LAS MATEMATIKA BERBASIS AKTIVITAS KREATIF DALAM PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1108Keywords:
Lembar Aktivitas Siswa, Aktivitas KreatifAbstract
Fokus penelitian ini adalah mengembangkan instrumen pembelajaran berupa LAS berbasis aktivitas kreatif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas dan menganalisis hubungan penggunaan LAS tersebut pada peningktan aktivitas kreatif siswa. Analisis validasi soal dalam kategori valid dengan indeks thitung>tTabel yaitu pada masing-masing item soal (1a) 5,18 > 2,0; (1b) 3,88 > 2,04; (2a) 2,84 > 2,04; (2b) 5,18 > 2,04; (3) 5,05 > 2,04. Dari aspek realibilitas diperoleh indeks r11 = 0,53 yaitu kategori sedang; daya beda soal memiliki indeks rata-rata 0,365 yaitu baik, dan tingkat kesukaran soal memiliki indeks yang beragam sehingga soal yang disajikan sudah cukup baik dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah yang ingin mengedepankan aktifitas kreatif siswa. Berdasarkan hasil analisis perbedaan rata-rata antara kemampuan berpikir kretif siswa sebelum dan sesudah menggunakan LAS berbasis kreatif diperoleh hasil bahwa peningkatan aktivitas belajar siswa meningkat signifikan dengan melihat indeks Gain sebelum dan sesudah menggunakan LAS sebesar 3,157.
Downloads
References
Arikunto, S. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Bao, Lei. 2006. Theoretical comparison of Average Normalized Gain Calculation. Department of Physics, The Ohio State University, 191 W. Woodruff Avenue, Columbus, Ohio 43210, Am. J. Phys. 74 _10_, October 2006. Diakses Tanggal 20 Desember 2013).
Dwi Putra, Harry dan Ratni Purwasih. 2016. Meningkatkan Prestasi Belajar Dan Keaktifan Mahasiswa Melalui Project Based Learning. https://scholar.google.co.id/citations?user=2y9pmkIAAAAJ&hl=en. Diakses 11 September 2018.
Nuraini. 2012. Pengaruh Penerapan Pendekatan Open-Ended tehadap Tingkat Kreativitas, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, dan Sikap Siswa SMP di Aek Kanopan. PPs UNIMED.
Prasetyo, Bambang dan Lina M Jannah. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Purwasih, Ratni dan Ratna Sariningsih Ratna . 2017. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self-Concept Siswa SMP.https://scholar.google.co.id/citations?user=2y9pmkIAAAAJ&hl=en. Diakses 11 September 2018.
Ruseffendi, E.T. 2015. Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep, Landasan, dan IMplementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Trisnawati, I., Pratiwi, W., Nurfauziah, P., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Kelas XI pada Materi Trigonometri ditinjau dari Self Confidence. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1 (3), 383394. Diakses Tanggal 10 September 2018.
Wahidmurni. 2010. Evaluasi Pembelajaran (Kompetensi dan Praktik). Yogyakarta: Nuha Litera.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Posting Your Article Policy at http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.