MENGEMBANGKAN KOMPETENSI MENGAJAR ADAPTIF PADA CALON GURU PENDIDIKAN JASMANI

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpo.v13i1.7390

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengkaji bagaimana calon guru mengembangkan kompetensi adaptif dalam mengajar rekan-rekannya dalam mata kuliah interaksi belajar mengajar. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif analitik, tempat penelitian ini di program studi pendidikan jasmani, fakultas ilmu keolahragaan Universitas Negeri Jakarta dengan durasi lima minggu. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa prodi penjas/calon guru penjas sejumlah 24 orang. Perkuliahan ini berisi nilai-nilai pedagogi untuk mengembangkan kompetensi adaptif. Sebanyak 90 video pengajaran dianalisis menggunakan tiga variabel pengkodean dengan membandingkannya dengan RPP calon guru. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa seluruh calon guru mampu melakukan adaptasi pengajaran yang substantif dan konsisten selama periode lima minggu. Jumlah konten yang terlewat menurun dalam lima minggu. Studi ini menunjukkan bahwa siklus pedagogi yang dirancang untuk meningkatkan kompetensi pengajaran adaptif efektif dalam membantu calon guru melakukan adaptasi terhadap pengajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Dena Widyawan, [SCOPUS ID: 57216409144], Pendidikan Jasmani Kesehatan Rekreasi, Universitas Negeri Jakarta

[SCOPUS ID: 57216409144] Pendidikan Jasmani Kesehatan Rekreasi

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-29

Cara Mengutip

Widyawan, D., & Fuzita, M. (2024). MENGEMBANGKAN KOMPETENSI MENGAJAR ADAPTIF PADA CALON GURU PENDIDIKAN JASMANI . Jurnal Pendidikan Olah Raga, 13(1), 67–84. https://doi.org/10.31571/jpo.v13i1.7390