Pengaruh metode pembelajaran talking stick terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa

Authors

  • Rizki Kurniawan Rangkuti Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Raden Sri Ayu Ramadhana Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Hidayatul Mazidah Harahap Universitas Islam Labuhanbatu
  • Sangkot Idris Ritonga Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Leli Hasanah Lubis STITA Labuhanbatu
  • Dewi Risalah Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v12i1.5509

Keywords:

Pemecahan Masalah Matematis, Pembelajaran Talking Stick, Kemampuan, Siswa, Pengaruh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Talking Stick terhadap pemecahan masalah siswa di MTs Negeri 2 Labuhanbatu, baik dalam bentuk tertulis maupun non tes berupa lembar observasi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dimana populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 2 Labuhanbatu, sedangkan populasi eksperimennya adalah 60 siswa yang sampelnya terdiri dari 30 siswa kelas VII-A sebagai kelas dan Kelas VII-B sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol dengan waktu penelitian dari bulan Januari sampai dengan Juli 2020. Metode analisis yang digunakan adalah metode pengujian hipotesis. Hasil hipotesis parsial dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa model pembelajaran Talking Stick berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa MTs Negeri 2 Labuhanbatu. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung>ttabel yaitu 4,851>1,679 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran Talking Stick terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII-A MTs Negeri 2 Labuhanbatu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Suprijono. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Belajar. Rineka Cipta.

Fadilah, Z. (2015). Keefektifan Model Talking Stickterhadap Hasil Belajar Sumber Daya Alamsiswa Kelas III SDN Grogol Bening Sari Kabupaten Kebumen. Universitas Negeri Semarang.

Hamzah, D. (2014). Variabel Penelitian dalam Pendidikan dan Pembelajaran. PT. Ina Publikatama.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Kurniawan Rangkuti, R., Ramli, M., & Iskandar Nasution, M. (2019). Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe-Stad Terintegrasi ICT. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al-Qalasadi, 3(1), 64–69.

Lubis, SD dan Rangkuti, R. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Negeri 32 Medan. Jurnal Al-Khawarizmi; Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). https://ejurnal.univalabuhanbatu.ac.id/index.php/al-khawarizmi/article/view/144/115

Nana Sudjana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.

PISA. (2015). Principles and Standars for School Mathematics. https://pisa2015-maths.oecd.org/

Rangkuti, R. K. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al-Qalasadi, V(1), 81–88.

Rangkuti, R. K., Nasution, T. A., & Rangkuti, R. T. (2021). Pengembangan Pendekatan Saintifik K-13 Berbasis Media Autograph Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill ( HOTS ). 8(1), 244–255.

Rangkuti, R. K., Ritonga, W. A., & Ritonga, S. I. (2020a). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Al-Khawarizmi, 1(1), 15–21.

Rangkuti, R. K., Ritonga, W. A., & Ritonga, S. I. (2020b). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Pembelajaran Ekspositori Berbantuan Media Autograph. Jurnal Pendidikan Matematika Al-Khawarizmi, 01(01), 7–14.

Rangkuti, R. K., Ritonga, W. A., & Ritonga, S. I. (2020c). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Di SMKS Harapan Al-Washliyah Sigambal T.A 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika Al-Khawarizmi. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i1.7970

Sri, R., Ramadhana, A., Fauzi, M., Marpaung, R., & Rangkuti, R. K. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Genius Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Ajar Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. 01(02), 6–11.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Alfabeta.

Sumarmo, H. dan. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. PT. Refika Aditama.

TIMSS. (2015). TIMSS (Trends in Mathematics Science Study). http://nces.ed.gov/timss/tables03.asp

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Rangkuti, R. K., Ramadhana, R. S. A., Harahap, H. M., Ritonga, S. I., Lubis, L. H., & Risalah, D. (2023). Pengaruh metode pembelajaran talking stick terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 12(1), 284–291. https://doi.org/10.31571/saintek.v12i1.5509