KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK SISWA SMP MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

Authors

  • Syarifah Fadillah, Muhammad Heru Setiawan

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v2i2.227

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematik siswa melaui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitiannya adalah one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa pada kelas VIII B SMP Negeri 5 Sungai Kakap. Analisis data dengan menggunakan skor gain ternormalisasi menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa tergolong sedang. Hasil posttest menunjukkan bahwa 10,3% siswa berada pada kemampuan 0 artinya belum memiliki pemahaman walaupun pada tingkat translasi; 30,8% siswa berada pada kemampuan I yang artinya sudah memiliki pemahaman tingkat translasi; 17,9% siswa berada pada kemampuan II yang artinya telah memiliki pemahaman tingkat translasi dan interpolasi; dan 41,0% siswa berada pada kemampuan III yang artinya siswa telah memahami semua soal baik tingkat translasi, interpolasi maupun ekstrapolasi.

Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe STAD, kemampuan pemahaman matematik

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Syarifah Fadillah, Muhammad Heru Setiawan

Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Pontianak, Jalan Ampera No. 88 Pontianak

Downloads

Published

2016-08-11

How to Cite

Muhammad Heru Setiawan, S. F. (2016). KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK SISWA SMP MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 2(2), 167–175. https://doi.org/10.31571/saintek.v2i2.227