EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DAN MEDIA CERMIN TERHADAP HASIL BELAJAR MEMUKUL BOLA SOFTBALL

Authors

  • Taufik Rihatno, Vicky Satria Gunawan Fakultas Ilmu Keolahragaan,Jurusan Olahraga Pandidikan, Prodi Pendidikan Jasmani, Universitas Negeri Jakarta Jl. Pemuda No.10, Rawamangun, Jakarta Timur

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpo.v3i1.140

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar memukul bola softball pada siswa ekstrakurikuler softball SMA Negeri 1 Rangkasbitung.Pengambilan data dilakukan bulan Desember 2013 sampai bulan Januari 2014 di lapangan LPMP Rangkasbitung dan Sanggar senam Rangkasbitung, Lebak, Banten. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jumlah sampel 24 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan cara purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan statistik uji-t.Hasil pengolahan data didapat bahwa pada kelompok yang menggunakan pembelajaran media video nilai rata-rata 8,91 dan media cermin nilai rata-rata 12,25 sedangkan untuknilai t hitung 3,67 dan nilai t tabel 2,07 jadi t hitung > t tabel maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil () ditolak dan hipotesis kerja () diterima. Dengan demikian metode media cermin lebih efektif daripada metode media video terhadap hasil belajar memukul bola softball pada siswa ekstrakurikuler softball SMA Negeri 1 Rangkasbitung, Lebak Banten.

 

Kata Kunci: Media Video, Media Cermin, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-04-24

How to Cite

Vicky Satria Gunawan, T. R. (2016). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DAN MEDIA CERMIN TERHADAP HASIL BELAJAR MEMUKUL BOLA SOFTBALL. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 3(1), 74–82. https://doi.org/10.31571/jpo.v3i1.140