Pengaruh metode pembelajaran talking stick terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa
DOI:
https://doi.org/10.31571/saintek.v12i1.5509Keywords:
Pemecahan Masalah Matematis, Pembelajaran Talking Stick, Kemampuan, Siswa, PengaruhAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Talking Stick terhadap pemecahan masalah siswa di MTs Negeri 2 Labuhanbatu, baik dalam bentuk tertulis maupun non tes berupa lembar observasi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dimana populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 2 Labuhanbatu, sedangkan populasi eksperimennya adalah 60 siswa yang sampelnya terdiri dari 30 siswa kelas VII-A sebagai kelas dan Kelas VII-B sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol dengan waktu penelitian dari bulan Januari sampai dengan Juli 2020. Metode analisis yang digunakan adalah metode pengujian hipotesis. Hasil hipotesis parsial dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa model pembelajaran Talking Stick berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa MTs Negeri 2 Labuhanbatu. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung>ttabel yaitu 4,851>1,679 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran Talking Stick terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII-A MTs Negeri 2 Labuhanbatu.
Downloads
References
Agus Suprijono. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Belajar. Rineka Cipta.
Fadilah, Z. (2015). Keefektifan Model Talking Stickterhadap Hasil Belajar Sumber Daya Alamsiswa Kelas III SDN Grogol Bening Sari Kabupaten Kebumen. Universitas Negeri Semarang.
Hamzah, D. (2014). Variabel Penelitian dalam Pendidikan dan Pembelajaran. PT. Ina Publikatama.
Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.
Kurniawan Rangkuti, R., Ramli, M., & Iskandar Nasution, M. (2019). Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe-Stad Terintegrasi ICT. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al-Qalasadi, 3(1), 64–69.
Lubis, SD dan Rangkuti, R. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Negeri 32 Medan. Jurnal Al-Khawarizmi; Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). https://ejurnal.univalabuhanbatu.ac.id/index.php/al-khawarizmi/article/view/144/115
Nana Sudjana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.
PISA. (2015). Principles and Standars for School Mathematics. https://pisa2015-maths.oecd.org/
Rangkuti, R. K. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al-Qalasadi, V(1), 81–88.
Rangkuti, R. K., Nasution, T. A., & Rangkuti, R. T. (2021). Pengembangan Pendekatan Saintifik K-13 Berbasis Media Autograph Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill ( HOTS ). 8(1), 244–255.
Rangkuti, R. K., Ritonga, W. A., & Ritonga, S. I. (2020a). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Al-Khawarizmi, 1(1), 15–21.
Rangkuti, R. K., Ritonga, W. A., & Ritonga, S. I. (2020b). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Pembelajaran Ekspositori Berbantuan Media Autograph. Jurnal Pendidikan Matematika Al-Khawarizmi, 01(01), 7–14.
Rangkuti, R. K., Ritonga, W. A., & Ritonga, S. I. (2020c). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Di SMKS Harapan Al-Washliyah Sigambal T.A 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika Al-Khawarizmi. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i1.7970
Sri, R., Ramadhana, A., Fauzi, M., Marpaung, R., & Rangkuti, R. K. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Genius Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Ajar Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. 01(02), 6–11.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Alfabeta.
Sumarmo, H. dan. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. PT. Refika Aditama.
TIMSS. (2015). TIMSS (Trends in Mathematics Science Study). http://nces.ed.gov/timss/tables03.asp
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rizki Kurniawan Rangkuti, Raden Sri Ayu Ramadhana, Hidayatul Mazidah Harahap, Sangkot Idris Ritonga, Leli Hasanah Lubis, Dewi Risalah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Posting Your Article Policy at http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.