Penggunaan media visual untuk meningkatkan kecakapan mendeskripsikan perkembangan teori atom bagi siswa kelas x SMK

Authors

  • Kurniawan Widodo SMK Negeri 2 Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v10i1.2389

Keywords:

media visual, teori atom

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada materi struktur atom dengan penerapan media visual. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang secara umum terdiri dari 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus terdapat 4 (empat) tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X B Jurusan Teknik Pemesinan yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini difokuskan pada materi struktur atom yang mencakup perkembangan teori atom, partikel penyusun atom, nomor atom dan nomor massa, istilah isotop, isobar dan isoton serta konfigurasi electron. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, lembar observasi, dan angket siswa. Dari hasil penelitian pada siklus II terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I yaitu. Pada sikuls pertama, rata-rata nilai ketuntasan siswa mencapai 66,67 saja, sedangkan pada siklus kedua rata-rata nilai ketuntasan siswa meningkat mencapai 90,53. Dan dari hasil angket siswa serta hasil observasi terhadap pembelajaran dengan menggunakan media visual terdapat tanggapan yang baik dari siswa. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media visual memberikan dampak yang positif bagi siswa dalam proses pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Kurniawan Widodo, SMK Negeri 2 Pontianak

Guru Produktif SMK Negeri 2 Pontianak

References

Agung, I. (2021). Panduan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni.

Basrowi, H.M & Suwandi. (2008). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas; Referensi utama untuk guru serta mahasiswa keguruan dan ilmu pendidikan. Bandung: Ghakia Indonesia.

Mayasari, E., & Enawaty, E. (2012). Pengaruh Penggunaan Buku Ajar Ikatan Ionik Dengan Pendekatan Multirepresentasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(1).

Sitepu, B. P. (2008). Buku teks pelajaran berbasis aneka sumber. Jurnal Pendidikan Penabur, 10, 95-102.

Soebroto, T., Priatmoko, S., & Siyamita, N. (2009). Pengaruh media vis ual di ruang kelas terhadap minat dan hasil belajar kimia siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 3(1).

Suhery, T. (2009). Penerapan pedagogi materi subjek dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran kimia. Jurnal Forum Kependidikan, 29(1), 91-97.

Downloads

Published

2021-06-17

How to Cite

Widodo, K. (2021). Penggunaan media visual untuk meningkatkan kecakapan mendeskripsikan perkembangan teori atom bagi siswa kelas x SMK. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 10(1), 57–63. https://doi.org/10.31571/saintek.v10i1.2389