Efektivitas media pembelajaran matematika berbasis web dan game edukasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa SMP

Authors

  • Slamet Rahayu Politeknik Negeri Subang
  • Muhammad Iqbal
  • Ridho Dedy Arief Budiman IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v10i2.2281

Keywords:

media pembelajaran, web dan game, pelajaran matematika, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peningkatan hasil belajar dari kelompok kontrol dan eksperimen pada mata pelajaran matematika materi perbandingan dan skala. Penelitian ini menggunakan desain jenis eksperimental yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Uji hipotesis menggunakan uji t satu pihak. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Hasil uji t satu pihak data posttest angket hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol yaitu  sig0,000 <α 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa kelompok kontrol. Ketuntasan hasil belajar pada pembelajaran matematika materi perbandingan dan skala kelas VII SMP mengalami peningkatan di kelas kontrol sebesar 76% sedangkan di kelompok eksperimen 93% lebih tinggi dari kelompok kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Kadir. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. ANDI Yogyakarta, Yogyakarta.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rismaningsih.2010. Pengembangan Model Pembelajaraan Matematika berbasis website.Skripsi. Jakarta: Fakultas Ilmu Tasbiyah dan Keguruan UIN.

Budi Sutedjo Dharma Octomo, S. Kom., MM. 2002. Perencanaan & pembangunan Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi

Iqbal, M., Rahayu, S., & A, T. H. (2020). Rancang Bangun Sistem Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Web Guna Meningkatkan Ranah Psikomotorik Pada Mata Pelajaran Matematika di Level SMP, 6(1), 8–14.

Supardi, U.S., Leonard, Huri S., & Rismurdiyati. 2012. Penaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Formatif, 2(1): 71-81

Saberan, Riduan. 2012. Penggunaan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Kependidikan LENTERA 7(2):1-19

Rahayu, S. (2013). Keefektifan Antara Media Animasi Flash Dengan Powerpoint Dalam Pembelajaran Biologi Kelas VII di SMP Negeri 1 Semarang Tahun Ajaran 2012/2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies , 1, 1-5.

Akhyar, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Media Presentasi terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MIA SMAN 1 Soppeng.

Nurdin, E. (2016). Pengaruh Pembelajaran Dengan Pendekatan Visual Thinking Terhadap Sikap Siswa. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 5(2). https://doi.org/10.12928/admathedu.v5i2.4768

Halidi, H. M., & Saehana, S. N. H. dan S. (2015). Pengaruh Media Pembelejaran Berbasis TIK Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Model Terpadu Madani Palu. Jurnal Mitra Sains, 3(1), 53–60.

Dewi, A. S., Isnani, I., & Ahmadi, A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Stad Berbantuan Media Pembelajaran Terhadap Sikap Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JIPMat, 4(1), 7–11. https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i1.3509

Saniah, S., Hala, Y., & Taiyeb, A. M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Aktivitas , Motivasi Dan Hasil Belajar. Jurnal Bionature, 17(1), 41–47.

Sudjana. (1992). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Keantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfa Beta.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Rahayu, S., Iqbal, M., & Budiman, R. D. A. (2021). Efektivitas media pembelajaran matematika berbasis web dan game edukasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa SMP. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 10(2), 177–184. https://doi.org/10.31571/saintek.v10i2.2281