Learning trajectory pengembangan kompetensi pedagogik calon guru matematika

Authors

  • Jamilah Jamilah IKIP PGRI Pontianak
  • Sandie Sandie IKIP PGRI Pontianak
  • Muchtadi Muchtadi IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v12i1.5044

Keywords:

learning trajectory, kompetensi pedagogik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah learning trajectory (alur belajar) mahasiswa pada mata kuliah Perencanaan Pengajaran Matematika (PPM) sebagai upaya pengembangan kompetensi pedagogik mahasiswa calon guru matematika dalam menyusun perangkat pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian desain didaktis (Didactical Design Research) yang memuat tiga tahapan analisis, yaitu analisis prospektif, analisis metapedadidaktik, dan analisis retrospektif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa calon guru matematika, yakni mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Pontianak yang sedang menempuh mata kuliah PPM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pada tahap analisis prospektif diperoleh hasil analisis tentang gambaran pengetahuan awal mahasiswa dan gambaran situasi pembelajaran PPM yang menjadi dasar dalam merumuskan lintasan belajar hipotetik/hypothetical learning trajectory (HLT); (2) pada tahap analisis metapedadidaktik diperoleh hasil analisis implementasi HLT terhadap kemampuan mahasiswa dalam menyusun perangkat pembelajaran berupa program tahunan, program semester, silabus, HLT Siswa, desain didaktis hipotetik yang dilengkapi dengan prediksi respon dan antisipasi didaktik pedagogik, serta media pembelajaran; dan (3) pada tahap analisis retrospektif diperoleh hasil analisis refleksi dan evaluasi terhadap HLT yang telah diimplementasikan sehingga diperoleh learning trajectory. Dengan demikian, melalui penelitian desain didaktis telah diperoleh sebuah learning trajectory untuk membantu mahasiswa dalam melakukan pengembangan kompetensi pedagogik, sekaligus learning trajectory ini menjadi dasar dalam merumuskan desain pembelajaran berupa bahan ajar PPM pada penelitian selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Jamilah Jamilah, IKIP PGRI Pontianak

Prodi Pendidikan Matematika

Sandie Sandie, IKIP PGRI Pontianak

Prodi Pendidikan Matematika

Muchtadi Muchtadi, IKIP PGRI Pontianak

Prodi Pendidikan Matematika

References

Artigue, M., Haspekian, M., & Corbin-Lenfant, A. (2014). Chapter 4. Introduction to the Theory of Didactical Situations. In Networking of Theories as a Research Practice in Mathematics Education (pp. 47-65). Switzerland: Springer International Publishing.

Brousseau, G. (2002). Theory of Didactical Situastion in Mathematics. New York: Kluwer Academic Publisher.

Clements, D.H. and Sarama, J. (2009) Learning and Teaching Early Math. The Learning Trajectories Approach. New York: Routledge

Creswell, J. W. (2012). Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran Edisi keempat. Pustaka Pelajar.

Freankel, J. R., Wallen, N. E., Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition. New York: McGrow-Hill Componies, Inc.

Gravemeijer, K. (2004). Local Instruction Theories as Means of Support for Teacher in Reform Mathematics Education Mathematical Thinking and Learning (Lawrence Erlbaum Associations, Inc). 6 (2), pp 105-128.

Harel, G. (2008). What is Mathematics? A Pedagogical Answer to a Philosophical Question. In B. Gold & R.A. Simons (Eds.): Current issues in the philosophy of mathematics from the perspective of mathematicians. Washington, DC: Mathematical American Association.

Jamilah, Suryadi, & Priatna. (2019). Didactic transposition from scholarly knowledge of mathematics to school mathematics on sets theory. Journal of Physics: Conference Series.

Jamilah. (2021). Proses Transposisi Didaktik Mahasiswa Calon Guru Matematika melalui Didactical Design Research pada Materi Himpunan. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Kansanen, P. (2003). Studying-the Realistic Bridge Between Instruction and Learning. An Attempt to a Conceptual Whole of the Teaching-Studying-Learning Process. Educational Studies, Vol. 29, No. 2/3, 221-232.

Marshall, C. & Rossman, G. B. (2016). Designing Qualitative Research. Sixth Edition. SAGE Publication, Inc.

Mok, I.A.C. & Clarke, D.J (2015). The Contemporary Importance of Triangulation in a Post-Positivist World: Examples from The Learner’s Perspective Study. In Bikner-Ahsbahs et a. (eds). Approaches to Qualitative Research in Mathematics Education. Dordrecht: Springer

Mulyasa, E. (2009). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryadi, D. (2010). Didactical Design Research (DDR) dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika. Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional Pembelajaran. MIPA UM Malang, 13 November 2010.

Suryadi, D. (2019). Landasan Dilosofi Penelitian Desain Didaktis (DDR). Pusat Pengembangan DDR Indonesia.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tentang Guru dan Dosen. (2005). Jakarta.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Jamilah, J., Sandie, S., & Muchtadi, M. (2023). Learning trajectory pengembangan kompetensi pedagogik calon guru matematika. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 12(1), 197–210. https://doi.org/10.31571/saintek.v12i1.5044