Pengaruh motivasi dan persepsi dalam penyelesaian studi mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer di Batam

Authors

  • Audrey Saudjhana Universitas Internasional Batam
  • Jose Manuel Budiman Universitas Internasional Batam
  • Kendy Junianto Universitas Internasional Batam
  • Kisusyenni Venessa Universitas Internasional Batam
  • Steven Salim Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v10i1.2640

Keywords:

Motivasi, Persepsi, Fakultas Ilmu Komputer, FICSS, SEM

Abstract

Meningkatnya kebutuhan tenaga ahli di bidang Ilmu Komputer menjadi tantangan tersendiri bagi perguruan tinggi di Indonesia untuk meningkatkan lulusan Fakultas Ilmu Komputer. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki faktor motivasi dan persepsi mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer agar dapat menjadi wawasan tambahan bagi perguruan tinggi dalam upaya meningkatkan retensi para mahasiswa mereka. Pengumpulan data penelitian dilakukan terhadap 301 mahasiswa dari perguruan tinggi se-Kota Batam menggunakan pendekatan kuantitatif dengan instrumen penelitian berdasarkan Skala FICSS (Factors Influencing Computer Science Studies) dan analisis data menggunakan SEM (Structural Equation Modeling). Hasil dari penelitian ini adalah nilai intrinsik pada diri mahasiswa menjadi pengaruh terbesar pada motivasi dan pandangan mahasiswa bahwa Ilmu Komputer adalah bidang dengan pekerjaan yang tinggi tuntutannya menjadi pengaruh terbesar pada persepsi mahasiswa untuk menyelesaikan studi mereka di Fakultas Ilmu Komputer. Hasil dari penelitian diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan perguruan tinggi, khususnya di Kota Batam, dalam membangun program perkuliahan sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan jumlah lulusan Fakultas Ilmu Komputer.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Audrey Saudjhana, Universitas Internasional Batam

Fakultas Ilmu Komputer

Jose Manuel Budiman, Universitas Internasional Batam

Fakultas Ilmu Komputer

Kendy Junianto, Universitas Internasional Batam

Fakultas Ilmu Komputer

Kisusyenni Venessa, Universitas Internasional Batam

Fakultas Ilmu Komputer

Steven Salim, Universitas Internasional Batam

Fakultas Ilmu Komputer

References

Annisa, A. (2021). Sejarah Revolusi Industri dari 1.0 sampai 4.0. Artikel Mahasiswa Sistem Telekomunikasi, 1(January), 2–3.

Azmi, A. N., Kamin, Y., Noordin, M. K., & Ahmad, A. N. (2018). Towards Industrial Revolution 4.0: Employers’ Expectations on Fresh Engineering Graduates. International Journal of Engineering and Technology (UAE), 7(4), 267–272.

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. (2021). Direktori Hasil Akreditasi Program Studi.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Pangkalan Data Pendidikan Tinggi.

Ekasari, D. F. (2018). Structural Equation Modeling (SEM) pada Pemodelan Kemiskinan dan Dimensi Kepuasan Hidup di Indonesia Tahun 2017. Prosiding Sendika, Vol 4(No 1), 195–201.

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. (2021). Profil Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia.

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. (2019). Statistik Pendidikan Tinggi (Higher Education Statistics) 2019. In Pusdatin Kemenristekdikti (pp. 219–224).

López-Fernández, D., Tovar, E., Raya, L., Marzal, F., & Garcia, J. J. (2019). Motivation of Computer Science Students at Universities Organized around Small Groups. 2019 IEEE Global Engineering Education Conference (EDUCON), 1120–1127.

McKinsey & Company. (2019). Automation and the Future of Work in Indonesia. In McKinsey & Company (Issue September).

Peteranetz, M. S., Flanigan, A. E., Shell, D. F., & Soh, L. K. (2018). Future-Oriented Motivation and Retention in Computer Science. SIGCSE 2018 - Proceedings of the 49th ACM Technical Symposium on Computer Science Education, 49, 350–355.

Rosyadi, S. (2018). Revolusi Industri 4.0 : Peluang dan Tantangan Bagi Alumni Universitas Terbuka. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 2, 1–10.

Säde, M., Suviste, R., Luik, P., Tõnisson, E., & Lepp, M. (2019). Factors That Influence Students’ Motivation and Perception of Studying Computer Science. SIGCSE 2019 - Proceedings of the 50th ACM Technical Symposium on Computer Science Education, 50, 873–878.

Santoso, S. (2018). Konsep Dasar dan Aplikasi SEM dengan AMOS 24. Elex Media Komputindo.

Taimalu, M., Luik, P., & Täht, K. (2017). Teaching Motivations and Perceptions during the First Year of Teacher Education in Estonia. In Global Perspectives on Teacher Motivation.

The World Bank. (2018). Preparing ICT Skills for Digital Economy: Indonesia Within the ASEAN Context.

U.S. Bureau of Labor Statistics. (2020). Occupational Outlook Handbook.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Saudjhana, A., Budiman, J. M., Junianto, K., Venessa, K., & Salim, S. (2021). Pengaruh motivasi dan persepsi dalam penyelesaian studi mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer di Batam. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 10(1), 11–27. https://doi.org/10.31571/saintek.v10i1.2640