LAS MATEMATIKA BERBASIS AKTIVITAS KREATIF DALAM PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA

Authors

  • Suriyani Suriyani STKIP Labuhan Batu
  • Laili Habibah Pasaribu STKIP Labuhan Batu

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1108

Keywords:

Lembar Aktivitas Siswa, Aktivitas Kreatif

Abstract

Fokus penelitian ini adalah mengembangkan instrumen pembelajaran berupa LAS berbasis aktivitas kreatif  untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas dan menganalisis hubungan penggunaan LAS tersebut pada peningktan aktivitas kreatif siswa. Analisis validasi soal dalam kategori valid dengan indeks thitung>tTabel yaitu pada masing-masing item soal (1a) 5,18 > 2,0; (1b) 3,88 > 2,04; (2a) 2,84 > 2,04; (2b) 5,18 > 2,04; (3) 5,05 > 2,04. Dari aspek realibilitas diperoleh indeks r11 = 0,53 yaitu kategori sedang; daya beda soal memiliki indeks rata-rata 0,365 yaitu baik, dan tingkat kesukaran soal memiliki indeks yang beragam sehingga soal yang disajikan sudah cukup baik dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah yang ingin mengedepankan aktifitas kreatif siswa. Berdasarkan hasil analisis perbedaan rata-rata antara kemampuan berpikir kretif siswa sebelum dan sesudah menggunakan LAS berbasis kreatif diperoleh hasil bahwa peningkatan aktivitas belajar siswa meningkat signifikan dengan melihat indeks Gain sebelum dan sesudah menggunakan LAS sebesar 3,157.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Suriyani Suriyani, STKIP Labuhan Batu

Pendidikan Matematika

Laili Habibah Pasaribu, STKIP Labuhan Batu

Pendidikan Matematika

References

Arikunto, S. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bao, Lei. 2006. Theoretical comparison of Average Normalized Gain Calculation. Department of Physics, The Ohio State University, 191 W. Woodruff Avenue, Columbus, Ohio 43210, Am. J. Phys. 74 _10_, October 2006. Diakses Tanggal 20 Desember 2013).

Dwi Putra, Harry dan Ratni Purwasih. 2016. Meningkatkan Prestasi Belajar Dan Keaktifan Mahasiswa Melalui Project Based Learning. https://scholar.google.co.id/citations?user=2y9pmkIAAAAJ&hl=en. Diakses 11 September 2018.

Nuraini. 2012. Pengaruh Penerapan Pendekatan Open-Ended tehadap Tingkat Kreativitas, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, dan Sikap Siswa SMP di Aek Kanopan. PPs UNIMED.

Prasetyo, Bambang dan Lina M Jannah. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Purwasih, Ratni dan Ratna Sariningsih Ratna . 2017. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self-Concept Siswa SMP.https://scholar.google.co.id/citations?user=2y9pmkIAAAAJ&hl=en. Diakses 11 September 2018.

Ruseffendi, E.T. 2015. Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep, Landasan, dan IMplementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Trisnawati, I., Pratiwi, W., Nurfauziah, P., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Kelas XI pada Materi Trigonometri ditinjau dari Self Confidence. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1 (3), 383394. Diakses Tanggal 10 September 2018.

Wahidmurni. 2010. Evaluasi Pembelajaran (Kompetensi dan Praktik). Yogyakarta: Nuha Litera.

Downloads

Published

2019-06-30

How to Cite

Suriyani, S., & Pasaribu, L. H. (2019). LAS MATEMATIKA BERBASIS AKTIVITAS KREATIF DALAM PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(1), 64–74. https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1108