Analisis kesalahan materi logika dengan metode newman pada mahasiswa Program Studi Teknik Informatika UMG

Authors

  • Nadya Husenti Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Angga Mahditya Indra Pratama Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v11i2.2845

Keywords:

jenis kesalahan, metode Newman, logika

Abstract

Banyak mahasiswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal mengenai materi logika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam menyelesaikan soal materi logika sehingga dapat dicari tindakan yang tepat untuk memperbaiki kesalahan tersebut dan tidak terulang kembali. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 teknik informatika. Mahasiswa diberi tes uraian yang berkaitan dengan materi logika. Jawaban mahasiswa dianalisis menggunakan metode Newman. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa semua jenis kesalahan dilakukan oleh mahasiswa diantaranya kesalahan dalam (1) reading, (2) comprehension, (3) transformation, (4) process skill, dan (5) encoding dengan banyak kesalahan yang berbeda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, A. H., Abidin, N. Z., & Ali, M. (2017). Analysis of Students’ Errors in Solving Higher Order Thinking Skills. Asian Social Science, 11. doi:10.5539/ass.v11n21p133

Chusnul C., R., Mardiyana, & Retno S., D. (2017). Errors Analysis of Problem Solving Using The Newman Stage After Applying Cooperative Learning of TTW Type. AIP Conference Proceedings.

Dewi, N., Talib, A., & Djam'an, N. (2021). Student Difficulties in Learning Mathematics Based on Learning Styles. International Conference on Educational Studies in Mathematics (pp. 11-18). Atlantis Press.

Fatahillah, A., Wati N.T., Y. F., & Susanto. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding yang Diberikan. Kadikma, 8, 40-51.

Hanifah, A. I., & Nawafilah, N. Q. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Teknik Informatika pada Mata Kuliah Aljabar Linier. Jurnal Pendidikan Matematika, 337-346.

Hanifah, N. F., Hidayat, W., & Aripin, U. (2020). GENDERPERSPECTIVE AND NEWMAN'S THEORY IN ERROR ANALYSIS OF STUDENTS' ANSWERS IN RATIO AND PROPORTION. Kalamatika:Jurnal Pendidikan Matematika, 5, 103-118.

Ismunandar, D., & Nurafifah, L. (2021). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bab Tree dan Spanning Tree Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 6 No. 1.

Kurniawan, D., & Wahyuningsih, T. (2018). Analysis of Student Difficulties in Statistic Course. International Journal of Trends in Mathematics Education Research Vol. 1, No 2, 53-55.

Kusumaningrum, D. S., & Lestari, S. A. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Diskrit Mahasiswa Teknik Informatika. PRISMA Volume 8 No 2, 96-110.

Mujib, A. (2019). Kesulitan Mahasiswa Dalam Pembuktian Matematis: Problem Matematika Diskrit. Jurnal MathEducation Nusaantara Vol 2(1), 51-57.

Nawafilah, N. Q. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Menggunakan Operasi Baris Elementer. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 8 No 1, 167-172.

Oktaviana, D. (2017). Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika Vol 5 No 2, 22-32.

Rohmah, M., & Sutiarso, S. (2018). Analysis Problem Solving in Mathematical Using Theory Newman. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14, 671-681.

Sughesti, M. M., Muhsetyo, G., & Susanto, H. (2020). Jenis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 4, 563-572.

Wijaya, A., Retnawati, H., Setyaningrum, W., Aoyama, K., & Sugiman. (2019). Diagnosing Students' Learning Difficulties in The Eyes on Indonesian Mathematics Teacher. Journal on Mathematics Education Volume 10, No. 3, 357-364.

Yasin, M., & Netriwati. (2019). Analisis Kesulitan Belajar: Dampak Latar Belakang Kejuruan Ditinjau dari Proses Pembelajaran Matematika Perguruan Tinggi. Desimal: Jurnal Matematika, 2(1), 59-67.

Downloads

Published

2022-12-03

How to Cite

Husenti, N., & Pratama, A. M. I. (2022). Analisis kesalahan materi logika dengan metode newman pada mahasiswa Program Studi Teknik Informatika UMG. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 11(2), 88–101. https://doi.org/10.31571/saintek.v11i2.2845