EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BUKU AJAR ELEKTRONIKA LANJUT BERBASIS EKSPERIMEN

Authors

  • Matsun Matsun Prodi Pendidikan Fisika, IKIP PGRI Pontianak, Jl. Ampera No.88 Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v6i1.490

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan buku ajar elektronika digital berbasis eksprimen dalam pencapaian hasil belajar mahasiswa secara optimal. Untuk mengetahui efektivitas penggunaan buku ajar dapat dilihat dari perbedaan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan buku ajar dan mahasiswa yang tidak menggunakan buku ajar pada mata kuliah Elektronika Lanjut. Penelitian merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah mahasiswa semester V yang berjumlah 75 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik intact group yang menghasilkan kelas B Pagi sebagai kelas kontrol dan kelas A Pagi sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen dalam perlakuannya dengan menggunakan buku ajar sedangkan kelas kontrol tanpa menggunakan buku ajar. Desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest  Countrol Group Design. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar. Untuk menguji hipotesis menggunakan analisis uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 85 dan rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 89,6. Uji-t pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa thitung 8,753 > ttabel 0,188. Dengan demikian kelompok mahasiswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan buku ajar memiliki skor rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok mahasiswa yang dalam pembelajaran tanpa menggunakan buku ajar dalam mata kuliah elektronika digital.

Kata Kunci: efektivitas, buku ajar, elektronika digital, eksprimen.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-08-02

How to Cite

Matsun, M. (2017). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BUKU AJAR ELEKTRONIKA LANJUT BERBASIS EKSPERIMEN. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 6(1), 95–101. https://doi.org/10.31571/saintek.v6i1.490