ANALISIS MISKONSEPSI SISWA SMP DALAM MATERI PERBANDINGAN DENGAN MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI)

Authors

  • Syarifah Fadillah Prodi Pendidikan Matematika, IKIP PGRI Pontianak, Jl. Ampera No.88 Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v5i2.349

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan soal pada materi perbandingan dengan menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan bentuk penelitiannya adalah studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP ABDI AGAPE Pontianak pada siswa kelas VII C yang berjumlah 37 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) 12,83% siswa paham konsep,  77,70% siswa tidak paham konsep, dan 9,46% siswa mengalami miskonsepsi dalam materi perbandingan, (2) miskonsepsi yang terjadi pada siswa dalam materi perbandingan antara lain pada: konversi satuan, operasi pembagian, pecahan senilai, konsep perbandingan senilai dan berbalik nilai.

 

Kata Kunci: miskonsepsi, perbandingan, Certainty of Response Index (CRI).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-02-04

How to Cite

Fadillah, S. (2017). ANALISIS MISKONSEPSI SISWA SMP DALAM MATERI PERBANDINGAN DENGAN MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI). Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 5(2), 247–259. https://doi.org/10.31571/saintek.v5i2.349