Penerapan pembelajaran tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar materi kesetimbangan kimia kelas XI MIPA SMAN 2 Pontianak

Authors

  • Grardus Danggus SMAN 2 Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v9i1.1698

Keywords:

kooperatif, STAD, kesetimbangan kimia

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi kesetimbangan kimia kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Pontianak melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan modul. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Pengumpulan data melalui observasi, tes, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan pada siklus I sebesar 27,27%, meningkat menjadi 51,43% pada siklus II, dan meningkat menjadi 77,78% pada siklus III. Predikat super team sebesar 62,50% pada siklus I, meningkat menjadi 87,50% pada siklus II, dan meningkat menjadi 100% pada siklus III. Dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan modul. Model kooperatif tipe STAD dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Grardus Danggus, SMAN 2 Pontianak

SMAN 2 Pontianak

References

Azizah, N. (2016). Pengembangan LKS dan penerapannya dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kimia siswa. Jurnal Pijar MIPA, 11(1). https://doi.org/10.29303/jpm.v11i1.7.

Budimansyah, D., Suparlan., dan Danny Meriawan, 2010. Pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Bandung: Penerbit PT Genesindo.

de Santis, A. (2011). Status and prospects for Lorentz and CPT violation tests at KLOE and KLOE-2. Proceedings of the 5th Meeting on CPT and Lorentz Symmetry, CPT 2010, 1157(2), 89–93. https://doi.org/10.1088/1742-6596

Dewanta, Y. W., Hairida. H., & Lestari, I. (2016). Pengaruh STAD disertai positive reinforcement terhadap motivasi dan hasil belajar siswa SMAN 1 Sungai Raya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(12). Retrieved from http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17787.

Hermawan, H. 2006. Model-model pembelajaran inovatif. Bandung: Penerbit CV Citra Praya.

Huda, M. 2016. Cooperative learning. Yogyakarta : Penerbit Pustaka Pelajar.

Komara, E. (2018). Penguatan pendidikan karakter dan pembelajaran abad 21. SIPATAHOENAN, 4(1). https://doi.org/10.2121/SIP.V4I1.991.

Mulyasa, E. 2010. Praktik penelitian tindakan kelas. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Riyanto, Y. 2010. Paradigma baru pembelajaran. Jakarta: Penerbit Prenada Media.

Syamsuddin, A. (2020). Penerapan pendekatan scientific dengan metode student teams achievement division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 113-122.

Syafangah, I. A., Pujiati, K., Harjito, H., & Kusumo, E. (2015). Penggunaan metode kooperatif tipe stad untuk meningkatkan aktivitas daan ketuntasan belajar siswa. Chemistry in Education, 4(2), 35–41. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined/article/view/6571

Warso, Agus Wasisto Dwi Doso. 2017. Publikasi ilmiah tinjauan ilmiah dan best practice. Yogyakarta: Penerbit Graha Cendekia.

Waseso, H. P. (2018). Kurikulum 2013 dalam prespektif teori pembelajaran konstruktivis. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), 59-72.

Yuliani, N. (2019). The role of student teams achievement divisions (STAD) in improving student’s learning outcomes. Classroom Action Research Journal (CARJO), 3(1), 8–15. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/carjo/article/view/8031

Downloads

Published

2020-06-27

How to Cite

Danggus, G. (2020). Penerapan pembelajaran tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar materi kesetimbangan kimia kelas XI MIPA SMAN 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 9(1), 28–36. https://doi.org/10.31571/saintek.v9i1.1698