Efektivitas media pembelajaran matematika berbasis web dan game edukasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.31571/saintek.v10i2.2281Keywords:
media pembelajaran, web dan game, pelajaran matematika, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peningkatan hasil belajar dari kelompok kontrol dan eksperimen pada mata pelajaran matematika materi perbandingan dan skala. Penelitian ini menggunakan desain jenis eksperimental yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Uji hipotesis menggunakan uji t satu pihak. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Hasil uji t satu pihak data posttest angket hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol yaitu sig0,000 <α 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa kelompok kontrol. Ketuntasan hasil belajar pada pembelajaran matematika materi perbandingan dan skala kelas VII SMP mengalami peningkatan di kelas kontrol sebesar 76% sedangkan di kelompok eksperimen 93% lebih tinggi dari kelompok kontrol.
Downloads
References
Abdul Kadir. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. ANDI Yogyakarta, Yogyakarta.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Rismaningsih.2010. Pengembangan Model Pembelajaraan Matematika berbasis website.Skripsi. Jakarta: Fakultas Ilmu Tasbiyah dan Keguruan UIN.
Budi Sutedjo Dharma Octomo, S. Kom., MM. 2002. Perencanaan & pembangunan Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi
Iqbal, M., Rahayu, S., & A, T. H. (2020). Rancang Bangun Sistem Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Web Guna Meningkatkan Ranah Psikomotorik Pada Mata Pelajaran Matematika di Level SMP, 6(1), 8–14.
Supardi, U.S., Leonard, Huri S., & Rismurdiyati. 2012. Penaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Formatif, 2(1): 71-81
Saberan, Riduan. 2012. Penggunaan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Kependidikan LENTERA 7(2):1-19
Rahayu, S. (2013). Keefektifan Antara Media Animasi Flash Dengan Powerpoint Dalam Pembelajaran Biologi Kelas VII di SMP Negeri 1 Semarang Tahun Ajaran 2012/2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies , 1, 1-5.
Akhyar, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Media Presentasi terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MIA SMAN 1 Soppeng.
Nurdin, E. (2016). Pengaruh Pembelajaran Dengan Pendekatan Visual Thinking Terhadap Sikap Siswa. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 5(2). https://doi.org/10.12928/admathedu.v5i2.4768
Halidi, H. M., & Saehana, S. N. H. dan S. (2015). Pengaruh Media Pembelejaran Berbasis TIK Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Model Terpadu Madani Palu. Jurnal Mitra Sains, 3(1), 53–60.
Dewi, A. S., Isnani, I., & Ahmadi, A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Stad Berbantuan Media Pembelajaran Terhadap Sikap Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JIPMat, 4(1), 7–11. https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i1.3509
Saniah, S., Hala, Y., & Taiyeb, A. M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Aktivitas , Motivasi Dan Hasil Belajar. Jurnal Bionature, 17(1), 41–47.
Sudjana. (1992). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Keantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfa Beta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Posting Your Article Policy at http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.