Teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran Pontianak Heritage

Authors

  • Awanis Hidayati Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Sarah Bibi Politeknik Negeri Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v9i1.1306

Keywords:

augmented reality, media pembelajaran, Pontianak Heritage

Abstract

Pontianak Heritage dipelajari oleh mahasiswa dalam mata kuliah Sejarah Kebudayaan Indonesia tentang mengenal sejarah daerah. Penggunaan media sangat penting untuk mendukung dan memfasilitasi proses pengajaran. Dengan berkembangnya teknologi, banyak cara untuk mengembangkan media pengajaran, salah satunya adalah dengan teknologi Augmented Reality. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain sebuah media pembelajaran dengan teknologi Augmented Reality dalam pembelajaran sejarah Pontianak Heritage. Tahapan metode penelitian yaitu: (1) Concept, (2) Design, (3) Material Collecting, (4) Assembly, (5) Testing, dan (6) Distribution. Pada penelitian ini menggunakan Game Engine UNITY untuk membangun aplikasi berbasis Android serta Vuforia SDK agar aplikasi yang dibangun dapat menjadi aplikasi berteknologi Augmented Reality, disertai dengan gambar marker bangunan sejarah yang apabila diarahkan ke aplikasi dapat menampilkan visualisasi objek 3D. Setelah diadakan pengujian kelayakan sistem menggunakan alpha testing dan beta testing, aplikasi dinyatakan dapat berjalan dengan benar sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang diharapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Awanis Hidayati, Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat

Sistem Informasi

Sarah Bibi, Politeknik Negeri Pontianak

Teknik Informatika

References

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Azuma, R. T. (1997). A survey of augmented reality. Presence: Teleoperators and virtual environments, 4(6), 355-385.

Binanto, I. (2010). Multimedia-dasar teori dan pengembangannya. Andi.

Echols, J & Shadily, H. (2000). Kamus inggris indonesia an english indonesia dictionary. PT Gramedia

Kochhar. (2008). Pembelajaran sejarah; teaching of history. PT Grasindo.

Oktaviani, Y., Lusa, H., & Noperman, F. (2019). Pengaruh Augmented reality sebagai media pembelajaran terhadap minat belajar siswa mata pelajaran ipa sd kota bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(3), 202-208.

Oxford English Dictionary. (2006). Little oxford english dictionary. Oxford University Press

Pramono, A., & Setiawan, M. D. (2019). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Buah-Buahan. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 3(1), 54-68.

Putri, P. A. V. A., & Santoso, E. B. (2020). Potensi dan kelemahan kawasan cagar budaya sebagai destinasi wisata heritage di Kota Pontianak. Jurnal Penataan Ruang, 15(1), 14-22.

Susanti, E. D. (2019). Project based learning: pemanfaatan vlog dalam pembelajaran sejarah untuk generasi pro gadget. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 13(1), 84-96.

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Hidayati, A., & Bibi, S. (2020). Teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran Pontianak Heritage. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 9(1), 37–45. https://doi.org/10.31571/saintek.v9i1.1306