Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis predict-observe-explain pada sub materi pergeseran kesetimbangan

Anisa Fitri, Rachmat Sahputra, Rahmat Rasmawan, Eny Enawaty, Masriani Masriani

Abstract


Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Predict-Observe-Explain pada sub materi pergeseran kesetimbangan dan menentukan kelayakan LKPD tersebut berdasarkan penilaian para ahli dan respon peserta didik. Bentuk penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang telah dibatasi menjadi model ADD, yaitu Analysis, Design, dan Develop tanpa melakukan tahap Implement dan Evaluate. Subjek penelitian adalah LKPD dan subjek responden adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sungai Raya. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah lembar validasi kelayakan LKPD dan angket respon peserta didik. Hasil validasi pada penilaian kelayakan materi, bahasa, dan penyajian dianalisis dengan rumus CVI memperoleh nilai rata-rata sebesar 1 yang menunjukkan bahwa LKPD berbasis Predict-Observe-Explain berada dalam kategori validitas sangat tinggi. Hasil uji angket respon peserta didik diperoleh rata-rata persentase sebesar 76.03% yang menunjukkan bahwa respon peserta didik terhadap LKPD berada dalam kriteria baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Predict-Observe-Explain sangat layak dan baik digunakan sebagai media pembelajaran untuk mendukung proses pembelajaran kimia pada sub materi pergeseran kesetimbangan.


Keywords


LKPD; model pembelajaran Predict-Observe-Explain; Pergeseran Kesetimbangan

Full Text:

PDF

References


Amaliyah, M., & Nasrudin, H. (2019). Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Strategi Predict Observe Explain (Poe) Pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas Xi Sman 11 Surabaya. Unesa Journal of Chemical Education, 8(3), 313–319. http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPPP/article/download/83/65%0Ahttp://www.embase.com/search/results?subaction=viewrecord&from=export&id=L603546864%5Cnhttp://dx.doi.org/10.1155/2015/420723%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76.

Armiyanti, S., Mulyadiprana, A., & Ganda, N. (2022). Persepsi Guru terhadap Buku Teks Siswa Kelas 1 Tema Diriku Kurikulum 2013 sebagai Bahan Ajar Tematik Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 452-460.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Dermawan, D., Hanum, L., & Erlidawati. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis Predict-Observe-Explain ( POE ) Pada Materi Redoks Di Kelas X SMAN 5 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 3(4), 150–157.

Falah, S., Hartono, & Yulianti, I. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Listrik Dinamis Berbasis Poe (Predict-Observe-Explain) Untuk Meningkatkan Penalaran Dan Pemahaman Konsep Siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(2), 96–102.

Fannie, R. D., & Rohati. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) pada Materi Program Linear Kelas XII SMA. Jurnal Ilmiah Matematika dan Ilmu Pengetahuan, 8(1), 96-109.

Permatasari, M. B., Muchson, M., Hakimah, N., Rokhim, D. A., Herunata, & Yahmin. (2022). Identifikasi Miskonsepsi Materi Kesetimbangan Kimia pada Siswa SMA Menggunakan Three Tier Berbasis Web. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 16(1), 1-7.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 37 tahun 2018 tentang perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 24 tahun 2016 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada kurikulum 2013 pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud%20Nomor%2037%20Tahun% 202018.pdf.

Pradita, M. R., & Lubis, F. (2018). Kelayakan Isi dan Bahasa Buku Ajar Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(4), 281–294. https://doi.org/10.24114/bss.v7i4.11739.

Putri, D. S., Nyeneng, I. D. P., & Wahyudi, I. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Predict Observe Explain Pada Mata Pelajaran Fisika SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 161–174.

Rahma, S., & Kusasi, M. (2016). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) pada Materi Larutan Elektrolit-Nonelektrolit dan Reaksi Reduksi Oksidasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 7(1), 39-45.

Rahmawati, I. S., Bahasa, P., & Negeri, I. P. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Flash Bagi Siswa Smp. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1, 1323–1329.

Sa’idah, G., & Suyono. (2012). Penerapan Strategi Pembelajaran PDEODE (Predict, Discuss, Explain, Observe, Discuss, Explain) untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa pada Materi Pokok Hidrolisis Garam di SMAN 2 Bojonegoro. Prosiding Seminar Nasional Kimia Unesa 2012, Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 10(2), 106-113.

Sri, W., Ningsih, k., & Titin. (2021). Pengembangan Media Video Berbasis Problem Based Learning pada Materi Sistem Pernapasan di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 10(2), 119-132.

Sugiharni, G. A. D. (2018). Pengujian Validitas Konten Media Pembelajaran Interaktif Berorientasi Model Creative Problem Solving. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 88. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15378.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Suhaesa, A. A. as, Andayani, Y., Muti’ah, M., & Anwar, Y. A. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE)Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Materi Kesetimbangan Kelarutan Kelas XI MIA SMAN 2 Labuapi Tahun Ajaran 2017/2018. Chemistry Education Practice, 1(2), 27. https://doi.org/10.29303/cep.v1i2.956.

Susanti, E. (2016). Glosarium Kosakata Bahasa Indonesia dalam Ragam Media Sosial. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 229-250. https://doi.org/10.15408/dialektika.v3i2.5188.

Susanti, J., Enawaty, E., Amalya, H., Program, M., Pendidikan, S., Fkip, K., & Pontianak, U. (2018). Pengembangan penuntun praktikum kimia berbasis lingkungan pada materi asam basa kelas xi ipa. 1–10.

Syawaludin, A., Poerwanti, jenny I. siti, & Hadiyah. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) IPA Berbasis Model Predict, Observe, Explain (POE) di Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 1(1), 1–9.

Thohari. (2019). Peran Widyaiswara untuk Mengatasi Problem Guru dalam Penyusunan IPK. Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 69-80.

Wahab, A., Sartika, R. P., Studi, P., Kimia, P., & Tanjungpura, U. (2021). Pengembangan penuntun praktikum titrasi asam basa berbasis inquiri terbimbing. Education and Development, 9(3), 75–80.




DOI: https://doi.org/10.31571/saintek.v11i1.3606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Anisa Fitri, Rachmat Sahputra, Rahmat Rasmawan, Eny Enawaty, Masriani Masriani

Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains

IKIP PGRI Pontianak, Gedung Rektorat Lt. 2
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: saintek.ikippgriptk@gmail.com 


p-ISSN: 2089-2802 | e-ISSN: 2407-1536


View Stats


Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains is licensed under a
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.