Penggunaan media visual untuk meningkatkan kecakapan mendeskripsikan perkembangan teori atom bagi siswa kelas x SMK
DOI:
https://doi.org/10.31571/saintek.v10i1.2389Keywords:
media visual, teori atomAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada materi struktur atom dengan penerapan media visual. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang secara umum terdiri dari 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus terdapat 4 (empat) tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X B Jurusan Teknik Pemesinan yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini difokuskan pada materi struktur atom yang mencakup perkembangan teori atom, partikel penyusun atom, nomor atom dan nomor massa, istilah isotop, isobar dan isoton serta konfigurasi electron. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, lembar observasi, dan angket siswa. Dari hasil penelitian pada siklus II terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I yaitu. Pada sikuls pertama, rata-rata nilai ketuntasan siswa mencapai 66,67 saja, sedangkan pada siklus kedua rata-rata nilai ketuntasan siswa meningkat mencapai 90,53. Dan dari hasil angket siswa serta hasil observasi terhadap pembelajaran dengan menggunakan media visual terdapat tanggapan yang baik dari siswa. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media visual memberikan dampak yang positif bagi siswa dalam proses pembelajaran
Downloads
References
Agung, I. (2021). Panduan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni.
Basrowi, H.M & Suwandi. (2008). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas; Referensi utama untuk guru serta mahasiswa keguruan dan ilmu pendidikan. Bandung: Ghakia Indonesia.
Mayasari, E., & Enawaty, E. (2012). Pengaruh Penggunaan Buku Ajar Ikatan Ionik Dengan Pendekatan Multirepresentasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(1).
Sitepu, B. P. (2008). Buku teks pelajaran berbasis aneka sumber. Jurnal Pendidikan Penabur, 10, 95-102.
Soebroto, T., Priatmoko, S., & Siyamita, N. (2009). Pengaruh media vis ual di ruang kelas terhadap minat dan hasil belajar kimia siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 3(1).
Suhery, T. (2009). Penerapan pedagogi materi subjek dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran kimia. Jurnal Forum Kependidikan, 29(1), 91-97.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Posting Your Article Policy at http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.