Pengembangan e-modul interaktif berbasis guided inquiry pada materi larutan penyangga dalam blended learning untuk SMA/MA sederajat
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.
Andriani, N., Munira, I., & Fitriza, Z. (2019). Diagnosa Hubungan Pengetahuan Awal (Prior Knowledge) Terhadap Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Larutan Penyangga di SMA N 1 Solok. Journal of RESIDU, 3(13), 26-31.
Arini, D. & Kustijono, R. (2017). The Development Of Interactive Elektronic Book (BUDIN) Using Flip Professional To Train High Order Thinking Skill. Inovasi Pendidikan Fisika, 6(3), 312-318.
Farida, I., Sunarya, R. R., Aisyah, R. & Helsy I. (2020). Pembelajaran Kimia Sistem Daring di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Generasi Z. Retrieved from https://digilin.uinsgd.ac.id
Hendarita, Y. (2018). Model Pembelajaran Blended Learning dengan Media Blog. Retrieved from https://sibatik.kemdikbud.go.id
Idris, H. (2018). Pembelajaran Model Blended Learning. Jurnal Ilmiah Iqra’, 5(1), 61-73.
Istiana, G.A., Saputro, C., & Sukardjo. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan Penyangga Pada Siswa Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(2), 65-73.
Johnstone, A. H. (2009). Multiple Representations in Chemical Education. International Journal of Science Education, 31(16), 2271–2273.
Juniartina, P. (2009). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IA SMA Negeri 4 Singaraja. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.
Koderi. (2017). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis SAVI Untuk Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(3), 206–223.
Panambaian, T. (2020). Penerapan Program Pengajaran dengan Model Blended Learning pada Sekolah Dasar di Kota Rantau. Analytica Islamica, 22(1), 52-68.
Redhana, I.W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239-2253.
Rohmad, A., Suhandini, P., & Sriyanto. (2013). Development of Student Worksheets Based on Exploration, Elaboration and Confirmation and Disaster as Geography Subject Learning Materials for SMA/MA in Rembang. Edu Geography, 1(2), 1-5.
Riduwan. (2013). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Samiasih, R., Sulton, & Praherdhiono, H. (2017). Pengembangan E-Module Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pokok Bahasan Interaksi Mahluk Hidup dengan Lingkungannya. Edcomtech, 2(2), 119-124.
Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan. Bandung: Prenada Media Group.
Silalahi, P. (2015). Pengembangan Model Pelatihan Pengintegrasian Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Matematika Bagi Guru SD. Jurnal Teknologi Pendidikan, 17(1), 1–14.
SMRC. (2020). Survei SMRC: 92 Persen Pelajar Indonesia Kesulitan Belajar Online. Retrieved from https://www.suara.com/news/2020/08/18/205211/survei-smrc-92-persen-pelajar-indonesia-kesulitan-belajar-online
Stephanie, M. M., Fitriyani, D., Paristiowati, M., Moersilah, Yusmaniar, & Rahmawati, Y. (2019). Analisis Miskonsepsi pada Materi Larutan Penyangga Menggunakan Two-Tier Diagnostic Test. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 9(2), 58-66.
Suryadie. (2014). Pengembangan Modul Elektrolik IPA Terpadu Tipe Shred Untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTs. Yogyakarta: UIN Sunan Kali Jaga.
Yamasari, Y. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X-ITS. Surabaya, Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.31571/saintek.v11i2.4134
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Yanni Irma Waty Simanjuntak, Melinda Sari, Berliana Iga Lestari, Ismah Ismah, Fitri Aldresti, Sri Haryati
Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains
IKIP PGRI Pontianak, Gedung Rektorat Lt. 2
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: saintek.ikippgriptk@gmail.com
p-ISSN: 2089-2802 | e-ISSN: 2407-1536
Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains is licensed under a
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.