Kelayakan media video berbasis problem based learning pada materi sistem pernapasan di kelas VIII SMP
DOI:
https://doi.org/10.31571/saintek.v10i2.2488Keywords:
PBL, Sistem Pernapasan, Respon, Media Video.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media video berbasis Problem Based Learning pada materi sistem pernapasan sebagai media pembelajaran di kelas VIII SMP dan mengetahui respon yang diberikan siswa terhadap media video berbasis Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Developmant (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan meliputi analyze, design, develop, implement dan evaluate. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi media video berbasis Problem Based Learning, lembar validasi angket respon siswa yang divalidasi oleh 5 orang validator, dan angket respon siswa. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mandor. Hasil validasi yang dianalisis dengan rumus Aiken’s pada media video berbasis Problem Based Learning untuk aspek materi, media, dan kemanfaatan memperoleh nilai rata-rata sebesar 0,94 sehingga dinyatakan valid. Uji coba skala kecil diperoleh nilai rata-rata seluruh respon siswa (kognitif, afektif, dan konatif) sebesar 87,31% yang dinyatakan sangat kuat. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa video berbasis Problem Based Learning pada materi sistem pernapasan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Â
Downloads
References
Aiken, L. R. (1980). Content validity and reliability of single items or questionnaires. Educational and Psychological Measurement. 40(4), 955-959, DOI: 10.1177/001316448004000419.
Al-Farisi, B. L., & Nengsih J. (2014). Penggunaan media pembelajaran video untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa pada konsep sistem reproduksi manusia. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Islam Negeri Jakarta. 7(1), 1-7.
Ameliah, I. H., Mumun, M., & Arif, M. 2016. Pengaruh keingintahuan dan rasa percaya diri siswa terhadap hasil belajar matematika kelas VII MTs Negeri 1 Kota Cirebon. Jurnal Eduma. 5(1), 9-21.
Amir, M. T. (2015). Merancang Kuesioner: Konsep dan Panduan Untuk Penelitian Sikap, Kepribadian dan Perilaku. Jakarta: Prenadamedia Group.
Anjarsari, P. (2013, 7-12 September). Pengembangan pembelajaran IPA terpadu (implementasi kurikulum 2013), Workshop PPM Workshop Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas, serta Menerapkan Konsep Ilmiah Siswa SMP, Universitas Negeri Yogyakarta. https://docplayer.info/32598993-Pengembangan-pembelajaran-ipa-terpadu-implementasi-kurikulum-2013.html.
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Diningsih, A., & Suryanti M. (2018). Penerapan pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Learning) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif IPA terpadu siswa kelas VIIIG SMPN 1 Siak Hulu tahun ajaran 2017/2018. Seminar Nasional Pendidikan Biologi FKIP UIR-2018. http://journal.uir.ac.id/index.php/snpb2018 /article/.
Dolong, M. J. (2016). Teknik analisis komponen pembelajaran. Jurnal Interfaktif Pendidikan. 5(2), 293-300.
Faudiah, Ilah Solehati., Ilah Nurlaelah., & Ina Setiawati. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap kemampuan memecahkan masalah ditinjau dari penalaran siswa. Jurnal Pendidikan Biologi. 1(1), 41-46.
Hardianti, & Wahyu, K. A. (2017). Keefektifan penggunaan media video dalam keterampilan menulis karangan sederhana bahasa jerman siswa kelas XII IPA SMA Negeri 11 Makassar. Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra. 1(2), 123-130.
Hasanah, U., & Lukman, N. (2015). Pengembangan media pembelajaran film animasi sebagai media pembelajaran konsep fotosintesis. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. 1(1), 91-106.
Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kognitif siswa. Prosinding Seminar Nasional Pendidikan, FKIP, Universitas Sultan Agung Tirtayasa. 2(1), 17-26.
Johari, A., Syamsuri H., & Maman, R. (2014). Penerapan media video dan animasi pada materi memvakum dan mengisi refrigeran terhadap hasil belajar siswa. Journal of Mechanical Engineering Educational. 1(1), 8-15
Kemendikbud. (2014). Materi pelatihan guru implementasi kurikulum 2013 SMP/MTs Ilmu Pengetahuan Alam. 10 September, 2019. www.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.go.id.
Kurniawan, D. T. (2016). Pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas V SD se-kecamatan Gendangsari Gunungkidul tahun ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. 2(1), 21-26.
Kurniawan, R. M. (2017). Pengembangan media video pembelajaran materi pokok invertebrata mata pelajaran biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA di SMA Persatuan Tulangan Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan. 8(2), 1-6.
Magdalena, R. (2016). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) serta pengaruhnya terhadap hasil belajar biologi biswa SMA Negeri 5 kelas XI Kota Samarinda tahun ajaran 2015. Proceeding Biology Education Conference. 13(1), 299-306.
Mawarni, E., Mulyani, B., & Yatinah, S. (2015). Penerapan peer tutoring dilengkapi animasi macromedia flash dan handout untuk meningkatkan motivasi berprestasi dan prestasi belajar peserta didik kelas XI IPA 4 SMAN 6 Surakarta tahun ajaran 2013/2014 pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia. 4(2), 29-37.
Noviyanto, T. S. H., Nengsih, J., & Eny, S. R. (2015). Penggunaan media video animasi sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan hasil belajar biologi. EDUSAINS. 7(1), 57-63.
Nurdin, S. & Andriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Depok: Rajagrafino Persada.
Nurseto, T. (2011). Pembuatan media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. 8(1), 19-35.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 37 tahun 2018 tentang perubahan atas peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 24 tahun 2016 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada kurikulum 2013 pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud%20Nomor%2037%20Tahun% 202018.pdf.
Prasetyo, B., & Imam, B. (2017). Pengembangan media video animasi untuk pembelajaran memproduksi teks laporan hasil observasi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 6(2), 41-47.
Riduwan. (2008). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rizki, W., Cut N., & Muhammad, A. S. (2016). Pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia di MTsN Rukoh Kota Banda Aceh. Jurnal Biotik. 4(2), 136-142.
Sadiman, A. S., R. Rahardjo., Anung, H., & Harjito. (2014). Media pendidikan: Pengertian, Pengembangan & Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pres.
Sanjaya, W. 2014. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Sugiarti. (2017). E-Learning berbasis Moodle pada Pembelajaran IPA di Sekolah. Jurnal Mangifera Edu. 2(1), 43-49.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistyaningsih, D., & Joko, I. (2013). Meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui metode pembelajaran Jigsaw berbantuan CD pembelajaran materi eksponen kelas X. Jurnal Seminar Hasil-hasil Pendidikan. Semarang.
Wilsa, A. W. (2019). Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan multimedia interaktif dengan buku teks dalam pembelajaran biologi di SMA. Jurnal Mangifera Edu. 4(1), 62-70.
Wulandari, Nyemas. (2020). Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis android di SMA Negeri 3 Ngabang. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains. 9(1), 21-27.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Posting Your Article Policy at http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.