childhood and Character Education, 2(1), 17–28. https://doi.org/10.21580/joecce.v2i1.10089

Prayitno, B. (2014). Developing a teaching model of basic movement for kids at 2 to 4 years old. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1).

Rizki, H., & Aguss, R. M. (2020). Analisis Tingkat Pencapaian Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal Of Physical Education, 1(2), 20–24. https://doi.org/10.33365/joupe.v1i2.588

Rusmiyadi, Ma’mun, S., & Asroriyah. (n.d.). Analisis Gerak Dasar Fundamental Pada Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar Negeri 2 Ciherang Jaya Kecamatan Cisata Dipublikasikan Oleh : UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin Dipublikasikan Oleh. 141–147.

Setiawan, D. K., & Muhammad, H. N. (2017). Survei Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Dasar Negeri Tahun AJaran 2014-2015 (Studi Pada SIswa Kelas IV, V, VI SDN Kutorejo II Kertosono). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(1), 12–20.

Spittle, A., & Treyvaud, K. (2016). The role of early developmental intervention to influence neurobehavioral outcomes of children born preterm. Seminars in Perinatology, 40(8), 542–548. https://doi.org/10.1053/j.semperi.2016.09.006

Sugden, D., & Wade, M. (2013). Typical and Atypical Motor Development.

Sunanto, S., Asmara, B., Himawan, A., & Purwoto, S. P. (2022). Survey of Basic Movement Skills in Elementary School Students in the Midst of the Covid-19 Pandemic. Physical Education Theory and Methodology, 22(3s), S12–S20. https://doi.org/10.17309/tmfv.2022.3s.02

Syahruddin, S. (2021). Profil Tingkat Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar Kota Makassar. Jendela Olahraga, 6(1), 213–221. https://doi.org/10.26877/jo.v6i1.7270

Walle, E. A., & Campos, J. J. (2014). Infant language development is related to the acquisition of walking. Developmental Psychology, 50(2), 336–348. https://doi.org/10.1037/a0033238

Yelvi Levani, Aldo Dwi Prastya, & Siska Mawaddatunnadila. (2021). Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): Patogenesis, Manifestasi Klinis dan Pilihan Terapi. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 17(1), 44–57.

Zachopoulou, E., & Makri, A. (2005). A developmental perspective of divergent movement ability in early young children. Early Child Development and Care, 175(1), 85–95.

Zulfikar, M., Hasyim, A. H., Ikadarny, I., & Anwar, N. I. A. (2021). Penguasaan Keterampilan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sport Science, 11(1), 27. https://doi.org/10.17977/um057v11i1p27-34

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Nuryadi, N., Kusumah Negara, J. D., Gumilar, A., Martini, T., Hambali, B., Ginanjar, E. M., … Irwandi, B. (2024). ANALISIS KETERAMPILAN MOTORIK SISWA PASCA PANDEMIC COVID-19. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 13(1), 1–12. https://doi.org/10.31571/jpo.v13i1.6307